60 Kata-kata bijak dari tokoh Islam, inspiratif dan sejukkan hati

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

60 Kata-kata bijak dari tokoh Islam, inspiratif dan sejukkan hati

60 Kata-kata bijak dari tokoh Islam, inspiratif dan sejukkan hati

KEPONEWS.COM - 60 Kata-kata bijak dari tokoh Islam, inspiratif dan sejukkan hati Selama manusia hidup, ia akan terus menghadapi masalah di sekelilingnya. Bagi umat muslim, masalah yang datang bisa berarti ujian dari Allah SWT. Bila ia bisa melewati masalah tersebut, maka ia akan m...

Selama manusia hidup, ia akan terus menghadapi masalah di sekelilingnya. Bagi umat muslim, masalah yang datang bisa berarti ujian dari Allah SWT. Bila ia bisa melewati masalah tersebut, maka ia akan mendapat kedudukan yang tinggi di sisi-Nya. Namun ada kalanya, kita merasa beban yang dirasakan terasa berat. Sedangkan semua kerisauan tak kunjung usai.

Dalam keadaan seperti itu, Nabi telah memberikan contoh untuk senantiasa ikhtiar dan tawakal. Ikhtiar dengan berusaha dan tawakal dengan berdoa serta menyerahkan hasilnya kepada Allah.

Tak hanya itu, para tokoh Islam seperti sahabat dan ulama pun turut memberikan nasihat yang menginspirasi. Kata-kata bijak mereka pun banyak dikutip dan dijadikan motivasi. Ada pula kata-kata bijak dari tokoh Islam ini yang dinilai relevan dengan kehidupan.

Penasaran seperti apa? Berikut enam puluh kata-kata bijak dari tokoh Islam yang dihimpun dari banyak sekali sumber pada Rabu (1/7).

Kata-kata bijak dari tokoh Islam wacana kehidupan.

bijak dari tokoh Islam berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Ketika kamu memperlakukan orang dengan baik, orang-orang yang sama itu mungkin tidak memperlakukanmu dengan cara yang sama. Tetapi jikalau kamu memperhatikan, kamu akan melihat bahwa Allah telah mengirim orang lain yang memperlakukanmu dengan lebih baik." (Omar Suleiman)

2. "Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna." (Imam Syafi'i)

3. "Dan jiwamu, kalau tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan." (Imam Syafi'i)

4. "Di antara tanda matinya hati, ialah tidak adanya perasaan sedih atas kesempatan beramal yang engkau lewatkan dan tidak adanya penyesalan atas pelanggaran yang engkau lakukan." (Ibnu Athaillah)

5. "Dunia ini hanya mempunyai tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramal lah di hari ini." (Hasan al Bashri)

6. "Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga." (Boona Mohammed)

7. "Hidup lah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintai lah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuat lah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan mendapatkan balasannya nanti." (Imam Ghazali)

8. "Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan." (HR. Ibnu Majah)

9. "Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia bisa berlayar dengan tepat, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam." (Ali bin Abi Thalib)

10. "Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu di saat gelap." (Ibnu Taymiyyah)

11. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." (Amribn Abdullah)

12. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya ialah ujian bagimu." (Ali bin Abi Thalib)

13. "Lidah seseorang dapat menggambarkan bagaimanakah hatinya." (Ibnu Qayyim)

14. "Memangnya kenapa jikalau hidup ini tidak tepat? Hidup ini bukanlah surga." (Nouman Ali Khan)

15. "Perumpamaan hati seperti bulu di tengah padang pasir yang di bolak-balikan angin." (HR. Ibnu Majah)

16. "Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman." (Omar Suleiman)

17. "Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." (Imam Syafi'i)

18. "Betapa banyak kegetiran dan kesulitan yang dialami, yang bisa memalingkan jalan ibadah. Kecuali untuk orang-orang yang bersabar dan selalu istiqomah." (Erick Yusuf)

19. "Kalau terdapat banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, maka mulailah dari yang terpenting dan mendesak." (Imam Syafi'i)

20. "Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya." (Abdullah Gymnastiar)

Kata-kata bijak dari tokoh Islam wacana ibadah dan mengingat Allah.

bijak dari tokoh Islam berbagai sumber

foto: freepik.com

21. "Belajarlah Alquran, niscaya kamu tertuntun ke jalan yang benar, dan berbuatlah kebajikan sesuai dengan Alquran, niscaya kamu menjadi ahlinya." (Umar bin Khattab)

22. "Jagalah Alquran, jangan kalian didahului orang dalam mengamalkannya." (Ali bin Abi Thalib)

23. "Kalau Allah bersamamu, maka jangan takut kepada siapa saja. Akan tetapi jikalau Allah sudah tidak lagi bersamamu, maka siapa lagi yang bisa diharapkan olehmu." (Hasan Al-Banna)

