7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Pilihan Sunscreen Ternyata Juga Penting

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Pilihan Sunscreen Ternyata Juga Penting

7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Pilihan Sunscreen Ternyata Juga Penting

KEPONEWS.COM - 7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Pilihan Sunscreen Ternyata Juga Penting Meski berukuran kecil, komedo di hidung menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan. Pasalnya, komedo berupa kotoran yang terperangkap dalam pori-pori ini seringkali masih terlihat meski s...

Meski berukuran kecil, komedo di hidung menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan. Pasalnya, komedo berupa kotoran yang terperangkap dalam pori-pori ini seringkali masih terlihat meski sudah dilapisi makeup.

Komedo di hidung umumnya diakibatkan oleh penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Jadi, sangat penting untuk menghilangkan komedo, salah satunya dengan mengontrol produksi minyak. Dilansir dari laman Healthline, berikut 7 cara menghilangkan komedo di hidung.

1. Cuci muka dua kali sehari

Ilustrasi membersihkan wajah. [Shutterstock]Ilustrasi membersihkan wajah. [Shutterstock]

Kebiasaan cuci muka dua kali rupanya sangat berpengaruh pada komedo yang terbentuk di hidung. Salah satu waktu terbaik untuk cuci muka merupakan setelah olahraga supaya kotoran, bakteri, atau keringat yang ada pada hidung cepat hilang.

Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat Hormonal, Apa Pemicunya?

Jikalau tidak sempat cuci muka setelah olahraga, setidaknya bersihkan keringat Kamu sebelum mengering dengan lap khusus muka.

2. Pore strip

Apakah Kamu sering melihat seseorang menempelkan semacam kertas pada hidung kemudian menariknya setelah didiamkan beberapa saat? Itulah yang dinamakan pore strip atau strip pori hidung.

Cara tersebut mungkin mengangkat komedo pada hidung tapi tidak mencegah komedo datang kembali. Karena, kertas ini tidak mengatur produksi minyak di kulit.

Untuk mendapat hasil terbaik, gunakan pore strip setelah mengukus wajah di atas panci berisi air mendidih yang akan membuka pori-pori.

6 Tips Merawat Wajah Berminyak

3. Sunscreen bebas minyak

Minyak berlebih termasuk penyebab terbesar munculnya komedo hitam pada hidung. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kelebihan jumlah minyak, Kamu bisa memilih sunscreen bebas minyak, mengingat sunscreen merupakan skincare yang harus selalu digunakan.

4. Eksfoliasi

Cara menghilangkan komedo di hidung selanjutnya ialah melakukan eksfoliasi secara rajin. Pilih eksfolian yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). Ini merupakan kandungan asam lembut yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun, ingatlah bahwa AHA dan BHA dapat membuat kulit lebih rentan terkena sinar UVA dan UVB. Jadi, jangan lupa gunakan sunscreen tiap akan beraktivitas.

Ilustrasi mengatasi komedo dengan pore pack. (Shutterstock)Ilustrasi mengatasi komedo dengan pore pack. (Shutterstock)

5. Gunakan clay mask

Clay mask telah terbukti dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih serta membantu melebarkan pori-pori sehingga kotoran yang terperangkap bisa keluar dan tidak ada lagi komedo hitam. Clay mask bekerja dengan masuk ke pori-pori secara bertahap sehingga kotoran dan minyak bisa dikontrol.

6. Gel asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu melarutkan keratin yang menyumbat pori-pori hingga menyebabkan komedo. Ini juga menjadi eksfolian yang efektif. Namun, cukup gunakan agel asam salisilat pada area yang ingin dibersihkan komedonya karena penggunaan berlebih bisa berbahaya.

7. Retinoid topikal

Retinol topikal berasal dari vitamin A yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan mengurangi kemunculan kerutan. Namun, hindari penggunaan retinoid pada ibu hamil dan gunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai pengganti.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments