7 Kuliner Surabaya yang Enak, Murah, dan Legendaris

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

7 Kuliner Surabaya yang Enak, Murah, dan Legendaris

7 Kuliner Surabaya yang Enak, Murah, dan Legendaris

KEPONEWS.COM - 7 Kuliner Surabaya yang Enak, Murah, dan Legendaris Jalan-jalan ke Surabaya rasanya tidak lengkap tanpa merasakan ragam masakan di sana. Mulai dari makanan manis, gurih, sampai pedas, semua rasa bisa Kamu temukan dalam masakan Surabaya....

Jalan-jalan ke Surabaya rasanya tidak lengkap tanpa merasakan ragam masakan di sana. Mulai dari makanan manis, gurih, sampai pedas, semua rasa bisa Kamu temukan dalam masakan Surabaya.

Selain enak, banyak masakan di Surabaya yang melegenda karena sudah berdiri puluhan tahun lalu dan masih tetap laris sampai saat ini. Berikut beberapa lokasi wisata masakan di Surabaya yang wajib dikunjungi.

Nasi Babat Pegirian

Bagi Kamu yang menyukai olahan jeroan sapi seperti babat dan paru, masakan Surabaya satu ini pantang untuk dilewatkan. Berlokasi di Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir, Nasi Babat Pegiringan buka mulai pukul 17.00 WIB dan siap memanjakan lidah Kamu dengan jeroan gorengnya.

Harganya pun cukup murah. Cukup Rp15.000, Kamu sudah bisa menikmati babat paru goreng lengkap dengan nasi.

Contoh hidangan Surabaya yang sungguh segar: Lontong balap. Makin paten disantap bersama sate kerang dara  [Dimas Angga Perkasa].Contoh hidangan Surabaya yang sungguh segar: Lontong balap. Makin paten disantap bersama sate kerang dara [Dimas Angga Perkasa].

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang cukup terkenal. Satu piring lontong balap biasanya terdiri dari lontong, lento, tahu goreng, dan tauge, lalu disiram kuah segar dan taburan bawang goreng. Lontong Balap Garuda Pak Gendut dari daerh Kranggan menjadi salah satu sajian yang melegenda.

Semanggi Suroboyo

Berlokasi di Jalan Alas Malang, Sememi, Semanggi Suroboyo menyajikan menu andalan berupa daun semanggi kukus. Dengan guyuran bumbu pecel yang sudah dicampur ketela rambat, daun semanggi kukus di sin terasa sangat nikmat. Sebagai pelengkap, Kamu bisa menyantapnya dengan kerupuk puli.

Rawon Setan Mbak Endang

Dari namanya saja, masakan Surabaya satu ini sudah mengundang rasa penasaran. Namun, alih-alih menyajikan menu super pedas, nama Rawon Setan Mbak Endang rupanya dipilih karena hanya buka di malam hari.

Selain daging empuknya, porsi rawon di sini juga dikenal berukuran besar, lengkap dengan kuahnya yang menggugah selera.

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye yang telah berdiri semenjak tahun 1982 termasuk masakan Surabaya yang terbilang legendaris. Lengkap dengan tempe, tahu, telur, hingga ikan pari, sego sambel satu sangat cocok mengatasi perut keroncongan. Terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Kamu bisa memesan sego sambel di sini mulai pukul 21.00 WIB.

Sate Karak

Bila sate pada umumnya memakai daging sebagai bahan utamanya, lain halnya dengan sate karak yang merupakan olahan jeroan sapi. Sate karak juga disajikan dengan ketan hitam, bukan lontong atau nasi. Keunikan sate karak lainnya merupakan penggunaan serundeng sebagai pengganti sambal kacang.

Bubur Madura

Masakan Surabaya selanjutnya ialah bubur Madura. Satu porsi bubur Madura biasanya berisi bubur sum-sum, mutiara, klanting, dan lupis, lengkap dengan siraman saus gula merah. Cukup dengan Rp10.000 saja, Kamu sudah bisa merasakan makanan bercita rasa manis satu ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments