8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Spyware WhatsApp

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Spyware WhatsApp

8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Spyware WhatsApp

KEPONEWS.COM - 8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Spyware WhatsApp JAKARTA- WhatsApp menghimbau pengggunanya untuk memperbarui software. Peringatan tersebut muncul setelah Financial Times melaporkan bahwa serangan siber telah ditemukan pada WhatsApp iPhone dan Androi...

JAKARTA- WhatsApp menghimbau pengggunanya untuk memperbarui software. Peringatan tersebut muncul setelah Financial Times melaporkan bahwa serangan siber telah ditemukan pada WhatsApp iPhone dan Android.

Bahkan spyware muncul setelah menempatkan panggilan suara WhatsApp ke pengguna. Berikut 9 hal yang perlu Kamu ketahui wacana serangan siber tersebut:

1. Asal Serangan Spyware

Spyware itu diduga dibuat oleh perusahaan pengawasan cyber Israel, NSO Group . Kelompok rahasia itu menciptakan spyware yang dijualnya kepada pemerintah dan lembaga penegak hukum di seluruh dunia yang memungkinkan mereka mengambil kendali penuh atas perangkat. Meskipun spyware itu diduga dibuat oleh NSO, tidak yakin siapa penyerangnya yang memakai spyware untuk menargetkan pengguna WhatsApp.

2. Spyware Bernama Pegasus

Perangkat lunak NSO, yang disebut Pegasus, memungkinkan penyerang untuk mengekstrak semua data pada iPhone atau ponsel Android. Data tersebut termasuk teks, email, data lokasi, kontak, riwayat browser, dan banyak lagi. Ini juga memungkinkan penyerang untuk mengaktifkan mikrofon dan kamera ponsel.

WhatsApp terkena serangan siber dari Spyware

Isu Keamanan WhatsApp, Hacker Serang iPhone dan Android

3. Menyebar dengan Mudah

Paling penting dariserangan WhatsApp ialah bahwa serangan itu ialah "klik-nol" atau "tanpa klik". Itu berarti spyware itu dapat diinstal pada smartphone oleh penyerang hanya menempatkan panggilan suara WhatsApp ke telepon. Tidak masalah bila panggilan dijawab atau tidak. Sasaran tidak harus membuka pesan apa pun, menjawab panggilan, atau mengklik tautan apa pun. Setelah panggilan dilakukan dan spyware diinstal pada perangkat, log panggilan akan dihapus sehingga pemilik ponsel mungkin tidak pernah melihat bahwa upaya panggilan dilakukan di tempat pertama.

4. Facebook Diam-Diam Sudah Tahu

Facebook menemukan kerentanan awal bulan ini dan memperingatkan penegak hukum AS untuk serangan minggu lalu. Pada 10 Mei 2019, Facebook telah membahas eksploitasi di WhatsApp di sisi server, yang memotong kemampuan penyerang untuk menginfeksi ponsel.

Meskipun kerentanan dapat diperbaiki dengan menutup lubang keamanan di infrastruktur WhatsApp, perusahaan merilis pembaruan WhatsApp pada hari Senin dan mendesak semua pengguna untuk meningkatkan ke versi terbaru dari software karena kehati-hatian.

Comments