7 Cara cegah sindrom Carpal, sakit nyeri hingga mati rasa pada tangan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Cara cegah sindrom Carpal, sakit nyeri hingga mati rasa pada tangan

7 Cara cegah sindrom Carpal, sakit nyeri hingga mati rasa pada tangan

KEPONEWS.COM - 7 Cara cegah sindrom Carpal, sakit nyeri hingga mati rasa pada tangan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau Sindrom saluran Carpal merupakan sindrom di mana tangan penderita merasa nyeri atau bahkan mati rasa. Kadang muncul rasa nyeri seperti tersetrum yang biasanya ada di...

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau Sindrom saluran Carpal merupakan sindrom di mana tangan penderita merasa nyeri atau bahkan mati rasa. Kadang muncul rasa nyeri seperti tersetrum yang biasanya ada di area sekitar jari hingga pergelangan tangan. Selain itu, kadang diikuti nyeri di bagian tangan hingga bahu.

Saluran karpal terletak di bagian telapak pergelangan tangan yang terdiri dari tulang, ligamen dan otot. CTS terjadi karena syaraf median yang ada di saluran carpal terlalu banyak mendapat tekanan dari tendon di pergelangan tangan. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, terutama orang orang yang aktif dalam melakukan aktivitas tangan.

Hingga saat ini tidak ada alat atau trik pencegah yang benar-benar pas menangani CTS. Satu-satunya yang bisa dilakukan merupakan dengan mengurangi potensi yang bisa mengakibatkan seseorang terkena CTS. Sindrom ini kalau terlalu parah, penderita diharuskan menjalani operasi medis.

Berikut 7 cara mencegah CTS yang dihimpun dari aurorahealthcare.org

1. Ikuti gaya hidup sehat.

Tidak merokok dan menjaga berat badan ialah cara terbaik mencegah CTS. Kebiasaan merokok dapat mengganggu peredaran darah dan obesitas dapat menyebabkan terhambatnya saluran syaraf pergelangan menuju tangan yang bisa membuat potensi terkena CTS menjadi tinggi.

2. Hindari tidur dengan posisi yang membuat tanganmu terlipat.

Posisi tangan yang terlipat dapat menghambat peredaran darah dan menjadi kebiasaan yang buruk jikalau dilakukan berulang-ulang.

3. Usahakan tanganmu tetap hangat.

Bila kamu bekerja di area dingin, atau kamu merupakan gamer yang bermain di ruangan dingin ber AC, gunakan sarung tangan fingerless atau gaming gloves.

4. Usahakan tangan tidak tegang saat bekerja.

longgarkan cengkramanmu pada mouse dan mengetiklah dengan santai dan tidak kaku.

5. Istirahat 5 menit.

Jikalau beraktivitas di depan komputer dalam waktu yang lama. Sediakan jeda untuk merenggangkan badan selama 5 menit.

6. Lakukan pelemasan bila bermain game atau bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama.

Buka lebar telapak tangan dan jari dan putar searah jarum jam. Lakukan setidaknya 30 menit sekali

7. Duduklah dengan posisi duduk yang benar dan satu garis lurus di depan komputer.

Hindari posisi menyamping serta posisi layar yang terlalu tinggi atau rendah serta posisi keyboard yang tidak terlalu jauh dengan dada.

mgg/hendra

(guf)

Comments