7 Hal yang Bikin Pembuat Berita Hoax Bakal Terus Ada di Indonesia

Trending

Fun / Trending

7 Hal yang Bikin Pembuat Berita Hoax Bakal Terus Ada di Indonesia

7 Hal yang Bikin Pembuat Berita Hoax Bakal Terus Ada di Indonesia

KEPONEWS.COM - 7 Hal yang Bikin Pembuat Berita Hoax Bakal Terus Ada di Indonesia Apa sih yang bikin kepala panas akhir-akhir ini? Katanya sih salah satunya karena banyak berita-berita hoax yang beredar di media umum. Dan ketika itu orang-orang di dunia nyata dan maya yang punya pe...

Apa sih yang bikin kepala panas akhir-akhir ini? Katanya sih salah satunya karena banyak berita-berita hoax yang beredar di media umum. Dan ketika itu orang-orang di dunia nyata dan maya yang punya pemikiran cuma sepanjang bulu kaki, langsung terprovokasi terus meledak gitu aja.

Tapi, mau gimana pun gosip hoax di media umum itu susah banget diilangin apalagi di Indonesia, ini penyebabnya.

1. Suka banget sama yang namanya kompetisi

Orang-orang yang pernah menganut sistem pembelajaran dengan model pake ranking, pasti terbiasa sama yang namanya kompetisi. Makanya pas mereka udah gede dan melek teknologi, timbul rasa 'pengen adu kreatif' sama orang lain dalam hal bikin konten. Tapi karena saking semangatnya berkompetisi, mereka udah kejauhan ninggalin fakta yang sebenarnya.

2. Banyak yang masih kaget sama teknologi

Kamu pasti pernah beli barang baru terus langsung lupa sama apapun karena asik mainin tuh barang. Sama aja kayak orang-orang yang suka bikin isu hoax. Mereka anggap kemudahan bikin isu hoax yang didukung sama kemudahan internet merupakan mainan baru, jadi mereka keasikan bahkan ada yang dipake buat cari duit.

3. Masih banyak pengangguran

Kebayang gak kalo orang di Indonesia banyak yang udah dapet kerja dengan gaji yang layak, atau Indonesia udah bisa ngegaji pengangguran kayak negara maju. Pasti orang akan fokus nyari duit dan nikmatin serunya kerja, jadi gak kepikiran buat nyebarin gosip hoax. Apalagi bikin.

4. Prestasi masih kalah sama populeritas

Beberapa orang masih berpikir gimana caranya ambil simpati orang dengan cara mendoktrin orang lain buat terus inget namanya, padahal harusnya dia diingat karena prestasinya karena nanti otomatis namanya akan diinget juga. Cuma masalahnya, bikin prestasi kan gak semudah bikin kopi sachetan, jadi manfaatin sensasi ialah jalan pintas, dan sensasi yang dia bikin, itu merupakan makanan renyah para pembuat gosip bohong.

5. Budaya kepo makin menjadi-jadi

Pengen tau banget urusan orang, ini yang bikin para pembuat isu hoax makin semangat berbohong. Kerena mereka tau orang bakal nyari kebeneran isu mereka, makanya mereka sengaja bikin gosip hoax. Misalnya ada yang nyebarin gosip "Pacar kamu selingkuh sama Justin Bieber" otomatis kamu kepo siapa Justin Bieber, gimana dia bisa ngerebut pacar kamu, akhirnya nama Justin Bieber jadi naiik lagi deh.

6. Tempat piknik sepi pengunjung (kecuali liburan)

Coba deh kamu piknik atau ngelakuin apapun yang bisa ngasih energi positif ke dalam kepala kamu. Biar kamu gak gampang emosi, soalnya kalo banyak orang yang gak bisa nahan emosi berarti makin banyak konsumen para pembuat gosip hoax.

7. Banyak yang masih suka liat orang berantem

Kalo kamu masih suka liat mantan kamu berantem sama pacarnya, berarti pada dasarnya kamu emang demen kalo ada yang berantem. Kurang-kurangin ya, soalnya banyaknya informasi hoax itu karena mereka seneng liat orang lain berantem. Bahaya!

Kamu termasuk pembuat atau penyebar isu hoax? Kalo iya, ngaku aja di kolom komen, gak bakal diapa-apain kok.

Comments