7 Pertanda Anda Memiliki Persahabatan yang Sehat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

7 Pertanda Anda Memiliki Persahabatan yang Sehat

7 Pertanda Anda Memiliki Persahabatan yang Sehat

KEPONEWS.COM - 7 Pertanda Anda Memiliki Persahabatan yang Sehat dengan mempertahankan pola atau bentuk persahabatan yang sama seperti saat remaja, saat kita dan sahabat-sahabat belum mempunyai tanggung jawab pribadi dalam kehidupan barunya, berarti hampir pasti ad...

dengan mempertahankan pola atau bentuk persahabatan yang sama seperti saat remaja, saat kita dan sahabat-sahabat belum mempunyai tanggung jawab pribadi dalam kehidupan barunya, berarti hampir pasti ada kepentingan lain yang dikorbankan. Misalnya keluarga (pasangan dan anak) atau pekerjaan. Walau dengan dalih saling mengerti dan menyokong , tetap saja saat kita memasuki usia dewasa, sikap tahu diri, tahu waktu, dan tahu-tahu yang lainnya lebih penting. Dengan begitu, tidak akan ada pihak yang (merasa atau tidak) dirugikan, banyak atau sedikit. Jangan sampai pula ada sedikit saja rasa bergantung atau mengambil manfaat dari yang lainnya, tegas Anggia. Kalau ini yang terjadi, alih-alih kompak dan solid, persahabatan yang dijalani justru lebih cenderung mirip benalu yang membebani, imbuhnya.

Tanda-tanda persahabatan usia dewasa yang sedang dijalani sehat atau tidak cukup sulit terdeteksi. Namun, beberapa petunjuk yang diungkap Anggia berikut bisa mungkin bisa membantu.

1. Persahabatan membuat masing-masing merasa lebih bahagia

Walaupun kesannya egois, namun harus waspada jikalau persahabatan Kamu lebih banyak memberi rasa negatif, seperti saling terikat, berutang budi, harus selalu menyokong (bahkan saat salah), dan lainnya.

2. Sahabat-sahabat yang jujur dan terbuka satu sama lain

Sahabat yang baik mendapatkan kita apa adanya. Hubungan persahabatan yang sehat juga ditandai dengan kejujuran dan keterbukaan. Persahabatan yang kuat tidak akan menampilkan kebohongan dan kepalsuan di dalamnya.

3. Bertengkar dengan cara yang sehat

Persahabatan yang solid bukan berarti selalu bersama kapanpun, di mana pun, dalam situasi dan kondisi apapun. Solid berarti tidak takut untuk menyatakan ketidaksetujuan, berani menyatakan yang benar, beradu argumen dengan cara yang baik.

4. Persahabatan yang sehat tidak melarang Kamu berteman dengan orang lain di luar mereka

Persahabatan yang ekslusif atau ada inner circle yang tidak boleh dimasuki sembarang orang menjadi salah satu tanda persahabatan yang tidak sehat.

5. Saling percaya

Persahabatan yang sehat mempunyai kepercayaan yang besar satu dengan lainnya. Kepercayaan membuat kita merasa nyaman mencurahkan perasaan. Namun bukan berarti semua hal harus kita bagikan kepada sahabat. Apalagi urusan pribadi, misalnya masalah rumah tangga atau suami istri.

6. Mengerti batasan dan saling menghargai

Bila persahabatan saat ini ialah persahabatan yang terjalin semenjak Kamu remaja atau kecil, biasanya membuat satu dengan lainnya merasa sangat kenal, sangat dekat, sangat akrab, sangat tahu perihal kehidupan pribadi dan bahkan merasa boleh terlibat di dalamnya. Jelas ini tidak sehat.

7. Saling menjaga hubungan persahabatan

Rekomendasi

7 Pertanda Anda Memiliki Persahabatan yang Sehat

Comments