8 Jurus jitu sukses bisnis rumahan, nggak cuma modal niat doang

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

8 Jurus jitu sukses bisnis rumahan, nggak cuma modal niat doang

8 Jurus jitu sukses bisnis rumahan, nggak cuma modal niat doang

KEPONEWS.COM - 8 Jurus jitu sukses bisnis rumahan, nggak cuma modal niat doang Belakangan banyak masyarakat mulai membuka lahan usaha sendiri atau wiraswasta. Melihat kesuksesan para wiraswasta, mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Tanpa pendidikan formal pun sese...

Belakangan banyak masyarakat mulai membuka lahan usaha sendiri atau wiraswasta. Melihat kesuksesan para wiraswasta, mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Tanpa pendidikan formal pun seseorang bisa menjadi pengusaha sukses, asalkan mau bekerja keras.

Nah, saat kamu ingin memulai usaha namun tidak mempunyai banyak uang, kamu bisa memilih usaha rumahan. Selain tak terlalu membutuhkan modal, ketekunan dalam berbisnis tipe ini juga berpotensi menghasilkan hasil menjanjikan. Bahkan tak sedikit yang sudah merambah hingga mancanegara.

Usaha jenis ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari usia muda hingga tua, wanita maupun pria. Usaha rumahan memang terlihat lebih mudah dibandingkan dengan usaha lainnya.

Namun pada kenyataannya usaha ini juga terbilang tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya kiat-kiat sukses serius, tentunya tak cukup hanya dengan bermodal niat.

Penasaran apa saja? Berikut beberapa jurus jitu untuk kamu yang ingin memulai usaha rumahan supaya tak salah langkah, seperti dirangkum dari banyak sekali sumber pada Senin (16/9).

1. Belajar administrasi dengan baik.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: pixabay.com

Salah satu keuntungan usaha rumahan merupakan tidak terlalu membutuhkan modal. Namun jangan sampai modal dan usaha yang sudah kamu keluarkan terbuang sia-sia.

Jadi, kuncinya ialah belajar menata administrasi dengan baik. Biaya modal, pengeluaran, pendapatan, hingga sasaran apa yang akan kamu capai ke depannya harus selalu ada di catatanmu dan tersimpan dengan rapi.

2. Punya produk seunik mungkin.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: unsplash.com

Usaha rumahan sudah menjamur di kalangan masyarakat. Hal ini membuat banyak orang juga mulai mengeluarkan beragam produk dagangannya. Agar kamu tak ketinggalan dengan produk lain, buat produkmu seunik mungkin. Sehingga konsumen hanya bisa mendapatkan produk tersebut dari tempatmu.

3. Pilih bidang sesuai passion.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: unsplash.com

Satu jurus ini terbukti ampuh untuk diaplikasikan. Jangan hanya mencoba-coba atau meniru orang lain. Buatlah usaha rumahan seusai passion atau keahlian yang kamu miliki.

Misalnya kamu orang yang senang memasak, kamu bisa membuka usaha usaha masakan. Jikalau kamu senang fotografi, kamu bisa buka jasa foto panggilan dan editing via online misalnya. Atau kamu suka musik, kamu bisa bikin toko alat musik bekas dijual secara online, atau jasa editing/aransemen/mixing/mastering lagu banyak sekali genre via online.

4. Jangan lupakan visi dan misi.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: pixabay.com

Setiap usaha tentu membutuhkan rencana untuk lebih sukses dan tidak stagnan. Apalagi kalau kamu masih mempunyai jiwa muda, jangan pernah menyerah untuk mengembangkan visi misi di luar angan-angan.

Misalnya nih, kamu bisa membuka cabang lebih dari lima tempat, bisa merambah mancanegara melalui sosmed, atau bisa mempunyai banyak karyawan.

5. Berikan yang terbaik untuk konsumen.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: freepik.com

Jangan lupa, saat kamu membuka usaha, tentukan sasaran yang ingin kamu tuju. Bisa semua kalangan sekaligus, atau sebagian saja. Saat kamu mendapatkan masalah, jangan pernah ragu untuk meminta maaf. Konsumen akan merasa sangat dihargai apabila kamu bisa menunjukkan profesionalitas dalam berbisnis.

6. Lakukan promosi.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: pixabay.com

Modal membuka usaha selain dari uang ialah dengan promosi. Kembangkan jiwa promosimu, bisa melalui menambah sahabat, promosi sosmed, atau bisa juga promosi memakai jasa. Jangan pernah takut untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli dan sudah lebih dulu berpengalaman di bidang promosi.

7. Bangkit dari kegagalan.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: pixabay.com

Sebuah usaha biasanya akan menemui beragam tantangan. Salah satunya merupakan kegagalan dan kejatuhan. Hal itu bisa terjadi karena ditipu orang lain atau salah langkah dalam mengambil keputusan.

Namun sekiranya saat kamu menemui cobaan itu, jangan takut untuk berdiri kembali. Mulailah untuk memperbaiki keadaan yang ada dengan mengambil solusi terbaik. Jalankan lagi pelan-pelan dengan niat kuat.

8. Pilih karyawan seusai kriteria.

jurus jitu bisnis rumahan pixabay

foto: freepik.com

Saat kamu sudah mulai mempunyai karyawan, jangan pernah lupa untuk menilainya dengan teliti. Karena mempunyai karyawan yang baik, dapat meningkatkan mutu produkmu.

Melalui karyawan juga usaha usaha milikmu bisa lebih maju. Namun jangan pernah membuat karyawan kemudian merasa tidak nyaman dengan arahanmu. Berikan penjelasan sebaik mungkin hingga para karyawan mengerti apa yang kamu inginkan.

Recommended By Editor

Comments