6 Tokoh nasional asal Boyolali ini sarat prestasi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Tokoh nasional asal Boyolali ini sarat prestasi

6 Tokoh nasional asal Boyolali ini sarat prestasi

KEPONEWS.COM - 6 Tokoh nasional asal Boyolali ini sarat prestasi Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dilaporkan oleh seorang warga Boyolali bernama Dakun ke Pusat Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. Dilaporkannya Ketua Umum Partai Gerind...

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dilaporkan oleh seorang warga Boyolali bernama Dakun ke Pusat Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya. Dilaporkannya Ketua Umum Partai Gerindra ini buntut dari pidatonya di Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (30/10) lalu.

Pada pidatonya itu, Prabowo sempat melontarkan pernyataan wacana kondisi masyarakat Boyolali. Video pidato yang disampaikan pasangan Sandiaga Uno itu pun ramai menjadi perbincangan di sosmed. Dari video utuh yang beredar, awalnya Prabowo membicarakan wacana kondisi masyarakat yang belum sejahtera. Ia kemudian memberi perumpamaan 'tampang Boyolali' yang belum pernah masuk ke hotel-hotel mahal.

Dakun yang melaporkan hal tersebut merasa tidak terima dengan ucapan Prabowo. Ia merasa perkataan Prabowo saat itu melecehkan dan seolah-olah menyatakan bahwa warga Boyolali miskin serta tidak pernah masuk mal atau hotel mahal. Ia juga menyebut bahwa banyak tokoh nasional dan pahlawan Indonesia yang berasal dari Boyolali.

Terlepas dari permasalahan tersebut, nyatanya tidak sedikit pahlawan dan tokoh nasional yang berasal dari Boyolali. Bahkan banyak juga yang masih aktif memberi kontribusi bagi Tanah Air. Sobat pasti familiar dengan salah satunya.

Siapa sajakah mereka? Berikut enam tokoh nasional asal Boyolali yang dirangkum dari banyak sekali sumber, Sabtu (3/11).

1. Sutopo Purwo Nugroho.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: Instagram/@sutopopurwo

Rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal tokoh satu ini. Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data, Berita dan Hubungan Masyarakat di BNPB kerap aktif menginfokan kabar terbaru wacana bencana yang terjadi di Indonesia lewat cuitannya di Twitter. Alumni Universitas Gadjah Mada ini berasal dan lahir di Boyolali pada 7 Oktober tahun 1969. Pria yang mengidolakan Raisa ini memeroleh gelar S2 dan S3-nya di bidang hidrologi di Institut Pertanian Bogor.

2. Jenderal TNI Mulyono.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: tniad.mil.id

Jenderal TNI Mulyono ialah seorang perwira tinggi TNI-AD yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Pria yang berasal dan lahir di Boyolali ini ditunjuk sebagai KSAD ke-31 semenjak tahun 2015. Pria 57 tahun ini merupakan lulusan Akmil 1983 dengan jabatan terakhir Pangkostrad. Jenderal bintang empat ini juga sempat ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ke-36 dari tahun 2014-2015.

3. Djoko Kirmanto.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: ugm.ac.id

Djoko Kirmanto merupakan mantan Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada periode Susilo Bambang Yudhoyono semenjak tahun 2004 hingga tahun 2014. Pria yang menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada ini berasal dan lahir di Boyolali pada 5 Juli 1943. Tak hanya memberi kontribusi bagi Indonesia sebagai menteri, ia juga mendapatkan banyak penghargaan, seperti gelar Doktor Honoris Causa (HC) dalam Ilmu Teknik Bidang Pembangunan Wilayah dan Kota oleh Universitas Diponegoro pada tahun 2005 dan masih banyak lagi.

4. Widodo A.S.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: tnial.mil.id

Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto merupakan seorang perwira tentara Indonesia yang berasal dari Boyolali. Perjalanannya di dunia militer telah mengangkatnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia dari tahun 2004 hingga 2009. Tentara Angkatan Laut ini juga pernah menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Pertahanan dan Keamanan dari tahun 2010 hingga 2014. Pria 74 tahun ini merupakan panglima pertama yang bukan berasal dari kesatuan Angkatan Darat dalam sejarah Indonesia.

5. Wiranto.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: liputan6.com

Jenderal TNI Wiranto merupakan politikus dan tokoh militer Indonesia yang juga berasal dari Boyolali. Tercatat kini Wiranto menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia periode Joko Widodo semenjak tahun 2016 lalu.

Pria 71 tahun ini juga pernah menjadi ajudan Presiden Soeharto tahun 1987 hingga 1991. Di luar karier militernya, Wiranto juga sempat maju sebagai kandidat presiden pada tahun 2004. Saat itu, ia maju bersama pasangan kandidat wakil presiden Salahuddin Wahid.

6. Prof. Dr. Suharso.

tokoh nasional asal boyolali © 2018 Istimewa

foto: Google+/ Lingga Pratama

Prof. Dr. Suharso merupakan dokter ahli bedah dan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Boyolali. Kemampuannya dalam bidang kesehatan membuat Suharso terpanggil untuk membantu para pejuang yang menjadi korban perang.

Pria yang menghembuskan napas terakhirnya pada 27 Februari 1971 di Solo ini mendapat julukan sebagai Bapak Orthopedic Indonsia berkat kontribusinya saat itu. Tak sampai di situ, Suharso juga mendirikan Rumah Sakit Ortopedi dan Yayasan Anak-Anak Cacar di Surakarta (YPAC) pada tahun 1953.

Recommended By Editor

Comments