8 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan yang Belum Kamu Ketahui

Unik

Ragam / Unik

8 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan yang Belum Kamu Ketahui

8 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan yang Belum Kamu Ketahui

KEPONEWS.COM - 8 Fakta Mengejutkan Tentang Bulan yang Belum Kamu Ketahui Bulan merupakan bintang di Tata Surya yang juga dibutuhkan di Bumi. Sebagai sumber daya alam, bulan dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan makhluk hidup di Bumi.Namun, tak banyak yang...


Bulan merupakan bintang di Tata Surya yang juga dibutuhkan di Bumi. Sebagai sumber daya alam, bulan dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Namun, tak banyak yang mengetahui bagaimana fakta seputar bulan yang tak luput dari kehidupan makhluk hidup di dunia ini.

Jarak dari Bumi

Bulan memiliki jarak dari Bumi sekira 238,900 mil.

Usia

Usia bulan ternyata lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada Bumi dan matahari itu sendiri. umur Bumi paling tua yang diperkirakan ialah 4,6 miliar tahun.

Sementara, batuan di bulan sudah berumur 5,3 miliar tahun. Bulan lebih tua 1 miliar tahun ketimbang Bumi.

Ukuran

Bulan akan memakan sedikit lebih dari seperempat massa Bumi. NASA mengatakan bila Bumi seukuran nikel, maka bulan akan menjadi sebesar biji kopi.

Temperatur

Permukaan bulan bisa mencapai 253 derajat Fahrenheit ketika matahari bersinar terang di atasnya. Di sisi bulan yang tidak mendapat sinar matahari, suhu bisa menyelam hingga minus 243 derajat Fahrenheit.

Bulan Memiliki Orbit yang Unik

Orbit bulan merupakan satu-satunya yang benar-benar hampir bulat tepat dari semua sistem Tata Surya kita. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki ketimbang pusat geometrisnya, yang seharusnya justru mengakibatkan orbit melengkung.

Bulan Memiliki Cuaca Ekstrim

Cuaca ekstrim tidak hanya terjadi di Bumi, di bulan pun juga. Suhu permukaan bulan bisa bervariasi mulai dari 260 celsius hingga 151 celsius. Akan tetapi, suhu tersebut ternyata hanya ada di permukaan bulan saja.

Bagaimana Bulan Dibutuhkan

Ini merupakan misteri ilmiah, teori yang paling banyak diterima. Penelitian dalam beberapa tahun terakhir mengatakan bahwa bulan terbentuk dari bahan yang tersisa ketika masih membentuk Bumi yang membanting ke dalam batu sekitar setengah dari ukurannya yang disebut Theia (ibu Derwi bulan dalam mitologi Yunani).

Hal tersebut terjadi berdasarkan kesamaan yang ditemukan dalam komposisi Bumi dan bulan pada 1970-an. teori lain, bulan terbentuk di tempat lain di alam semesta dan tertangkap oleh gravitasi Bumi, serta bulan dan Bumi terbentuk juga pada waktu yang bersamaan.

Bagaimana Jikalau Bulan Lenyap

Para ilmuwan percaya bahwa kehidupan mungkin tidak akan berevolusi seperti yang terjadi tanpa tarikan gravitasi bulan pada pasang surut laut, tapi itu tidak berarti akan berevolusi atau kehidupan sekarang akan segera hilang juga.

Namun, belum ada penelitian yang memecahkan berapa lama bulan akan bertahan di galaksi ini. Bulan membuat Bumi memancar dengan mantap di porosnya pada suhu 23,5 derajat, namun tanpa bulan, Bumi bisa memiringkan banyak atau tidak sama sekali mengubah cuaca dari kemungkinan tidak ada musim ke musim yang ekstrim, menurut NASA.

Bulan juga telah memperlambat rotasi Bumi selama jutaan tahun, tapi kalau hilang, planet ini mungkin akan berlangsung sekitar enam sampai 12 jam. Langit malam akan jauh lebih gelap, dan pasang surut laut hanya memiliki ukuran tinggi sekitar seperempat.

Comments