7 Pohon dan Mahluk Gaib Penghuninya

Unik

Ragam / Unik

7 Pohon dan Mahluk Gaib Penghuninya

7 Pohon dan Mahluk Gaib Penghuninya

KEPONEWS.COM - 7 Pohon dan Mahluk Gaib Penghuninya Meski menjadi makhluk lebih tepat, manusia kerap katakutan dengan keberadaan makhluk gaib, terlebih jikalau mereka menampakkan diri. Muncul cerita di masyarakat bahwa makhluk gaib memiliki tempat ting...


Meski menjadi makhluk lebih tepat, manusia kerap katakutan dengan keberadaan makhluk gaib, terlebih jikalau mereka menampakkan diri. Muncul cerita di masyarakat bahwa makhluk gaib memiliki tempat tinggal tertentu di sekitar lingkungan manusia. Beberapa lokasi diyakini menjadi tempat yang disukai oleh mereka. Salah satunya merupakan pohon.

Dari sekian banyak pohon berkembang mitos di masyarakat dipercayai jikalau beberapa jenis pohon diyakini menjadi tempat tinggal atau sarangnya makhluk gaib. Apalagi jikalau pohon-pohon ini sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun, maka kerap dianggap sebagai pohon keramat. Pohon-pohon apa saja yang diklaim sebagai tempat tinggal makhluk gaib? Berikut 7 pohon dan makhluk gaib yang menghuninya seperti yang dikutip dari infoyunik.com

1. Pohon Beringin

Di Indonesia pohon besar bernama latin Ficus benjamina ini berada di daftar teratas sebagai pohon yang banyak diperbincangkan masyarakat. Kabarnya banyak yang mengaku pernah melihat kemunculan makhluk gaib di atas pohon ini. Sekilas pohon yang sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan ini memang terkesan memiliki aura dan bentuk yang menyeramkan.

Konon beringin merupakan tempat kesukaan makhluk gaib jenis genderuwo. Terutama pohon beringin yang sudah tua, dan memiliki janggut atau akar yang menggantung. Mitos yang beredar jikalau ada yang mematahkan janggut beringin dan kebetulan pohon beringinnya dihuni oleh makhluk genderuwo, dipercaya orang tersebut akan langsung sakit dan harus diobati oleh paranormal.

2. Pohon Randu

Pohon yang banyak ditemukan di dekat pedesaan yan gmasih banyak area persawahan ini, mempunyai ciri yang sangat khas, yakni banyak terdapat duri-duri di sekujur batangnya. Pohon randu disebut juga pohon kapuk, kerena memang buahnya sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat bantal atau kasur.
Namun dibalik manfaatnya, pohon randu atau pohon kapuk dipercaya menjadi tempat tinggal favorit makhluk halus. Kemunculan wanita berbaju putih di atas pohon randu kerap menjadi perbincangan di masyarakat.

3. Pohon Pisang

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman dari suku Musaceae ini. Kita dapat dengan mudah menjumpai pisang dilingkungan masyarakat, terutama daerah yang masih memiliki area perkebunan dan persawahan. Selain buahnya yang sehat dan enak bila dimakan, konon pohon pisang menjadi tempat mangkal favorit bagi para makhluk gaib terutama pohon pisang yang berntuknya bergerombol.

Konon banyak orang yang sering melihat sosok makhluk berwarna putih yang mengerikan atau sosok wanita berbaju putih di balik rimbunya pohon pisang.

4. Pohon Bambu

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat jikalau banyak lingkungan sekitar tumbuh pohon bambu, maka disekitar lokasi tersebut banyak makhluk bersemayam. Pohon ini memang kerap dianggap sebagai tempat tinggal para hantu, apalagi kalau pohonnya berada di dekat pemakaman atau tempat-tempat yang dianggap keramat.

Dari segi tampilan saja, pohon bambu memang memiliki kesan angker. Pohon ini tumbuh bergerombol dan sangat rimbun.Karen bentuk pohon yang seperti inilah membuat masyarakat semakin yakin jikalau para makhluk halus sangat menyukai pohon bambu.

Legenda menceritakan, pernah suatu ketika disuatu kampung ada tukang ojek yang melihat sosok wanita berambut panjang yang sedang duduk di atas pohon bambu. Kabarnya ada juga yang melihat ada sosok tinggi besar dengan mata merah menyala.Dia duduk di atas pohon bambu dan terkadang menghalang-halangi orang yang lewat di jalan yang kebetulan bersebelahan dengan kebun bambu tersebut.

5. Pohon Limus

Pohon ini memiliki buah yang hampir mirip dengan buah mangga. Sekilas memang nampak sama, namun dibanding buah mangga, buah limus berbentuk lebih bulat dan serat yang lebih banyak. Selain buahnya yang dikenal sangat harum, konon pohon limus juga sangat disukai oleh makhluk halus jenis tuyul. Banyak orang melihat sosok bertubuh kecil, berkepala plontos sedang asik bermain di bawah pohon limus.

6. Pohon Sukun

Pohon ini dikenal karena kelezatan buahnya selain itu pohon ini juga dipercaya sebagai salah satu pohon favorit untuk singgah para makhluk halus. Konon makhluk halus yang mendiami pohon ini merupakan sosok hantu yang tubuhnya terbungkus kain putih yang diikat atau menyerupai sosok pocong. Sebagian lagi mempercayai jikalau pohon ini digemari oleh makhluk jin untuk singgah. Kemunculan sosok tinggo besar berwarna putih di pohon ini sering kali menjadi buah bibir di masyarakat.

7. Pohon Ara

Jikalau dilihat selintas, pohon ara mirip dengan pohon beringin. Ini karena pohon ara masih termasuk kerabat pohon beringin dari genus yang sama yaitu genus Ficus. Pohon ara disebut juga pohon tin dan menghasilkan buah tin yang berwarna hijau serta merah muda dan ungu jikalau sudah matang. Kabarnya masyarakat mempercayai bahwa pohon ini sering menjadi tempat tinggal bagi segala macam jenis makhluk halus. Banyak yang mengatakan bahwa pohon ara mengandung aura mistis mirip seperti pohon beringin.

Demikianlah 7 pohon dan makhluk gaib yang menghuninya. Anda tidak seharusnya demikian cepat mengambil kebenaran atas mitos yang berkembang. Baca juga mengenai pohon-pohon tertua, tertinggi terbesar dan ter-ter lainnya di dunia

Comments