7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya

KEPONEWS.COM - 7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya Siapa sih yang nggak kenal dengan kopi? Aroma kopi begitu kuat dan memikat siapa saja yang menghirupnya. Seiring perkembangan zaman, kopi diolah menjadi banyak sekali produk yang bisa dikonsumsi maupu...

Siapa sih yang nggak kenal dengan kopi? Aroma kopi begitu kuat dan memikat siapa saja yang menghirupnya. Seiring perkembangan zaman, kopi diolah menjadi banyak sekali produk yang bisa dikonsumsi maupun yang hanya dapat dimanfaatkan aromanya. Umumnya kopi memang diolah menjadi sebuah minuman seperti dijual di coffee shop dan disajikan menjadi minuman kekinin yang digemari banyak orang.

Biji kopi yang berwarna cokelat ini dikenal sebagai obat melawan kantuk karena kandungan kafein yang tinggi. Namun beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan muncul dalam banyak sekali bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion.

Kopi bisa manjadi alternatif perawatan kulit, karena antioksidan pada kopi bisa melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Menurut banyak sekali sumber, kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat.

Lalu apa saja manfaat lain dari kopi untuk kecantikan? Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, 7 manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya, Kamis (5/12).

1. Menyamarkan kantung mata.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Tanpa disadari seseorang yang terbiasa begadang atau kurang tidur akan mempunyai kantung mata hitam. Nah kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kopi ampuh mengembalikan kesegaran kulit dan mengatasi lingkar hitam gelap di bawah mata. Yang kamu butuhkan hanya bubuk kopi dan juga minyak kelapa yang dihangatkan sebentar. Caranya campurkan 2 sdt kopi dan 1 sdt minyak kelapa. Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian bawah mata. Diamkan selama 10 menit. Bersihkan dan bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat kamu bisa melakukannya secara rajin sebelum tidur.

2. Mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: pixabay.com

Jerawat sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Selain menganggu, kondisi ini juga menimbulkan rasa sakit. Ketika jerawat muncul, sebagian orang akan berusaha untuk menghilangkan dan mengatasinya dengan banyak sekali cara. Namun bukannya hilang dengan tepat tetapi jerawat malah terkadang meninggalkan bekas yang membandel. Nah, kamu dapat memakai masker kopi. Karena kandungan antiinflamasi pada kopi bisa mengatasi masalah dari bakteri, termasuk jerawat ini.

3. Mengecilkan pori-pori.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Wanita yang mempunyai pori-pori wajah besar tentu dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Meski terkadang disebabkan faktor genetik atau keturunan. Seperti kita tahu perempuan memang lebih menjaga penampilan dibandingkan dengan laki-laki. Perempuan juga senang merias wajah, tapi hal ini ternyata dapat menjadi penyebab pori-pori seseorang terlihat menjadi lebih besar. Karena makeup dapat menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Apabila rajin memakai kopi sebagai masker makan secara bertahap pori-pori di wajah dapat semakin mengecil dan wajah akan halus.

4. Mengatasi wajah berminyak.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Jenis kulit setiap orang memeng berdeda, ada yang kering, normal, sensitif, berjerawat, hingga berminyak. Kulit berminyak ini terkadang membuat seseorang juga akan lebih rentan mengalami jerawat. Selain memberikan efek kusam, kotoran dan debu akan semakin mudah untuk menempel dan masuk ke pori-pori. Penggunaan masker kopi dapat mengatasi wajah berminyak ini sehingga wajah lebih lembab apabila kamu rajin menggunakannya.

5. Mengatasi wajah kusam.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Kafein yang terkandung dalam biji kopi nggak hanya bisa menahan rasa kantuk, namun juga dapat mengatasi efek wajah yang kusam dan memberikan efek menyegarkan kulit. Manfaat kopi untuk kecantikan wajah kusaam ini bisa kamu coba dengan memakai air kopi yang sudah dibekukan untuk ice facial. Cara membuatnya pun mudah cukup membuat secangkir kopi kental kemudian masukkan ke cetakan es, lalu bekukan. Setelah beku balurkan es kopi ke bagian wajah.

6. Manfaat anti penuaan.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kopi selanjutnya adalah, untuk perawatan antiaging atau antipenuaan. Karena sifatnya yang ampuh mengangkat kotoran, kopi dapat merangsang pertumbuhan regenerasi sel. Rajin melakukan scrubbing nggak hanya membuat kulit menjadi bersih dan cerah, namun juga membuatnya kencang. Lebih menariknya lagi kopi yang mengandung antioksidan ini bisa manangkal radikal bebas yang bisa menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan menjaga penampilannmu tetap awet muda. Kamu juga dapat memanfaatkan antipenuaan kopi dengan membuat masker kopi dicampur dengan bererapa tetes minyak zaitun. Apikasikan campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Mengurangi komedo.

7 Manfaat kopi untuk kecantikan dan cara membuatnya freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya mengatasi jerawat saja, manfaat kopi juga bisa untuk mengurangi komedo pada kulit wajah. Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif mengurangi ukuran sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bila kamu ingin menghilangkan komedo dengan cara alami, cukup gunakan masker kopi. Dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

Recommended By Editor

Comments