7 Tips Menjaga HP Android Aman dari Virus dan Malware

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

7 Tips Menjaga HP Android Aman dari Virus dan Malware

7 Tips Menjaga HP Android Aman dari Virus dan Malware

KEPONEWS.COM - 7 Tips Menjaga HP Android Aman dari Virus dan Malware Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat) HP Android tentu saja tidak luput dari ancaman virus dan malware. Lalu bagaimana cara menjaganya agar aman dan terbebas dari dua sumber masalah...

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

HP Android tentu saja tidak luput dari ancaman virus dan malware. Lalu bagaimana cara menjaganya agar aman dan terbebas dari dua sumber masalah ini?

Sayangnya tidak semua pengguna HP Android memperhatian keamanan perangkatnya. Karena itu tak jang mereka terkena serangan virus dan malware.

Namun tenang, ada banyak langkah pencegahan untuk menjaga HP Android bebas dan aman dari ancaman virus dan malware.

Meskipun sebagian besar adware dan virus mudah dihilangkan, ada beberapa bug jahat yang kompleks seperti spyware yang tidak mudah untuk dihilangkan, sehingga sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan agar perangkat tidak terkena virus dan malware.

Lalu apa yang harus diperhatikan agar terbebas dari virus dan malware.

Malware di smartphone. [Shutterstock]Malware di smartphone. [Shutterstock]

Dilansir dari Tech Norms, Senin (6/7/2020), berikut cara menjaga HP Android aman dari virus dan malware:

1. Unduh software hanya dari layanan resmi

Setiap kali pengguna ingin mengunduh software, pastikan untuk mengunduhnya dari layanan resmi seperti Google Play Store. Periksa peringkat dan ulasan software terlebih dahulu sebelum mengunduh. Bila mempunyai peringkat dan jumlah unduhan rendah, sebaiknya pengguna menghindari software tersebut.

2. Jangan mengunduh software dari sumber pihak ketiga

Cara terbaik untuk memastikan pengguna tidak mengunduh dari sumber pihak ketiga ialah mematikan fungsi ini di pengaturan ponsel.

Buka Pengaturan ponsel > Keamanan. Dari sini, pastikan opsi Sumber Tidak Dikenal dinonaktifkan untuk menghindari instalasi software dari sumber selain Play Store.

3. Jangan mengklik iklan pop-up saat browsing internet

Sebagian besar iklan pop-up umumnya mengarah ke iklan dan situs web lain dan beberapa iklan pop-up memaksa pengguna untuk memasang malware di perangkat tanpa disadari. Karenanya, jangan mengklik iklan apapun saat browsing di internet.

4. Jangan mengklik tautan aneh

Jangan sembarangan mengklik tautan yang pengguna terima di email, SMS, atau bahkan pesan WhatsApp yang tidak dikenal. Tautan aneh dari sahabat dan kontak juga harus dihindari kecuali pengguna telah mamastikan itu aman.

5. Selalu perbarui sistem operasi ponsel dan lakukan pencadangan

Pembaruan sistem operasi umumnya menyertakan patch keamanan yang bisa menjaga ponsel dari ancaman berbahaya.

6. Pasang software keamanan antivirus yang baik, teritama yang dapat memindai setiap software untuk konten berbahaya sebelum menginstalnya.

7. Periksa dan kunci pengaturan keamanan pada perangkat Android.

Itulah tips menjaga HP Android jauh dari virus dan malware. Ingat perhatikan keamanan perangkat kamu. ( Lintang Siltya Utami).

Comments