7 Tips agar Potongan Buah Apel Tak Cepat Cokelat, Bisa Pakai Lemon hingga Air Garam

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

7 Tips agar Potongan Buah Apel Tak Cepat Cokelat, Bisa Pakai Lemon hingga Air Garam

7 Tips agar Potongan Buah Apel Tak Cepat Cokelat, Bisa Pakai Lemon hingga Air Garam

KEPONEWS.COM - 7 Tips agar Potongan Buah Apel Tak Cepat Cokelat, Bisa Pakai Lemon hingga Air Garam Apel menjadi salah satu jenis buah yang dagingnya mudah berubah warna menjadi cokelat saat sudah dipotong. Proses pencoklatan ini disebut oksidasi. Ini ialah saat di mana enzim dalam buah berinteraksi...

Apel menjadi salah satu jenis buah yang dagingnya mudah berubah warna menjadi cokelat saat sudah dipotong. Proses pencoklatan ini disebut oksidasi. Ini ialah saat di mana enzim dalam buah berinteraksi dengan oksigen.

Meski tetap aman dimakan, beberapa potongan buah apel yang sudah berubah cokelat mungkin tidak akan terasa begitu segar. Jadi, penting untuk mengetahui cara supaya hal tersebut tidak terjadi.

Dirangkum dari laman Food.ndtv dan Times of India, berikut beberapa tips agar potongan buah apel tak cepat cokelat.

Ilustrasi apel. (Pexels/Skylar Kang)Ilustrasi apel. (Pexels/Skylar Kang)

1. Simpan dalam kantong kedap udara

5 Makanan Terbaik untuk Bersihkan Paru-Paru, Cocok bagi Mantan Perokok

Menyimpan potongan buah apel ke dalam kantong tertutup akan membantu mengunci kelembapan. Dengan begitu, oksigen penyebab reaksi antara enzim buah aktif tidak akan bekerja dan potongan buah tidak bakal berubah menjadi cokelat.

2. Rendam buah dengan air garam

Garam atau natrium klorida diketahui dapat membantu mencegah proses oksidasi. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam buah ke dalam larutan garam. Lalu, saat ingin kembali mengkonsumsinya, bilas buah dengan air bersih supaya tidak meninggalkan rasa asin.

3. Tambahkan perasan lemon

Tips agar potongan buah apel tidak cepat cokelat selanjutnya merupakan memberikan perasan buah lemon di atasnya. Perasan jeruk lemon nantinya berperan dalam membalikkan proses oksidasi dan membuat buah tetap terlihat segar dalam jangka waktu yang lebih lama, meskipun sudah dipotong.

3 Manfaat Buah Apel Fuji bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

4. Potong di bawah air mengalir

Terkadang, karena waktu yang dibutuhkan untuk mengupas kulit apel terlalu lama, beberapa bagian akan berubah menjadi cokelat, bahkan sebelum kamu menyantapnya.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memotong apel di bawah peredaran air. Ini akan membantu menghentikan proses oksidasi sehingga buah tidak cepat berubah menjadi cokelat.

Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)

5. Campur dengan air madu

Madu memang terkenal mempunyai banyak manfaat dan ternyata salah satunya ialah mencegah potongan buah menjadi cokelat.

Melansir dari situs web University of Nebraska-Lincoln, kamu bisa melakukannya dengan mengencerkan dua sendok makan madu alami dengan satu cangkir air. Setelah itu, masukkan potongan buah yang belum akan di makan ke campuran air dan madu tadi.

6. Taburkan asam askorbat

Jikalau kamu tidak mempunyai lemon atau menginginkan cara yang lebih praktis untuk mencegah kecoklatan pada buah, cukup taburkan asam askorbat. Asam askorbat merupakan bubuk vitamin C yang dijual di pasaran. Bubuk ini mudah dilarutkan dalam air.

7. Satukan dengan karet gelang

Kalau terdapat beberapa potongan buah dengan sisi yang sama, kamu bisa menyatukan bagian yang kulitnya sudah terbuka antar buah. Jadi, tidak ada lagi celah udara masuk di sana.

Tips agar potongan buah apel tak cepat cokelat ini bisa dilakukan dengan bantuan ikatan karet gelang. Namun, pastikan bahwa karet yang digunakan bersih, ya!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments