8 Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang jarang diketahui

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

8 Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang jarang diketahui

8 Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang jarang diketahui

KEPONEWS.COM - 8 Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang jarang diketahui 1. Mengatasi permasalahan paru-paru. foto: pixabay.com Polusi yang semakin meningkat menimbulkan banyak permasalahan kesehatan, terutama pada paru-paru. Penyakit yang menyerang paru-paru tidak dapat...
Loading...

1. Mengatasi permasalahan paru-paru.

foto: pixabay.com

Polusi yang semakin meningkat menimbulkan banyak permasalahan kesehatan, terutama pada paru-paru. Penyakit yang menyerang paru-paru tidak dapat disepelekan. Mungkin pada awalnya akan terasa sesak biasa, tetapi tanpa kita sadari penyakit ini akan menjalar ke bagian tubuh lain.

Tak jarang polusi memengaruhi daya tahan tubuh. Kondisi kesehatan akan menurun. Daun binahong mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga sistem pernapasan tubuh.

Nggak perlu repot, daun binahong cara pengolahannya dengan direbus. Siapkan 10 lembar daun binahong dan rebus. Gampang banget, kan?

2. Mengatasi masalah otak.

foto: pixabay.com

Otak manusia ialah struktur pusat pengaturan yang mempunyai volume sekitar 1.350 cc. Otak manusia terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Permasalahan otak dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bakteri, virus, asupan makanan, hingga benturan yang terlalu keras.

Salah satu penyakit yang menyerang otak merupakan meningitis. Namun kita juga harus mewaspadai penyakit lain yang bisa menyerang otak seperti, encephalitis, abses otak, neurotoxoplasmosis, dan cerebal malaria.

Cara mengatasi permasalahan otak, daun binahong dapat menjadi salah satu solusinya. Caranya dengan merebus daun binahong dan mengonsumsinya secara rajin.

3. Mengatasi disentri.

foto: Shutterstock

Disentri merupakan peradangan usus yang bisa menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Saat diare, frekuensi buang air besar akan meningkat, dengan kondisi feses lembek atau cair.

Disentri dapat timbul karena kurangnya menjaga kebersihan diri, bakteri, lingkungan yang kurang bersih, dan makanan dan air yang terkontaminasi kotoran manusia.

Biasanya orang yang terinfeksi disentri merasakan demam, mual, muntah, kram dan nyeri perut. Untuk menguranginya kamu bisa merebus dan mengonsumsi air rebusannya.

4. Meningkatkan nafsu makan.

foto: pixabay.com

Permasalahan nafsu makan sering terjadi pada anak-anak. Bila dibiarkan saja tentu efek buruknya akan timbul dan memengaruhi kondisi kesehatan. Jangan paksa ketika anak tidak mau makan, karena anak akan mengalami stress berat dan semakin malas untuk makan.

Coba cari penyebab dan cara mengatasinya agar anak kembali bersemangat makan. Kamu juga bisa menambah vitamin untuk meningkatkan nafsu makan salah satunya dari rebusan daun binahong. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rajin, hal ini akan memberikan efek yang baik untuk anak yang susah makan.

5. Mencegah diabetes.

foto: unsplash.com

Bagi orang yang terserang diabetes, tentu harus pintar-pintar dalam menentukan menu makan. Kamu harus mengendalikan kadar gula dara agar tidak semakin parah. Meski bukan termasuk kategori penyakit ganas, kamu tidak boleh menyepelekan penyakit diabetes.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang mempunyai sifat hipoglikemik. Bahkan daun binahong dikenal mempunyai khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Comments