7 Cara Orang Bertransaksi Dari Jaman Dulu Sampai Sekarang

Trending

Fun / Trending

7 Cara Orang Bertransaksi Dari Jaman Dulu Sampai Sekarang

7 Cara Orang Bertransaksi Dari Jaman Dulu Sampai Sekarang

KEPONEWS.COM - 7 Cara Orang Bertransaksi Dari Jaman Dulu Sampai Sekarang Jaman sekarang tuh kayanya apa-apa serba pake uang ya? Mau makan? Butuh uang. Mau jalan-jalan? Butuh uang. Mau beli baju baru? Butuh uang. Mau pipis di toilet umum aja juga harus bayar :(. Tapi pernah...

Jaman sekarang tuh kayanya apa-apa serba pake uang ya? Mau makan? Butuh uang. Mau jalan-jalan? Butuh uang. Mau beli baju baru? Butuh uang. Mau pipis di toilet umum aja juga harus bayar :(. Tapi pernah gak sih kamu kebayang kenapa kita harus memakai uang untuk menukar atau membeli sebuah barang dan jasa? Apa emang dari dulu kita kalo butuh apa-apa itu harus bayar pake uang? Pada artikel kali ini, kita mau ngebahas cara manusia bertransaksi dari jaman nenek moyang kita sampe jaman awkarin sekarang ini. Atau mungkin beberapa point ini masih ada yang menerapkan sampe sekarang.

1. Berburu

Jaman purba kayanya mau apa-apa itu tinggal ngambil dari alam. Jadi gak ada tuh kamu mau makan tinggal delivery atau mau sepatu yeezy tinggal beli terus bikin konten Youtube. Semua harus ambil dari alam dan diproses sampai jadi sesuatu yang bisa kita konsumsi. Kalo dari film-film yang pernah kita tonton, biasanya sih orang purba itu dibagi jadi 2 kelompok, ada pemburu dan petani. Ya pokoknya kalo kamu kuat dan gagah, ya kamu berburu. Kalo kamu lemah dan orangnya gak suka berpetualang, paling kamu jadi petani aja bercocok tanam. Abis itu biasanya ada hubungan timbal balik deh antara pemburu dan petani, pemburu ngasih daging dan kulit dengan imbalan sayuran dari para petani.

2. Mencuri

Kalo kamu gak bisa bertahan hidup dengan cara berburu dan bercocok tanam. Mungkin ini bisa jadi salah satu solusi untuk kamu mendapatkan barang yang kamu mau. Eh, sebenernya ini bukan cara bertransaksi juga sih, cuman kaya jalan pintas aja buat dapetin apa yang kamu mau. Tapi inget, ini adalah perbuatan tercela dan dosa. Apalagi kalo ketangkep, abis deh kamu dipukulin warga!

3. Barter

Dulu pernah ada yang namanya sistem barter. Artinya ya segampang tukeran barang yang kamu mau dengan yang kamu punya. Contohnya nih kamu pengen banget sepatu yeezy, tapi yang kamu punya cuman motor sport yang gagah perkasa. Nah kamu tinggal cari orang yang mau tukeran yeezy dia sama motor kamu. Sistem barter ini mati karena terkadang terkesan kurang adil untuk sebelah pihak, cuman kan itu mah pinter-pinteran kamunya aja buat promosiin barang kamu. Tapi setelah dipikir-pikir kamu bodoh juga ya mau nuker motor kamu sama sepatu doang. kita prihatin.

4. Menggunakan Satuan

Kalo kamu sering main game kayanya kamu paham deh, kalo di game itu kan ada satuan perunggu, silver dan emas. Ya, kira-kira sama lah. Manusia juga dulu pernah mengalami fase ini, dimana mereka menggunakan perunggu sebagai satuan paling rendah, silver yang menengah, terus emas yang paling gede. Tapi sekarang, itu semua udah dituker sama uang yang kita kenal sekarang.

5. Kartu Debit dan Kredit

Namanya juga manusia, pasti penuh inovasi dong. Makin kelamaan, manusia ini pengen semua yang serba praktis. Daripada kamu bawa-bawa duit banyak kemana-mana kan beresiko untuk dijambret tengah jalan tuh. Makannya terciptalah yang namanya kartu debit dan kredit. Kalo ilang atau dicuri-pun kamu masih ada waktu untuk ngunci kartu kamu yang hilang, jadi seengganya ini lebih aman dan praktis lah. Terus dengan kartu kredit juga kamu bisa melakukan pembelian dengan pembayaran berkala. Tapi hati-hati, jangan berlebihan nanti kamu gak bisa bayar loh.

6. Bitcoin

Masuk ke era digital, ada lagi nih yang makin unik. Bitcoin sendiri adalah mata uang virtual yang digunakan oleh orang-orang untuk melakukan transaksi di beberapa website tertentu. Tapi kayanya jaman sekarang kalo mau jual beli online juga biasanya kamu langsung pake internet banking atau transfer biasa kan? kita ragu sih masih ada yang pake Bitcoin ini atau engga sebenernya.

7. Manis Apps

Kamu gak tau Manis Apps itu apa? Nih ya, kita jelasin. Jadi dengan Manis Apps ini, nanti kamu harus ngumpulin point. Point-point yang udah kamu kumpulin ini nantinya bisa kamu tuker dengan berbagai rewards seperti voucher belanja, pulsa, dan lain lain! Caranya? Gampang banget! Kamu tinggal download Manis Apps, terus kamu tinggal foto struk belanjaan kamu menggunakan Manis Apps. Nanti nominal belanja kamu pada struk itu yang akan jadi point kamu. Kalo kamu mau tau lebih lanjut, mending kamu langsung follow social media mereka aja di Manis Indonesiadan @manis.id.Jadi berkat Manis Apps, ga sia sia ya ngumpulin struk belanja. Itungannya iseng-iseng berhadiah lah!

Kalo kamu gimana? Jangan-jangan kamu masih suka pake sistem barter? Atau malah kamu adalah seorang pemburu?

7 Cara Orang Bertransaksi Dari Jaman Dulu Sampai Sekarang

Comments