8 Dampak buruk sering menggunakan headset bagi kesehatan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

8 Dampak buruk sering menggunakan headset bagi kesehatan

8 Dampak buruk sering menggunakan headset bagi kesehatan

KEPONEWS.COM - 8 Dampak buruk sering menggunakan headset bagi kesehatan Headset ialah aksesori hands-free yang berguna untuk mendengarkan suara dari telepon. Alat ini kerap digunakan di indera pendengaran dan terasa nyaman. Headset juga bisa digunakan untuk berbicara lang...

Headset ialah aksesori hands-free yang berguna untuk mendengarkan suara dari telepon. Alat ini kerap digunakan di indera pendengaran dan terasa nyaman. Headset juga bisa digunakan untuk berbicara langsung di telepon tanpa harus meletakkan HP di indera pendengaran. Selain untuk telepon, aksesori ini paling sering digunakan untuk mendengarkan lagu.

Headset bisa didapat dengan harga yang ekonomis. Banyak orang kemudian tidak bisa lepas dari penggunaannya. Mulai dari pagi hingga kembali tidur lagi. Bahkan ada orang yang sengaja tidur sambil memakai headset untuk mendengarkan musik. Alih-alih ingin tidur lelap dan nyaman, ada dampak buruk yang mengintai kesehatan.

Sebelum kamu terlanjur kecanduan memakai alat ini, penting untukmu mengetahui efek berbahaya yang mungkin terjadi karena sering memakai headset. Hal ini tidak dimaksudkan agar orang kemudian tidak lagi senang memakai headset. Namun alangkah baiknya kamu mulai mengatur waktu pakai headset setiap harinya.

Mengetahui dampak buruk headset ini juga berguna agar kamu dapat secara cepat mengambil tindakan, pencegahan dan pengobatan bila kesehatan sudah mulai terganggu.

Berikut ialah beberapa dampak buruk bila kamu sering memakai headset yang ternyata dampaknya buruk untuk kesehatan, seperti dirangkum dari banyak sekali sumber pada Selasa (16/7).

1. Radiasi.

dampak buruk headset pixabay

foto: pixabay

Dilansir dari pcmag, semua ponsel dan headset memancarkan radiasi. Dampak radiasi dari penggunaan ponsel dan headset ini salah satunya bisa menyebabkan bahaya jangka panjang seperti kanker. Selain itu hal ini dikaitkan juga dengan autisme, tumor otak hingga kerontokan rambut.

2. Gangguan pendengaran prematur.

dampak buruk headset pixabay

foto: pixabay

Risiko lain yang terkait dengan headset merupakan gangguan pendengaran prematur. Risiko ini muncul karena cedera akustik karena dari kebisingan yang berlebihan yang melewati saluran telepon.

Paparan berulang menyebabkan kerusakan indera pendengaran bagian dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan terkait pendengaran lainnya.

Penting untuk memeriksa dan mengatur level volume headsetmu sebelum mengenakannya. Jangan terlalu sering memakai dengan volume yang tinggi.

3. Jerawat.

dampak buruk headset pixabay

foto: pixabay

Headset dapat memicu jerawat tumbuh subur di muka. Dilansir dari teenvouge.com, spesialis kulit ternama Dr Debra Luftman mengatakan apabila kamu terlalu sering memakai headset akan menimbulkan jerawat hingga infeksi pada kulit wajah. Apalagi kalau kamu memakainya sambil berolahraga, keringat yang muncul dan berkumpul di headset penuh dengan kuman.

4. Infeksi indera pendengaran.

dampak buruk headset pixabay

foto: unsplash

Dilansir dari azcentral, infeksi indera pendengaran kebanyakan terjadi pada karyawan yang mempunyai tuntutan setiap hari harus memakai headset. Karyawan yang memakai headset hingga berjam-jam dan cara penggunaannya salah, akan berakibat fatal pada indera pendengaran.

Maka dari itu, mulai untuk merawat headsetmu dengan benar. Misalnya, bantalan indera pendengaran headset harus diganti setiap enam bulan dan dirawat setiap hari dengan pembersih untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri di antara pekerja.

5. Penularan kuman dan bakteri.

dampak buruk headset pixabay

foto: unsplash

Telepon dan headset dapat menjadi salah satu tempat berkembang biaknya kuman. Dilansir dari smallbusiness.chron, Profesor Mikrobiologi Universitas Arizona, Charles Gerba melakukan penelitian di banyak sekali tempat kuman dapat berkumpul.

Dia menemukan ponsel dan headset lebih banyak mengandung kuman daripada kuman di closet. Maka bersihkan headset secara teratur dengan produk desinfektan untuk membantu mengurangi penumpukan penyakit yang menyebabkan kuman.

6. Cedera vokal.

dampak buruk headset pixabay

foto: unsplash

Penggunaan headset yang tidak benar dapat menyebabkan ketegangan vokal, terutama jikalau orang yang memakai headset berbicara sepanjang hari kerja. Maka dari itu apabila headset mempunyai mikrofon yang dapat disesuaikan, pastikan diposisikan sedemikian rupa. Sehingga dapat menangkap sinyal yang jelas dari suaramu, jadi kamu tak perlu bersusah payah berbicara bahkan hingga berteriak.

Berbicaralah dengan tenang dan santai sepanjang hari membantu mencegah cedera vokal. Sedangkan jikalau headset hanya mempunyai lubang suara dengan mikrofon yang terpasang, pastikan tingkat input dinaikkan cukup tinggi agar kamu tidak perlu memaksakan suara tinggi.

7. Efek buruk pada otak.

dampak buruk headset pixabay

foto: unsplash

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headset dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak. Hal itu karena indera pendengaran bagian dalam terhubung langsung dengan otak.

Efek awalnya muncul sakit kepala. Dampaknya berakibat juga dengan infeksi indera pendengaran bagian dalam, secara langsung memengaruhi otak dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

8. Berakibat kecelakaan mengancam tubuh.

dampak buruk headset pixabay

foto: unsplash

Efek dari semuanya itu ialah meningkatnya risiko kecelakaan di jalan karena orang sering memakai headset. Banyak orang memakai headset saat di jalan.

Ada juga orang yang sudah terkena dampak headset sedang berlalu lintas. Misalnya mereka yang telinganya sudah terganggu, lalu tidak bisa mendengarkan klakson dengan bail. Kemudian muncul kecelakaan karena hal itu.

Recommended By Editor

Comments