8 Pantai India Dinobatkan Paling Bersih di Dunia

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

8 Pantai India Dinobatkan Paling Bersih di Dunia

8 Pantai India Dinobatkan Paling Bersih di Dunia

KEPONEWS.COM - 8 Pantai India Dinobatkan Paling Bersih di Dunia INDIA mendapatkan sertifikat Blue Flag karena berhasil menjaga keindahan pantainya. Dari hasil sertifikasi tersebut, pantai di India menjadi yang terbersih dan teraman di dunia. Juri internasional te...

INDIA mendapatkan sertifikat Blue Flag karena berhasil menjaga keindahan pantainya. Dari hasil sertifikasi tersebut, pantai di India menjadi yang terbersih dan teraman di dunia.

Juri internasional terkemuka yang terdiri dari anggota Program Lingkungan PBB, Organisasi Pariwisata Dunia PBB, Yayasan Pendidikan Lingkungan (FEE), dan Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memberi tanda Blue Flag ini. Pantai yang diseleksi ialah Kappad (Kerala), Shivrajpur (Gujarat), Ghoghla (Diu), Kasarkod dan Padubidri (Karnataka), Rushikonda (Andhra Pradesh), Golden (Odisha), dan Radhanagar (Pulau Andaman dan Nicobar).

Dilansir Okezone dari laman Indian Express pada Jumat, (16/10/2020), pada awal tahun, pemerintah pusat mengeluarkan pemberitahuan, yang menyatakan daftar kegiatan dan fasilitas yang akan diizinkan di area Zona Regulasi Pesisir (CRZ). Ada pantai tertentu yang telah diidentifikasikan untuk memperoleh sertifikasi Blue Flag.

Menteri Persatuan Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim, Prakash Javadekar mengatakan, prestasi ini sangat luar biasa. Mengingat tidak ada negara Blue Flag yang pernah diberikan penghargaan untuk 8 pantai dalam satu upaya.

"Ini juga merupakan prestasi global pengakuan atas upaya konservasi dan pembangunan berkelanjutan di India," katanya.

Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Anjlok Imbas Demo Anarkis

pantai

Blue Flag ialah sertifikat yang dapat diperoleh pantai, marina, atau operator pariwisata perahu berkelanjutan. Fungsinya sebagai label ramah lingkungan.

Sertifikasi ini diberikan oleh Yayasan Pendidikan Lingkungan nirlaba yang berbasis di Denmark, yang menetapkan kriteria lingkungan, pendidikan, keselamatan, dan terkait akses ketat yang harus dipenuhi dan dipelihara oleh pelamar. Penghargaan ini diberikan setiap tahun untuk pantai dan marina di negara anggota FEE.

Program Blue Flag dimulai semenjak 1985 di Perancis dan di banyak sekali daerah di luar Eropa pada 2001. Program ini mempromosikan pembangunan berkelanjutan di wilayah perairan tawar dan laut melalui 4 kriteria utama adalah kualitas air, pengelolaan lingkungan, pendidikan lingkungan, dan keselamatan. Saat ini, 47 negara berpartisipasi dalam program dan 4.573 pantai, marina, dan perahu mendapat sertifikat ini.

Comments