7 Trik memasak daun singkong, cepat empuk dan nggak berubah warna

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Trik memasak daun singkong, cepat empuk dan nggak berubah warna

7 Trik memasak daun singkong, cepat empuk dan nggak berubah warna

KEPONEWS.COM - 7 Trik memasak daun singkong, cepat empuk dan nggak berubah warna foto ilustrasi: pixabay.com Daun singkong merupakan salah satu pilihan sayuran yang bisa dinikmati banyak orang karena biasa diolah menjadi masakan yang lezat. Salah satu olahan daun singkong yang jad...
7 Trik memasak daun singkong, cepat empuk dan nggak berubah warna foto ilustrasi: pixabay.com

Daun singkong merupakan salah satu pilihan sayuran yang bisa dinikmati banyak orang karena biasa diolah menjadi masakan yang lezat. Salah satu olahan daun singkong yang jadi favorit ialah gulai. Selain itu, daun singkong juga kerap dijadikan lalapan.

Sebelum disantap, daun singkong biasanya dimasak dengan direbus terlebih dahulu. Namun sayangnya kalau proses ini tidak dilakukan dengan benar, daun singkong bisa berubah warna menjadi hitam. Selain itu, tekstur daun singkong juga bisa terasa kaku atau tidak empuk bahkan setelah dimasak.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar mendapatkan daun singkong enak dan tetap hijau cerah. Penasaran seperti apa triknnya? Berikut tujuh trik memasak daun singkong agar cepat empuk dan nggak berubah warna, dilansir BrilioFood dari banyak sekali sumber pada Rabu (24/11).

1. Pilih daun singkong yang masih muda.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: pixabay.com

Daun singkong muda merupakan daun singkong yang mudah empuk ketika dimasak. Hal ini karena proses perebusan tidak membutuhkan waktu lama. Daun singkong yang masih muda juga mempunyai warna hijau segar. Daun singkong ini biasanya berada pada bagian pucuk pohon singkong dengan ciri-ciri helai daunnya yang lebih kecil.

2. Cuci bersih daun singkong.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: pixabay.com

Selanjutnya, mencuci daun singkong juga menjadi salah satu bagian penting dalam proses memasak daun singkong. Dengan mencuci daun singkong di bawah air yang mengalir, kotoran-kotoran yang masih menempel bisa hilang dengan cepat.

3. Rebus daun singkong dalam air mendidih.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: pixabay.com

Salah satu cara memasak daun singkong yang paling umum merupakan dengan direbus. Dan hal yang perlu diperhatikan ketika merebus ialah tunggu air rebusan hingga mendidih. Setelah itu baru masukkan daun singkong yang sudah dicuci bersih. Merebus daun singkong dalam air yang sudah mendidih menjadi salah satu cara untuk membuat daun layu dan mudah empuk.

4. Tambahkan baking powder.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: freepik.com

Untuk memperkuat pigmen warna hijau dalam daun singkong, pastikan untuk menambahkan baking powder ke dalam rebusan daun singkong. Cukup dengan menambahkan 1 sendok teh baking powder ke dalam 1000 ml air rebusan, bisa mendapatkan daun singkong dengan warna cerah dan tidak hitam.

5. Tambahkan sedikit garam.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: pixabay.com

Air rebusan daun singkong juga bisa ditambahkan dengan sedikit garam. Hal ini berguna untuk menetralisir bau tak sedap, membuat tekstur menjadi empuk, dan rasa daun singkong menjadi lebih gurih.

6. Tidak perlu menutup panci rebusan.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: pixabay.com

Trik selanjutnya merupakan dengan membiarkan panci rebusan daun singkong tetap terbuka. Dengan tidak menutup panci rebusan, asam yang dihasilkan dari rebusan daun singkong bisa keluar. Hal ini akan membuat daun singkong tidak berubah warna menjadi kehitaman.

7. Peras daun singkong.

Trik memasak daun singkong 2021

foto: cookpad/@aulia_95

Sebelum daun singkong diolah kembali menjadi aneka makanan, penting untuk memeras daun singkong yang sudah direbus sebelumnya. Cara ini ampuh untuk lebih mengurangi rasa pahit dari daun singkong. Setelah diperas, daun singkong yang sudah layu dan empuk siap untuk diolah sesuai selera.

(mal)

Comments