7 Makanan ini dibuat dengan campuran air mawar, bikin rasanya unik

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Makanan ini dibuat dengan campuran air mawar, bikin rasanya unik

7 Makanan ini dibuat dengan campuran air mawar, bikin rasanya unik

KEPONEWS.COM - 7 Makanan ini dibuat dengan campuran air mawar, bikin rasanya unik foto: Instagram/@bakingistherapy Makanan yang dibuat dengan bumbu-bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, serai, kayu manis, dan sebagainya mungkin sudah biasa. Tapi...
7 Makanan ini dibuat dengan campuran air mawar, bikin rasanya unik foto: Instagram/@bakingistherapy

Makanan yang dibuat dengan bumbu-bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, serai, kayu manis, dan sebagainya mungkin sudah biasa. Tapi ada makanan yang menambahkan air mawar dalam proses pembuatannya, lho.

Kebayang kan bagaimana harumnya aroma dari makanan itu? Selain dikenal sebagai salah satu campuran buat skincare atau kosmetik, air mawar memang digunakan sebagai campuran makanan di beberapa daerah.

Beberapa negara di Asia, banyak lho yang memakai campuran air mawar. Salah satunya masakan India. Nggak cuma nambah aroma pada makanan, penambahan air mawar juga bisa bikin rasa pada makanan makin lezat.

Penasaran nggak apa saja makanan apa saja yang memakai air mawar dalam bumbunya? Berikut Brilio Food telah merangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (5/8).

1. Kulfi.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@tandooribiceps

Makanan penutup yang berasal dari India ini berbahan dasar susu segar. Rasa dari kulfi ini beragam, mulai dari manis, vanili, dan mawar. Alasannya adalah pembuatannya memakai air mawar.

2. Gulab jamun.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@foodietraveller_abhax

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan camilan manis khas India ini. Gulab jamun sering muncul di film-film India. Camilan ini dibuat dari susu, biskuit, mentega, yang kemudian digoreng dan diberi siraman air mawar.

3. Jalebi.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@the_travel_tester

Sama seperti gulab jamun, jalebi ini juga merupakan camilan manis dari India. Jalebi terbuat dari yogurt, minyak samin, dan kapulaga yang kemudian digoreng dan direndam dalam larutan gula yang dimasak bersama air mawar.

4. Nasi biryani.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@basant_catering

Nasi biryani merupakan nasi yang dimasak dari beras basmati. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam, daging kambing, atau daging sapi. Nasi biryani mempunyai aroma rempah yang kuat dan mempunyai campuran air mawar yang membuat rasanya lebih enak.

5. Panna cotta air mawar.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@divinedessertsco

Panna cotta merupakan sajian penutup, sama seperti puding. Panna cotta bisa dibuat dengan banyak sekali bahan, namun ada juga yang membuat panna cotta dengan bahan dasar air mawar.

6. Persian ice cream.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@bakingistherapy

Es krim ini merupakan hidangan penutup yang berasal dari Iran. Bila biasanya es krim hanya memakai bahan dasar susu atau rasa-rasa lain, berbeda dengan es krim ini yang memakai air mawar dan bunga saffron.

7. Pistachio nougat with rose water.

makanan mawar  berbagai sumber

foto: Instagram/@cape_town_vegan

Nougat biasanya berisi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, hingga pistachio. Namun, ada juga nougat yang dikreasikan dengan banyak sekali bahan seperti stroberi, cokelat, dan air mawar yang membuat aromanya semakin kuat.

(mal)

Comments