8 Masjid rancangan Ridwan Kamil ini bernilai artistik tinggi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

8 Masjid rancangan Ridwan Kamil ini bernilai artistik tinggi

8 Masjid rancangan Ridwan Kamil ini bernilai artistik tinggi

KEPONEWS.COM - 8 Masjid rancangan Ridwan Kamil ini bernilai artistik tinggi Selain sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai arsitek yang telah merancang banyak sekali bangunan di dalam maupun luar negeri. Lulusan Institut Teknologi Bandung dan Berkeley U...

Selain sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai arsitek yang telah merancang banyak sekali bangunan di dalam maupun luar negeri. Lulusan Institut Teknologi Bandung dan Berkeley University itu dikenal berpengalaman mendesain bangunan dengan gaya yang unik dan artistik dengan konsep yang menarik.

Dari sekian banyak bangunan yang telah didesain Ridwan Kamil, salah satu bangunan yang sering dirancangnya ialah masjid. Sejumlah masjid di Indonesia kini telah dibangun berdasarkan hasil karyanya bersama tim Urbane Indonesia. Berbeda dengan kebanyakan masjid di Indonesia, masjid karya Ridwan Kamil mempunyai nilai artistik yang tinggi.

Apa saja? Yuk simak delapan masjid karya Ridwan Kamil yang mempunyai desain yang artistik tinggi dihimpun dari banyak sekali sumber, Kamis (13/6) berikut ini.

1. Masjid Al Safar.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: Instagram/@kevinyungphotography

Masjid Al Safar ialah masjid karya Ridwan Kamil yang dibangun di daerah Rest Area Tol Cipularang KM 88. Semenjak dibangun pada tahun 2010 lalu, masjid ini menjadi perbincangan karena dianggap sebagai simbol illuminati karena bentuk bangunannya yang berupa segitiga.

Tak banyak diketahui, masjid tersebut ternyata masuk dalam nominasi arsitektur terbaik dari Abdullatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Ridwan Kamil yang mendesain Masjid Al Safar bersama Urbane Indonesia itu mengungkapkan bahwa sebenarnya bentuk Masjid Al Safar ialah trapesium. Bentuk tersebut memperlihatkan estetika arsitektur Islam yang kuat di bidang geometri.

2. Masjid Al Irsyad.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: Instagram/@thesupertoms

Masjid Al Irsyad merupakan masjid yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid yang selesai dibangun tahun 2010 ini mempunyai bentuk yang sangat artistik, adalah berbentuk kubus besar dengan garis-garis hitam di bagian dinding luar.

Desain interiornya pun tak kalah mengagumkan. Di bangun tempat salat sengaja tidak ada dinding dan langsung menghadap ke lanskap pemandangan yang indah. Berkat desain Masjid Al Irsyad, Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards tahun 2018.

3. Masjid Baiturrahman Merapi.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: Twitter/@merapi_news

Tak hanya di Jawa Barat, arsitektur masjid karya Ridwan Kamil juga ada di Jawa Tengah, adalah Masjid Baiturrahman di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta. Masjid tersebut merupakan proyek CSR yang mempunyai desain unik, adalah tidak mempunyai kubah seperti kebanyakan masjid di Indonesia. Uniknya, material yang digunakan untuk pembangunan masjid ini merupakan batu bata bdari abu vulkanik Gunung Merapi.

4. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: imasjid.id

Desain masjid tak berkubah karya Ridwan Kamil lainnya ialah Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi. Bentuk kubus seperti Ka'bah menjadi inspirasi Kang Emil merancang masjid yang mempunyai daya tampun 1.500 orang itu.

Tanpa ada jendela, masjid ini mempunyai banyak lubang ventilasi dan sebuah kolam air. Sama seperti Masjid Al Irsyad, pada bagian arah kiblat terdapat ruang terbuka yang langsung menghadap ke pemandangan luar masjid.

5. Masjid Asmaul Husna 99 Kubah.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: Instagram/@mondeo_ka

Masjid Asmaul Husna atau juga dikenal dengan Masjid 99 Kubah merupakan masjid megah nan indah yang berada di Kota Makassar. 99 Kubah yang terdapat di masjid tersebut terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna yang berjumlah sama. Pembangunan masjid yang menelan biaya hingga Rp 160 miliar itu baru saja selesai dibangun.

6. Masjid Jami' Darussalam.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: liputan6.com

Selain Masjid Al Safar yang mempunyai bentuk segi tiga, Masjid Jami' Darussalam, di Tanah Abang, Jakarta Pusat ini juga mempunyai bentuk serupa. Tanpa kubah, bentuk masjid ini seperti atap rumah yang berbeda dengan kebanyakan masjid-masjid lain di Indonesia. Masjid Jami' Darussalam diresmikan pada Juni 2015.

7. Masjid Raya Asmaul Husna.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: Twitter/@AboutTNG

Masjid Raya Amaul Husna di Serpong Tangerang terlihat sangat mencolok dari luar dengan warnanya yang hijau. Dinding masjid dihiasi oleh ornamen kaligrafi 99 nama Allah atau yang disebut Asmaul Husna. Kubahnya berbeda dengan masjid biasanya, adalah berbentuk lengkungan tipis. Tak hanya itu, bagian menara masjid juga tak kalah unik, adalah berbentuk seperti bambu runcing dengan dihiasi bintanf dan bulan sabit di atasnya.

8. Masjid Terapung Al Jabbar.

masjid ridwan kamil © 2019

foto: liputan6.com

Masjid megah dan artistik terbaru karya Ridwan Kamil ialah Masjid Terapung Al Jabbar yang dibangun di daerah Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Bangunan masjid dikelilingi danau yang mengitari seluruh area masjid seluas 21 hektare. Masjid yang diyakini bakal menjadi ikon baru Bandung ini akan diresmikan pada tahun 2020 mendatang.

Recommended By Editor

Comments