7 Makhluk Mitos yang Diyakini Manusia, Akan Membuat Anda Tersentak

Unik

Ragam / Unik

7 Makhluk Mitos yang Diyakini Manusia, Akan Membuat Anda Tersentak

7 Makhluk Mitos yang Diyakini Manusia, Akan Membuat Anda Tersentak

KEPONEWS.COM - 7 Makhluk Mitos yang Diyakini Manusia, Akan Membuat Anda Tersentak Cerita perihal makhluk mitologis ada semenjak zaman kuno dalam teks agama, cerita rakyat dan literatur mitologi lainnya di seluruh dunia. Makhluk mitos ini telah mengilhami sastra, pertunjukan seni, b...


Cerita perihal makhluk mitologis ada semenjak zaman kuno dalam teks agama, cerita rakyat dan literatur mitologi lainnya di seluruh dunia. Makhluk mitos ini telah mengilhami sastra, pertunjukan seni, bioskop dan bahkan mainan paling favorit kita. Kemanusiaan belum berhenti menciptakan mitologi contoh terakhir ialah dunia luar biasa yang digambarkan dalam film Avatar.

Jadi sementara umat manusia di seluruh dunia terus mengagumi mitologi, inilah daftar tujuh makhluk yang membuat kita terpesona.

Kredit: NTD.tv

1. Unicorn
Makhluk agung ini muncul dalam teks-teks kuno seperti Alkitab dan teks-teks abad pertengahan lainnya. Mereka tidak ditemukan dalam mitologi Yunani melainkan dalam catatan sejarah alam. Penulis Yunani Kuno yakin akan keberadaan unicorn, yang terletak di India, wilayah yang jauh dan misterius bagi orang-orang Yunani. Sejarawan Romawi juga percaya pada keberadaan unicorn.

Kredit: NTD.tv

2. Bonnacon
Bonnacons diyakini mendiami wilayah utara Republik Makedonia. Dikatakan mempunyai penampilan umum seekor banteng tapi dengan surai (bulu tengkuk) kuda, tanduk melengkung ke belakang, dan leher sedikit lebih panjang dari pada rata-rata banteng, menurut panduan perihal makhluk mitos.

Dikatakan bahwa jikalau ia diserang maka akan kabur, meninggalkan jejak kotoran api. Serangan api ini bisa membakar pohon dan semak belukar dan tentu saja menghanguskan api anjing pemburu bila mereka tidak cukup beruntung menyentuhnya, kata panduan tersebut.

Kredit: NTD.tv

3. Vegetable Lamb (domba sayuran)
Domba legendaris ini dipercaya sebagai tanaman hidup dan binatang nyata, tercantum dalam buku Henry Lee, The Vegetable Lamb of Tartary (1887). Menurut Henry, beberapa penulis percaya bahwa domba tersebut merupakan buah dari tanaman sementara yang lain percaya bahwa itu merupakan bagian tanaman yang hidup.

Mitos populer pada abad pertengahan, domba sayuran ini diyakini berasal dari Tartary, sebuah wilayah ekspansif di Eropa dan Asia Tengah.

Kredit: NTD.tv

4. Aspidochelone

Makhluk laut super raksasa yang disebut Aspidochelone ini digambarkan mempunyai punggung seperti pulau dan tubuh yang mirip dengan kura-kura.

Menurut legenda yang muncul di sebagian besar teks yang menyebutkan aspidochelone, pelaut mengira bahwa hewan mitos itu merupakan sebuah pulau, kemudian mereka mendarat di sana dan membangun api untuk memasak makanan. Seiring waktu, makhluk tersebut menyelam ke kedalaman untuk mendinginkan diri, menyeret kapal ke bawah dan menenggelamkan pelaut , tulis sebuah berita di Ancient Origins.

Dengan demikian orang mulai percaya bahwa Aspidochelone naik ke permukaan dari kedalaman laut, ia membujuk pelaut untuk mendarat di cangkangnya, sebagai perangkap, dan menenggelamkannya untuk melahapnya.

Kisah para pelaut yang bertemu dengan makhluk laut besar tersebut muncul dalam teks Fisiologus, buku-buku abad pertengahan, Kitab Yunus, Pinokio, dan cerita-cerita Baron Munchausen.

Kredit: NTD.tv

5. Jackalope

Kelinci bertanduk ini dalam cerita rakyat Amerika Utara digambarkan sebagai kelinci dengan tanduk rusa.

Meskipun banyak jackalope yang kita lihat sekarang dicangkokkan dengan tanduk rusa pada kepala kelinci dengan memakai keahlian taksidermi, namun penampakan yang dilaporkan makhluk mitos ini dapat ditemukan semenjak abad ke-17.

Menurut Legends of America, Jackalope yang juga disebut kelinci pejuang merupakan salah satu binatang paling langka di Bumi dan merupakan persilangan antara rusa kerdil yang sudah punah dan sejenis kelinci pembunuh.

Namun, penampakan sesekali dari makhluk langka ini terus terjadi, dengan wilayah kecil populasi jackalope bertahan di Barat Amerika , tulis situs tersebut.

Kredit: NTD.tv

6. Monyet De Loys

Monyet De Loys diduga merupakan hewan besar yang dilaporkan oleh penjelajah Swiss Fran ois De Loys. Satu-satunya bukti untuk spesies baru ini ialah foto ini. Penemuan kontroversial ini sekarang biasanya dianggap sebagai spesies monyet laba-laba, meskipun ukurannya dilaporkan jauh lebih besar dengan tinggi 1,57 meter sedangkan monyet laba-laba terbesar tingginya lebih dari satu meter. Yang lain menganggap foto itu tipuan.

Kredit: NTD.tv

7. Naga

Naga ialah makhluk legendaris yang disebutkan dalam mitos banyak budaya di dunia. Mereka merupakan salah satu makhluk mitologis paling populer di dunia saat ini. Foto ini menunjukkan naga Eropa yang sering digambarkan sebagai makhluk reptil dengan empat kaki dan sepasang sayap. Bisa terbang dan memuntahkan api, makhluk ini kadang-kadang digambarkan sebagai makhluk pelindung yang suka menolong namun kadang-kadang dianggap sebagai makhluk jahat dalam cerita-cerita kuno.

Keyakinan naga didasarkan bukan hanya dalam legenda tapi juga dengan bukti kuat, atau begitulah tampaknya. Selama ribuan tahun tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat tulang raksasa yang kadang-kadang ditemukan di seluruh dunia, dan naga tampaknya merupakan pilihan logis bagi orang-orang yang tidak mempunyai pengetahuan wacana dinosaurus , tulis sebuah berita di Live Science. (NTDTV/Ran)

VIDEO REKOMENDASI

Loading...

Comments