8 Cara Atasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh

Games

Updates / Games

8 Cara Atasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh

8 Cara Atasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh

KEPONEWS.COM - 8 Cara Atasi Lag Mobile Legends Paling Ampuh Mobile Legends. [Moonton] Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA 5v5 terbaik yang ada di platform mobile. Meski begitu, masih banyak pemain yang kerap kali menghadapi masalah lagging pada saat...

Mobile Legends. [Moonton]

Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA 5v5 terbaik yang ada di platform mobile. Meski begitu, masih banyak pemain yang kerap kali menghadapi masalah lagging pada saat sedang bermain. Cara atasi lag Mobile Legends sebenarnya cukup sederhana.

Penyebab Mobile Legends mengalami lag ada beberapa hal. Seperti kualitas sinyal atau jaringan internet kurang bagus, penggunaan grafis yang tinggi hingga spesifikasi smartphone yang tidak mumpuni.

Berikut cara atasi lag Mobile Legends yang telah HiTekno.com rangkum.

1. Gunakan Jaringan Internet 4G atau WiFi

Lagging bisa terjadi karena koneksi internet yang kurang memadai. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa koneksi internet lancar.

Disarankan memakai jaringan 4G atau WiFi. Pasalnya Mobile Legends harus dimainkan dengan jaringan internet yang stabil dengan Ping yang tidak lebih dari 200 ms.

2. Turunkan Kualitas Grafis Mobile Legends ke Mid atau Low

Kamu juga bisa mengatasi lag Mobile Legends dengan menurunkan kualitas grafis yang ada.

Jikalau kamu hanya memakai smartphone biasa dengan koneksi internet tidak terlalu kencang, kamu bisa mengatasinya dengan cara turunkan kualitas grafis. Kamu bisa mengatur kualitas grafis memakai Mid atau Low.

Hero Mobile Legends. Hero Mobile Legends.

3. Jangan Bermain Pada Saat Sedang Charging

Pastikan bahwa daya baterai pada smartphone kamu cukup untuk bermain Mobile Legends. Alangkah baiknya tidak bermain sambil mengisi baterai. Pasalnya, hawa panas yang muncul pada saat charging akan membuat smartphone kamu lagging.

Selain lagging, kemungkinan smartphone kamu juga akan cepat rusak. Juga, untuk melakukan charging, pastikan kabel dan perangkat charging lainnya merupakan barang original. Kabel atau peralatan charging abal-abal justru akan membuat HP rusak.

4. Restart Game

Kamu bisa melakukan restart pada game Mobile Legends. Melakukan restart game akan meringankan kinerja smartphone. Kamu bisa menunggu beberapa menit untuk kemudian bermain kembali.

Jangan paksakan smartphone kamu untuk bermain. Jikalau kamu terlalu memaksakan untuk terus bermain maka bukan hanya lagging, namun mengakibatkan kerusakan HP.

Mobile Legends. [Moonton]Mobile Legends. [Moonton]

5. Menghidupkan Mode Pesawat

Cara atasi lag Mobile Legends berikutnya merupakan dengan menghidupkan mode pesawat. Kamu cukup menghidupkan mode pesawat di HP selama 1 menit. Setelah itu barulah matikan kembali mode pesawat dan tes jaringannya.

Cara ini cukup efektif untuk menaikkan kecepatan jaringan karena setelah mode pesawat dihidupkan, maka jaringan yang digunakan akan merefresh kembali dan kecepatan internet akan kembali normal.

6. Bersihkan RAM HP

Kalau RAM HP penuh, maka game yang kamu mainkan bisa jadi lemot. Coba untuk membersihkan dan menghentikan software yang tidak terpakai. Nantinya, RAM dan network akan fokus ke software Mobile Legends saja.

7. Bersihkan Cache

File cache yang menumpuk, atau rusak, dapat memperlambat sistem dan menyebabkan lag dalam game. Untuk menghapus cache Mobile Legends, klik settings > storage > Mobile Legends App > Clear Cache. Dengan demikian, game kamu akan lebih cepat secara keseluruhan.

8. Update Game

Bila game Mobile Legends kamu tiba-tiba mengalami lag, bisa saja kamu malas untuk mengupdate software tersebut. Walau beberapa update bisa dilakukan saat pertama kali membuka software, ada baiknya langsung di update lewat Google Play atau App Store.

Dengan ini, data pada mobile kamu akan sinkron dengan patch data pada server.

Itulah cara atasi lag Mobile Legends yang bisa kamu coba. Sekarang kamu bisa bermain dengan tenang.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Comments