8 Cara Menghemat Biaya Perjalanan Saat Liburan ke Eropa

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

8 Cara Menghemat Biaya Perjalanan Saat Liburan ke Eropa

8 Cara Menghemat Biaya Perjalanan Saat Liburan ke Eropa

KEPONEWS.COM - 8 Cara Menghemat Biaya Perjalanan Saat Liburan ke Eropa Rasanya semua orang sepakat bahwa traveling membutuhkan banyak uang. Terutama ke beberapa negara dengan biaya hidup yang tinggi. Mengingat tingginya biaya yang mahal itu, membuat Anda harus cerdik dal...

Rasanya semua orang sepakat bahwa traveling membutuhkan banyak uang. Terutama ke beberapa negara dengan biaya hidup yang tinggi.

Mengingat tingginya biaya yang mahal itu, membuat Anda harus cerdik dalam mengatur keuangan. Tidak hanya itu Anda pun harus pandai memilah kapan bisa royal mengeluarkan uang dan kapan berhemat, tapi dengan tetap mendapatkan perjalanan yang memuaskan.

Bila ingin melakukan perjalanan dengan hemat, Anda bisa menerapkan beberapa tips liburan berbiaya hemat berikut ini yang dilansir dari laman Brightside.me.

1. Gunakan mesin pencari lokal

Tips utama yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya liburan merupakan dengan menggunakan mesin pencari lokal.

Layanan besar seperti Booking.com atau Skyscanner sering mengabaikan penerbangan lokal, dan jaringan hotel yang mungkin memiliki penawaran menarik.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melihat mesin pencari lokal juga. Bila Anda melakukan perjalanan ke negara-negara di Asia, Anda dapat mencari hotel di situs seperti Ctrip atau Agoda. Sedangkan kalau Anda melakukan perjalanan ke Selandia Baru dan Australia Anda bisa mencarinya di situs Wotif.

Skyscanner

2. Jangan terpaku pada tanggal tertentu

Melakukan pemesanan jauh sebelum waktu keberangkatan sering dipilih calon wisatawan untuk menekan biaya perjalanan. Untuk memeriksa peluang semacam itu, gunakan software kalender murah, banyak agregator online memiliki fungsi ini.

3. Bayar dalam mata uang lokal dengan kartu Anda

Pusat perbelanjaan di beberapa negara selalu menanyakan Anda untuk menggunakan mata uang lokal atau mata uang dollar Amerika untuk membayar tagihan belanjaan Anda menggunakan kartu.

Anda disarankan untuk selalu memilih membayar dengan mata uang lokal karena ketika Anda menggunakan mata uang kartu, uang dikonversi dua kali atau bahkan tiga kali lebih mahal. Dengan demikian, biaya tambahan bisa mencapai 10 persen.

Ilustrasi uang digital.

4. Pergi ke museum

Banyak museum memiliki jam masuk gratis atau bahkan berhari-hari. Misalnya saja Colosseum, yang memberikan bebas biaya masuk (gratis) kepada pengunjung setiap hari Minggu pertama setiap bulan. Sementara yang lain seperti museum Prado di Madrid memberikan kebijakan bebas biaya masuk mulai pulul 18.00 hingga 20.00 setiap hari Senin hingga Sabtu. Ada juga museum yang tidak memiliki biaya masuk tetap, seperti di Inggris dan Amerika Serikat.

5. Pilih menginap di apartemen

Apartemen memiliki satu kelebihan yang tak terbantahkan, dapur tempat Anda bisa memasak makanan sendiri. Ini memungkinkan Anda menghemat uang, namun tidak menghalangi Anda keluar untuk makan siang kalau Anda suka. Layanan pemesanan apartemen paling populer merupakan Airbnb, HomeAway, 9Flats, dan Thehomelike.

Ilustrasi apartemen studio 1 kamar.

6. Bepergian dengan ringan

Bepergian tanpa bagasi ialah cara yang bagus untuk menghemat uang karena banyak maskapai penerbangan telah mengurangi harga untuk pelancong ringan. Misalnya, untuk terbang dari Billund di Denmark ke Berlin (Jerman) oleh Ryanair mungkin dikenakan biaya hanya satu euro, sementara membawa bagasi dengan Anda akan menghabiskan biaya setidaknya 15 kali lipat.

7. Temukan penawaran khusus

Banyak agen transportasi menunjukkan harga yang bagus untuk wisatawan. Anda dapat menggunakan semua transportasi umum, seperti di Bavaria selama seharian menggunakan kereta untuk keliling negara bagian Jerman itu hanya membayar 31 euro atau setara dengan Rp496 ribu. Harga ini ialah harga untuk satu kali dari Munich ke Neuschwanstein Castle jikalau Anda membeli tiket sekali pakai.

Di Inggris, ketika Anda membeli tiket kereta api, Anda bisa mendapatkan tiket kedua secara gratis untuk mengunjungi banyak sekali tempat wisata populer.

U-Bahn

8. Jangan menyewa mobil di kota-kota besar

Mobil sewaan ialah sarana perjalanan yang baik antar kota. Tetapi di dalam kota, itu bisa menjadi beban bagi Anda, karena masalah parkir dan lalu lintas. Untuk menghemat waktu dan uang, lebih baik gunakan transportasi umum atau, lebih baik lagi, menyewa sepeda.

Comments