7 Tips Foto Makanan Instagramable Pakai Ponsel

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

7 Tips Foto Makanan Instagramable Pakai Ponsel

7 Tips Foto Makanan Instagramable Pakai Ponsel

KEPONEWS.COM - 7 Tips Foto Makanan Instagramable Pakai Ponsel Berburu makanan kini tak hanya soal rasa, dan tempat, tapi juga bagaimana menyusun makanan dengan cantik di atas piring lalu difoto untuk diunggah ke sosmed. Suka masakan dan masih galau mencari angle...

Berburu makanan kini tak hanya soal rasa, dan tempat, tapi juga bagaimana menyusun makanan dengan cantik di atas piring lalu difoto untuk diunggah ke sosmed.

Suka masakan dan masih galau mencari angle yang tepat agar makanan terlihat menarik? Dilansir dari Iphone Photography School, Selasa, 20 Maret 2018, berikut tujuh tips mendapatkan hasil yang menarik saat memfoto makanan.

Cahaya alami

Cahaya ialah kunci untuk menciptakan gambar yang hidup . Selalu pastikan Anda memotret makanan dalam pengaturan cahaya alami. Tapi bila ingin membuat bayangan dengan cahaya buatan, seperti lampu, lebih baik pilih cahaya berwarna oranye atau kuning.

Dan saat memfoto makan di dalam ruangan, gunakan cahaya alami dari jendela untuk memberi bayangan.

Atur bayangan

Bayangan sangat penting dalam dunia fotografi. Intensitas bayangan tergantung pada tipe cahaya saat mengambil gambar. Sinar matahari yang kuat akan memberi kesan tegas, bayangan yang gelap, sementara mendung akan menciptakan lebih banyak cahaya menyebar membuat efek bayangan lebih lembut.

Untuk memfoto makanan, disarankan untuk menghindari cahaya berlebih untuk bayangan yang terlalu kuat. Bayangan yang lebih lembut menciptakan hasil yang halus serta dimensi tanpa mendominasi foto.

Hasil makanan cantik setelah difoto.

Gunakan latar alami

Latar sangat penting saat itu mengambil foto makanan. Gunakan latar alami untuk memberi efek maksimal pada makanan. Memberi latar alami bukan berarti polos, tapi itu harus menjadi pendukung dari subjek foto.

Ada tiga tipe latar yang oke dalam fotografi makanan, latar terang, gelap dan berkayu atau coklat. Makanan gelap biasanya akan terlihat bagus pada latar gelap, dan makanan dengan warna cerah akan tampak bagus dalam latar terang, latar kayu seperti meja atau papan potong, akan terlihat bagus untuk hampir semua jenis makanan.

Banyak benda bisa dimanfaatkan untuk menciptakan latar tersebut. Dari papan tulis hitam, karpet, lantai, loyang pemanggang, koran, taplak meja, dinding dan lain-lain.

Pertimbangkan warna

Jangan takut untuk bermain dengan warna. Warna memberi dampak besar dalam komposisi dan bisa berefek banyak pada kesan dari sebuah gambar. Seperti warna senada yang bisa menciptakan harmoni, memberi rasa nyaman, dan tenang. Warna kontras juga akan menciptakan rasa semangat, dinamis dan seru.

Sudut pandang (angle) menentukan bagus atau tidaknya hasil foto makanan.

Ambil dari sudut terbaik

Saat mengambil foto makanan, selalu pikirkan wacana sudut mana yang paling bisa menunjukkan subjek. Memfotol dari atas ialah pilihan terbaik, terutama saat makanan disusun dalam sebuah piring atau mangkuk.

Banyak juga keuntungannya, yaitu memperlihatkan banyak detail makanan dan latar, menekankan bentuk hidangan, dan objek lainnya dalam foto.

Susun makanan dengan rapi

Komposisi merupakan kunci penting dalam fotografi makanan. Posisi masing-masing elemen harus dipikirkan baik-baik. Jadi selalu pastikan untuk menyusun makanan dengan rapi, menarik dan tiap elemennya seimbang.

Foto makanan.

Beri ruang

Saat menyusun makanan, pertimbangkan untuk memberi ruang di piring, jadi tidak seluruh frame dipenuhi makanan. Saat memfoto dari jarak dekat, coba beri sedikit ruang kosong agar hasil foto menitikberatkan pada subjek.

Nah, di atas merupakan beberapa cara untuk membuat foto masakan lebih menarik. Kalau mau lebih jago dengan praktek langsung, yuk gabung di event Viva Talk Life.

Di acara nanti, kita akan diajar secara teori dan praktek oleh penulis dari CookPad. Ada juga games seru berhadiah menarik serta cooking demo dari Munik resto. Asyiknya lagi, acara ini gratis!

Daftar sekarang di link bawah ini. Tempat terbatas, jadi jangan sampai ketinggalan!

Comments