8 Manfaat goji berry untuk kesehatan, melindungi mata dari penyakit

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

8 Manfaat goji berry untuk kesehatan, melindungi mata dari penyakit

8 Manfaat goji berry untuk kesehatan, melindungi mata dari penyakit

KEPONEWS.COM - 8 Manfaat goji berry untuk kesehatan, melindungi mata dari penyakit Pernah mendengar buah bernama goji berry? Tumbuhan ini berasal dari Tiongkok dan mempunyai nama latin Lycium barbarum. Buah dengan rasa manis, sedikit asam, dan berwarna merah cerah ini telah digunaka...

Pernah mendengar buah bernama goji berry? Tumbuhan ini berasal dari Tiongkok dan mempunyai nama latin Lycium barbarum. Buah dengan rasa manis, sedikit asam, dan berwarna merah cerah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Goji berry juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin dan mineral.

Dilansir dari healthline, dalam 5 sendok makan atau setara 28 gram paket goji berry kering mengandung 98 kalori, 21,6 gram karbohidrat, 3,6 gram serat, zat besi, vitamin A dan C. Kandungan vitamin A dan C mempunyai fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa antioksidan ini membantu menetralkan molekul berbahaya yang disebabkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Buah seperti kismis ini bisa ditemukan dalam bentuk suplemen atau buah kering. Jadi kamu pun bisa menambahkan asupan antioksidan ini untuk mengurangi peradangan, menjaga kesehatan mata, dan melindungi dari kondisi kronis.

Nah, kira-kira apa saja manfaat goji berry untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya seperti lansir dari medicalnewstoday dan healthline, Selasa (24/11).

1. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat goji berry yang cukup populer ialah menjaga kesehatan mata. Dilansir dari medicalnewstoday, goji berry dipercaya melindungi dari penyakit mata terkait usia. Buah berukuran kecil ini mengandung antioksidan yang tinggi, terutama zeaxanthin.

Studi dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy menunjukkan goji berry dapat melindungi retina dari sel ganglion penyebab glaukoma, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Selain itu buah goji berry mengandung polisakarida yang mempunyai kandungan serat yang tinggi, rendah gula, dan mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah. Dengan mengonsumsi ini, kamu dapat kenyang lebih lama dan membantu mencegah makan berlebih.

Bagi kamu yang mempunyai berat badan lebih atau obesitas, goji berry merupakan camilan sehat yang tepat untuk mencegah terlalu banyak makan. Kamu bisa menambahkan goji berry dalam yoghurt atau salad.

3. Baik untuk kekebalan tubuh.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari ecowatch, selain mengandung antioksidan yang tinggi, goji berry juga mengandung 11 asam amino esensial, di mana lebih banyak dari buah berry lainnya. Asam amino ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan dan sel, membantu pencernaan, serta sebagai sumber energi bagi tubuh.

Tak hanya itu vitamin A dan C di dalam buah ini sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Ekstrak goji berry dapat menghambat atau memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan dapat secara aktif menghancurkannya. Tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karoten, bertanggung jawab untuk memerangi sel kanker.

Antioksidan ini melawan, mengurangi, dan memperbaiki kerusakan sel yang dihasilkan dari peradangan dan stres oksidatif dari radikal bebas. Serta mencegah kemungkinan perkembangan tumor kanker.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry pada tahun 2008, antioksidan seperti yang ada di goji berry juga dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dengan melemahkan sel-sel tumor.

5. Menstabilkan gula darah.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Goji berry mengandung polisakarida, yang merupakan karbohidrat rantai panjang yang berperan dalam menurunkan gula darah. Goji berry dinilai bisa membantu mengendalikan pelepasan gula ke dalam darah.

Goji berry juga dapat membantu meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang membantu memproduksi insulin. Semua efek ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Goji berry mengandung beta-karoten, yang merupakan fitokimia tumbuhan penting. Beta-karoten dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit. Beta-karoten ialah bahan yang digunakan dalam krim kulit, seperti untuk mengurangi iritasi kulit, mencegah penuaan dini, melindungi dari sinar UV, dan meningkatkan kesehatan kulit. Kamu bisa mengaplikasikan masker goji berry secara rajin untuk tetap menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

7. Mengurangi depresi dan gangguan tidur.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari medicalnewstoday, studi di Amerika Serikat menunjukkan, minum jus yang berasal dari goji berry dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental. Goji berry dinilai dapat meningkatkan energi, kualitas tidur, dan perasaan bahagia. Goji berry bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus, peningkatan kinerja atletik, ketajaman mental, dan perasaan tenang dan kepuasan.

8. Cegah kerusakan hati.

Manfaat goji berry      2020/ freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat goji berry selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit hati. Goji berry bermanfaat baik bagi hati dan ginjal dan mengembalikan kekuatan dan vitalitas individu.

Penelitian pada model hewan menunjukkan goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak yang diinduksi alkohol. Sementara penelitian pada sel kanker hati manusia juga menemukan goji berry dapat menghambat pertumbuhan tumor.

RECOMMENDED

Comments