8 Aroma Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Bahagia

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

8 Aroma Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Bahagia

8 Aroma Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Bahagia

KEPONEWS.COM - 8 Aroma Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Bahagia Jakarta - Kebahagiaan bisa datang dari mana saja. Salah satu faktor yang bisa memengaruhi kebahagiaan ialah aroma atau wangi-wangian yang kita hirup.Berdasarkan artikel dari Reader's Digest yang dilan...
Jakarta - Kebahagiaan bisa datang dari mana saja. Salah satu faktor yang bisa memengaruhi kebahagiaan ialah aroma atau wangi-wangian yang kita hirup.

Berdasarkan artikel dari Reader's Digest yang dilansir Elite Readers, ada delapan wewangian yang secara ilmiah bisa memperbaiki mood dan membuat bahagia. Apa saja?

1. Pinus

8 Aroma Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih BahagiaFoto: Thinkstock
Aroma dari pohon pinus bisa membantu menghilangkan stres. Berdasarkan penelitian dari Universitas Kyoto di Jepang, berjalan-jalan di hutan yang dipenuhi pohon pinus dapat mengurangi tingkat depresi. Aroma pohon pinus mengingatkan pada semangat liburan sehingga cukup efektif mengurangi stres.

2. Citrus

Foto: Thinkstock
Buah citrus seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon juga terbukti dapat mengurangi tingkat stres. Menurut para pakar kesehatan, menghirup aroma citrus dapat meningkatkan semangat dan menurunkan tingkat depresi. Cobalah untuk membersihkan rumah dengan aroma jeruk lemon, akan mengubah mood jadi lebih baik.

3. Tabir Surya

Foto: Thinkstock
Krim atau losion tabir surya biasanya digunakan pada saat liburan, terutama saat pergi ke pantai untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain untuk melindungi kulit, aroma tabir surya ternyata juga bisa menurunkan tingkat stres. Dengan menghirup aroma tabir surya akan mengingatkan momen di mana seseorang memakai tabir surya ketika berlibur.

4. Rumput

Foto: thinkstock
Berdasarkan riset di Australia, wangi rumput segar yang baru dipotong bisa meningkatkan rasa bahagia dan membuat perasaan lebih tenang. Itulah mengapa terkadang ada beberapa parfum yang memiliki aroma seperti rumput segar.

5. Bunga

Foto: Thinkstock
Wangi bunga, khususnya bunga Lavender dan Melati dapat membuat mood lebih tenang dan lebih bahagia. Wangi Lavender sangat bagus untuk mengurangi depresi dan dapat membantu orang-orang yang memiliki penyakit susah tidur atau insomnia. Sedangkan wangi Melati dapat meningkatkan mood.

6. Rosemary

Foto: iStock
Rosemary biasanya digunakan sebagai bumbu pada makanan. Namun tidak hanya sebagai bumbu, aroma rosemary dapat memperkuat kekuatan otak agar dapat mengingat kejadian dan tugas dengan lebih baik.

7. Peppermint

Foto: Thinkstock
Aroma peppermint tidak hanya dapat memperbaiki mood tetapi juga menstimulasi pikiran dan badan dari orang yang menciumnya. Berdasarkan penelitian, seorang atlet yang mencium aroma peppermint mengalami peningkatan performa atletik dan pernapasan.

8. Bedak Bayi

Foto: ilustrasi/thinkstock
Wangi dari bedak bayi mengingatkan akan keamanan dan kenyamanan seperti saat kita masih kecil. Wangi bedak bayi mengingatkan akan kenangan bahagia yang kita alami. Oleh karena itu banyak orang dewasa yang masih sering menggunakan bedak bayi dan menyimpannya di dalam tas atau kamar tidur. (hst/hst)

Comments