7 Gejala penyakit herpes, penyebab dan cara mengobatinya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Gejala penyakit herpes, penyebab dan cara mengobatinya

7 Gejala penyakit herpes, penyebab dan cara mengobatinya

KEPONEWS.COM - 7 Gejala penyakit herpes, penyebab dan cara mengobatinya Tubuh manusia pada dasarnya mudah terserang banyak sekali penyakit. Bila stamina tubuh tidak dijaga dengan baik, kuman, bakteri, hingga virus dapat masuk ke tubuh. Perkembangan teknologi dewasa ini di...

Tubuh manusia pada dasarnya mudah terserang banyak sekali penyakit. Bila stamina tubuh tidak dijaga dengan baik, kuman, bakteri, hingga virus dapat masuk ke tubuh. Perkembangan teknologi dewasa ini diikuti dengan perkembangan virus dan bakteri. Jangan kaget kalau virus dan bakteri semakin berevolusi menyerang tubuh manusia. Beragam penyakit baru pun muncul menjangkit, salah satunya penyakit herpes.

Herpes ialah salah satu penyakit yang tergolong masih baru dan awam menyerang manusia. Meskipun begitu, penyakit ini sudah umum menyerang manusia. Penyakit ini akan menyebabkan kulit gatal, luka melepuh, kemerahan, dan berair seperti kutil.

Herpes disebabkan karena serangan virus herpes simpleks (HSV). Herpes bisa menyerang di beberapa bagian tubuh, mulai dari bibir, leher, pantat, dan bagian tubuh lainnya. Herpes ini bisa menimbulkan perpaduan rasa gatal dengan sensasi perih dan panas.

Pada dasarnya herpes terbagi jadi dua macam, adalah herpes simpleks dan herpes zoster. Walaupun namanya berbeda, kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh virus herpes HSV tersebut. Gejala dari dua herpes ini tidak selamanya sama. Ada baiknya perlu mengetahui gejala dari masing-masing penyakit herpes agar tepat ditangani.

Berikut penjelasan mengenai penyakit herpes, gejala, penyebab, dan cara mengobatinya seperti rangkum dari banyak sekali sumber pada Selasa (19/11).

Jenis penyakit herpes.

1. Herpes simpleks.

foto: freepik.com

Gejala herpes merupakan hal yang harus diwaspadai agar tidak menjadi semakin parah. Ciri-ciri yang timbul karena serangan virus herpes secara umum merupakan demam, menggigil, sesak napas, nyeri di persendian.

Herpes simpleks merupakan salah satu tipe penyakit herpes. Biasanya menyebabkan ruam dan luka melepuh di bagian leher, lengan, dan anggota tubuh lainnya.

Penyebab herpes simpleks berdasarkan tipe virus yang menyerang. Adapun virus tersebut ialah HSV-1, tipe 1 sering menyerang manusia. Virus ini dikenal dengan Herpes simpleks Virus-1 (HSV-1). Bisa menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas.

Tipe kedua biasanya karena virus HSV-2. Virus ini sering dikenal dengan herpes genitalis. Biasanya menyerang di bagian pinggang ke bawah dan lebih sering menyerang bagian kelamin. Karena itu disebut sebagai virus genital.

Pada umumnya herpes tipe dua ini menyerang bagian dubur, vagina, dan selangkangan. Uniknya saat virus ini menyerang pada wanita, tidak bisa terlihat jelas atau secara langsung.

2. Herpes Zoster.

foto: freepik.com

Herpes ini cenderung karena lanjutan dari infeksi kulit yang pernah menyerang seperti chickenpox (cacar air). Bedanya dengan cacar air biasa ialah herpes zoster punya ciri-ciri gelembungnya lebih besar dan berkelompok pada satu bagian tubuh tertentu. Bisa terjadi pada punggung, dada, dan dahi.

Penyebab penyakit herpes.

foto: freepik.com

Herpes ialah penyakit yang disebabkan karena virus. Penyakit ini bisa menular dari satu orang ke orang lain. Kenali beberapa penyebab herpes yang harus kamu waspadai. Beberapa di antaranya seperti infeksi virus yang bisa menular dari bersin, batuk, pakaian yang tercemar, sering menyentuh herpes orang lain, masalah daya tahan tubuh yang kurang, kontak langsung dengan orang yang terkena cacar air, dan karena hubungan seks.

Comments