7 Bangunan Peninggalan Belanda yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Saat Ini!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

7 Bangunan Peninggalan Belanda yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Saat Ini!

7 Bangunan Peninggalan Belanda yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Saat Ini!

KEPONEWS.COM - 7 Bangunan Peninggalan Belanda yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Saat Ini! Selama Indonesia dijajah Belanda selama lebih dari 3 abad, banyak kebudayaan atau bangunan yang ditinggalkan oleh Belanda yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Beda banget dengan bangunan jaman se...

Selama Indonesia dijajah Belanda selama lebih dari 3 abad, banyak kebudayaan atau bangunan yang ditinggalkan oleh Belanda yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Beda banget dengan bangunan jaman sekarang yang baru 2-3 tahun berdiri aja atapnya udah pada jebol. Nah berikut ini merupakan 7 bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga ketika ini. Yuk langsung aja kita simak sama-sama gengs.

1. Gedung Bank Indonesia Jogjakarta

Gedung peninggalan Belanda

Sumber : mendikbud

Orang Jogja pasti tau banget sama bangunan yang satu ini, gedung yang dibangun tahun 1879 dulunya merupakan bangunan De Javasche Bank yang kemudian berubah menjadi Gedung Bank Indonesia hingga kini.

Gedung ini dibangun oleh N.V. Architecten-Ingenieursbureau Hulswit en Fermont te Weltevreden en Ed. Cuypers te Amsterdam. Lokasinya berada disebelah kantor pos besar Yogyakarta di daerah nol kilometer.

2. Istana Bogor

Gedung peninggalan belanda

Sumber : NJNA2010

Mungkin kita sekalian udah pada tau kalo dahulu kala kota Bogor itu namanya Buitenzorg. Karena hawanya yang adem makanya Presiden Soekarno doyan banget tinggal di Istana Buitenzorg ini. Gak hanya Soekarno, Presiden Joko Widodo juga doyan banget lho tinggal di istana yang gaya arsitekturnya meniru gaya Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough.

3. Museum Fatahilah Jakarta

gedung peninggalan belanda

Sumber : wikipedia

Mempunyai gaya arsitektur neoklasik, Museum Fatahilah ini mirip sekali dengan Istana Dam yang ada di Belanda sana. Sebelum menjadi museum seperti sekarang, gedung ini dulunya merupakan Balai Kota Batavia yang dibangun oleh Gubernur Jendral Joan Van Hoorn dari tahun 1707 hingga 1712.

4. Gereja Katedral Jakarta

gedung peninggalan belanda

Sumber : wikipedia

Gereja ini punya nama resmi De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Memiliki gaya neo-gotik ala Eropa, Katedral yang kita kenal sekarang sesungguhnya bukanlah gedung gereja yang asli di tempat itu, karena Katedral yang asli diresmikan pada Februari 1810, namun pada27 Juli1826 gedung Gereja itu terbakar bersama 180 rumah penduduk di sekitarnya. Lalu pada tanggal31 Mei1890dalam cuaca yang cerah, Gereja itu pun sempat roboh.

Pada malam natal tahun 2000, Gereja ini juga pernah menjadi salah satu lokasi yang terkena serangan bom.

5. Gedung Bank Indonesia Cirebon

gedung peninggalan belanda

Sumber : nyerbon.blogspot.com

Sama seperti Gedung Bank Indonesia di Yogyakarta, dulunya gedung ini ialah salah satu dari De Javasche Bank namun punya nama asli Agentschap van De Javasche Bank te Cheribon dan berganti nama pada masa penjajahan Jepang menjadi Hanpo Kaihatsu Ginko.

6.Gedung Balai Kota Lama Medan

gedung peninggalan belanda

Sumber : fotokita.net

Sempat manjadi gedung Balai Kota Medan dari tahun 1945 hingga 1990, bangunan ini sekarang menjadi bagian dari salah satu hotel ternama di Kota Medan. Diarsiteki oleh Hulswit, bangunan yang kental dengan gaya Eropa ini dibangun pada tahun 1906.

7. Lawang Sewu Semarang

gedung peninggalan belanda

Sumber : opokekblogspot

Bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini dulu pernah difungsikan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Dinamai Lawang Sewu (seribu pintu) karena bangunan ini memiliki banyak sekali pintu.

Berdiri kokoh di bundaran Tugu Muda Semarang, Lawang Sewu sekarang dikenal sebagai salah satu tempat wisata misitis paling populer di tanah air.

Nah itu dia 7 bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga ketika ini. Bahkan hampir semua bangunan diatas masih aktif digunakan.

Comments