24. "Jiwa Muhammad penuh kebaikan, pengaruhnya membekas dan takkan terlupakan oleh orang-orang yang mengenalnya." (Diwan Chand Sharma, The Prophet of the East)

25. "Memberikan shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, membantu menghilangkan kesulitan dan melenyapkan segala cemas." (Dr. Aidh Al-Qarni)

26. Rasulullah sangat piawai memperingatkan manusia, bahwa lawan rohani mereka bukan musuh yang memakai senjata tajam, tetapi hawa nafsu yang melekat di dalam diri. (Jalaluddin Rumi)

27. Tempat terbitnya cahaya ilahi ialah hati dan relung batin. (Ibnu Athaillah)

28. Nabi umat islam mempersatukan banyak sekali bangsa dengan mendasarkan prinsip kesatuan internasional dan persaudaraan manusia pada landasan universal. Dia seolah menerangi bangsa-bangsa lain. (Prof. S. Hurgronje)

29. Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya. Dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu, karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedang tinggal di akhirat sana sangatlah panjang. (Hasan Al-Bashri)

30. Wahai anakku, ambillah harta dunia sekedar keperluanmu saja dan nafkahkanlah selebihnya untuk bekal akhiratmu. (Luqman Al-Hakim)

31. "Menghindarkan indera pendengaran dari mendengar hal-hal yang tidak baik merupakan suatu keharusan, sebagaimana seseorang mensucikan tutur katanya dari ungkapan buruk." Imam Syafii

32. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu." Imam Syafii

33. "Bila engkau pulang ke alam baka, tidak membawa bekal takwa, kau lihat orang-orang membawanya pada hari perhimpunan. Engkau akan menyesal, karena engkau tidak seperti mereka. Mereka mempunyai persiapan sedang engkau tidak memilikinya." (Ibnu Qayyim)

34. "Bila engkau bertakwa kepada Allah, maka engkau tidak butuh kepada manusia. Sedang apabila engkau takut kepada manusia, mereka tidak dapat memenuhi kebutuhanmu kepada Allah sedikit pun." (Sufyan Ats-Tsauri)

35. "Jikalau semua orang menjauh ketika engkau mendapat kesulitan, maka ketahuilah bahwa Allah SWT ingin membuatmu kuat dan Ia akan menjadi penolongmu." (Imam Syafi'i)

Kata-kata bijak dari tokoh Islam perihal sabar dan bersyukur.

bijak dari tokoh Islam berbagai sumber

foto: freepik.com

36. "Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku." (Umar bin Khattab)

37. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaluddin Rumi)

38. "Bila kamu bisa bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkan mu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang". (Ali bin Abi Thalib)

39. "Kesabaran merupakan ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh." (Ibnu Qayyim)

40. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." (Ali Bin Abi Thalib)

41. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." (Abu Bakar)

42. "Orang yang terkaya merupakan orang yang mendapatkan pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

43. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." (Ibnu Taimiyah)

44. "Sabar mempunyai dua sisi, sisi yang satu ialah sabar, sisi yang lain merupakan bersyukur kepada Allah." (Ibnu Mas'ud)

45. "Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci". (Imam Al Ghazali)

46. "Ketahui lah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)" (Imam al-Ghazali)

Kata-kata bijak dari tokoh Islami wacana cinta.

bijak dari tokoh Islam berbagai sumber

foto: freepik.com

47. "Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jikalau kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

48. "Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka." (Dr. Bilal Philips)

49. "Benar, mencintai makhluk itu sangat berpeluang mengalami kehilangan. Kebersamaan bersama makhluk juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak." (Habiburrahman El Shirazy)

50. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam usaha menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

51. "Cintai lah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu." (Ali bin Abi Thalib)

52. "Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai." (Ali bin Abi Thalib)

53. "Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Bila mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafi i)

54. "Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, karena mungkin saja kecantikannya akan membinasakannya. Dan jangan pula kalian menikahi wanita karena hartanya, karena mungkin saja hartanya akan menjadikannya bersikap sewenang-wenang. Akan tetapi, nikahilah wanita itu karena agamanya." (Ali bin Abi Thalib)

55. "Kau tidak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kau belajar mencintai Allah terlebih dahulu." (Boonaa Mohammed)

56. "Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 keuntungan, yaitu kepercayaan, cinta dan rasa hormat." (Ali bin Abi Thalib.)

57. "Pria mengimpikan wanita tepat. Wanita menginginkan pria tepat. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." (Ahmad Alshugairi)

58. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

59. Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama merupakan keberanian, yang kedua ialah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

60. Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

Recommended By Editor

Comments