6 Tips Pengolahan Jamu Sendiri di Rumah

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Tips Pengolahan Jamu Sendiri di Rumah

6 Tips Pengolahan Jamu Sendiri di Rumah

KEPONEWS.COM - 6 Tips Pengolahan Jamu Sendiri di Rumah Selain mengonsumsi makanan bergizi dan banyak vitamin lainnya, seperti vitamin C, D dan E, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh ialah mengonsumsi jamu-jamuan terbuat dari...

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan banyak vitamin lainnya, seperti vitamin C, D dan E, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh ialah mengonsumsi jamu-jamuan terbuat dari tumbuhan obat atau rempah-rempah.

Mengonsumsi jamul-jamuan memang tak asing dilakukan oleh masyarakat Indonesia, sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan. Apalagi saat pandemi corona seperti saat ini, saat kekebalan atau imunitas tubuh wajib dijaga agar tidak terinfeksi COVID-19.

Kalau Kamu memilih untuk mengolah sendiri jamu di rumah untuk dikonsumsi, ada sederet protokol kesehatan yang harus diperhatikan loh! Agar tak salah cara pengolahan, berikut paparan tips pengolahan jamu di rumah tangga, yang termasuk dalam panduan Cegah COVID-19 Sehat untuk Semua yang diterbitkan BPOM Indonesia, seperti yang Okezone terima Selasa (26/5/2020).

Jamu

1. Penyimpanan bahan : Cuci bahan segar jamu memakai air mengalir dan keringkan lalu lalu simpan dalam tempat bersih dan kering.

2. Selama pengolahan : Pastikan kebersihan alat dan bahan-bahan yang digunakan, pastikan tempat dan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih, dan gunakanlah peralatan yang terbuat dari stainless steel.

3. Kebersihan pembuat jamu : Gunakan pakaian bersih, cuci tangan dulu memakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sebelum mengolah jamu. Orang yang membuat jamu juga wajib pakai masker dan sarung tangan.

4. Saat membuat : Gunakan air bersih dan rebus air sampai mendidih.

Selanjutnya

Comments