6 Tips merawat sepatu berbahan kanvas biar nggak cepet rusak

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Tips merawat sepatu berbahan kanvas biar nggak cepet rusak

6 Tips merawat sepatu berbahan kanvas biar nggak cepet rusak

KEPONEWS.COM - 6 Tips merawat sepatu berbahan kanvas biar nggak cepet rusak Siapa sih, yang nggak pernah pakai atau punya sepatu berbahan kanvas? Sepatu jenis ini sering dipakai dalam banyak sekali suasana karena dianggap awet, nyaman dipakai dan mudah dirawat.Modelnya yang c...

Siapa sih, yang nggak pernah pakai atau punya sepatu berbahan kanvas? Sepatu jenis ini sering dipakai dalam banyak sekali suasana karena dianggap awet, nyaman dipakai dan mudah dirawat.

Modelnya yang cenderung lebih santai membuat sepatu ini semakin digemari untuk kegiatan sehari-hari. Sepatu berbahan kanvas saat ini sudah tersedia dalam banyak sekali macam model, seperti sneakers, flats, dan juga high heels.

Kegunaannya yang pas untuk menemani banyak sekali kegiatan aktivitas membuat sepatu jenis ini rentan kotor dan cepat rusak. Kamu pasti pernah ngalamin kan?

Nah, tapi jangan khawatir. Untuk mengantisipasi kerusakan dan memperlama usia pakai sepatu kanvas kesayanganmu itu. sebenarnya ada 6 tips mudahnya kok. Dilansir dari banyak sekali sumber, Jumat (12/1), cek langsung ulasannya di bawah ini.

1. Tunggu kering kotoran yang menempel pada sepatu kanvas.

foto: pxhere.com

Kalau sepatu kanvas kamu terkena noda lumpur jangan panik dulu. Noda lumpur yang menempel tidak cukup kalau dibersihkan dengan tisu basah.

Tapi kalau noda lumpur yang menempel cukup banyak, sebisa mungkin jangan langsung dicuci dengan air. Lebih baik biarkan noda lumpur itu mengering terlebih dahulu. Setelah kering baru kamu bersihkan dengan cara menepuk bagian yang terkena lumpur sampai rontok atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan.

2. Gunakan dua jenis sabun pencuci: deterjen atau sabun cuci piring.

foto: caramembuat.com

Setelah kamu pastikan tak ada sisa kotoran yang menempel, kamu bisa segera mencuci sepatu kanvas dengan dua pilihan sabun pencuci. Tergantung dengan kebutuhan dan kondisi sepatu kanvasmu.

Jikalau dirasa sepatu kanvas sangat kotor, kamu bisa menggunakan sabun cuci deterjen. Bilas dengan air kemudian sikat secara perlahan.

Nah, tapi kalau sepatu kanvasmu tidak terlalu kotor, sebaiknya gunakan sabun cuci piring. Sabun cuci jenis ini dianggap lebih ringan, jadi tak akan membuat warna sepatumu luntur. Hindari juga sabun cuci yang mengandung pemutih ya!

3. Jangan langsung menuangkan sabun di atas sepatu kanvas.

foto: ade21.id

Kalau mau warna sepatu kanvasmu awet dan tampak selalu baru, jangan sekali-kali melumuri sepatumu dengan sabun secara langsung. Lebih baik rendamlah sepatu kanvas kamu di dalam ember berisi air campuran sabun deterjen atau sabun cuci piring.

Rendam sejenak dalam ember, kemudian sikat perlahan dengan menggunakan sikat yang halus dengan gerakan memutar.

4. Bilas dengan air hangat.

foto: pxhere.com

Setelah direndam dan menyikat semua bagian sepatu hingga bersih, saatnya kamu menghapus sisa-sisa sabun di sepatu kanvasmu. Untuk menjaga warna sepatumu tampak lebih cerah pada akhirnya, bilaslah sepatu kanvasmu dengan air hangat.

Membilas dengan air hangat menjadi pilihan tepat karena bisa membuka pori-pori sepatu sekaligus membunuh kuman yang masih tersisa di dalamnya.

5. Keringkan di bawah sinar matahari.

foto: dsvnshop.com

Cara terbaik mengeringkan sepatu kanvas merupakan menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup. Pastikan mengeringkannya di siang hari dan jangan membiarkannya semalaman di luar ruangan.

Embun pagi justru akan membuat sepatumu kembali lembap dan rentan bau kalau dipakai. Untuk pengeringan yang maksimal kamu bisa memasukkan kain tebal ke dalam sepatu sebelum menjemurnya.

6. Jangan coba-coba menggunakan mesin cuci.

foto: fifgroup.com

Meski mencuci sepatu dengan mesin cuci dirasa lebih mudah dan efisien, tetapi ini merupakan cara yang perlu dihindari. Karena sepatu berbahan kanvas yang dicuci menggunakan mesin cuci akan sangat mudah rusak dan memperpendek jangka pakainya.

Selamat mencoba ya, Sobat!



Comments