6 Tips Detoks Digital, Kurangi Waktu Main Media Sosial

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Tips Detoks Digital, Kurangi Waktu Main Media Sosial

6 Tips Detoks Digital, Kurangi Waktu Main Media Sosial

KEPONEWS.COM - 6 Tips Detoks Digital, Kurangi Waktu Main Media Sosial Sosmed terkadang membuat pengguna lupa waktu karena terlalu sering memakai sosmed. Hal ini dapat menyebabkan pengguna mudah terdistraksi ketika mengerjakan tugas sehari-hari. Oleh karena itu, pengguna...

Sosmed terkadang membuat pengguna lupa waktu karena terlalu sering memakai sosmed. Hal ini dapat menyebabkan pengguna mudah terdistraksi ketika mengerjakan tugas sehari-hari. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan detoks digital.

Detoks digital mengacu pada kurun waktu ketika pengguna secara sukarela menahan diri dari memakai perangkat digital seperti smartphone hingga platform sosmed. Ada beberapa tips detoks digital yang bisa dilakukan pengguna.

Semakin banyak penggunaan gadget, umumnya pikiran pengguna akan semakin terdistraksi. Ini akan menyebabkan pengguna lambat menyelesaukan tugas yang diberikan.

Pengguna dapat membatasi berita dan notifikasi pada gadget. Pembatasan tersebut bisa melalui detoks digital. Dilansir dari akun Instagram resmi Kemenkominfo pada Rabu (26/10/2022), berikut ini enam tips detoks digital:

Piala Presiden Esports 2022 Momentum Dorong Ekonomi Digital Indonesia

1. Matikan notifikasi sosmed
Dengan mematikan atau menonaktifkan notifikasi sosmed, pengguna tidak akan terdistraksi lagi dengan chat yang masuk.

2. Unduh software hanya jikalau dibutuhkan
Banyaknya software akan membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu memakai smartphone. Oleh karena itu, hapus software yang tidak berguna dan unduh software hanya ketika software itu dibutuhkan.

Selain itu, banyaknya software yang diunduh juga akan membuat penyimpanan ponsel pengguna cepat penuh.

3. Berhenti langganan newsletter email yang tidak terlalu penting
Pengguna dapat berhenti berlangganan newsletter email yang tidak terlalu penting guna mengurangi waktu berinteraksi dengan internet.

4. Ambil waktu istirahat tanpa gadget
Pengguna harus beristirahat tanpa memakai gadget. Lakukan hal ini secara bertahap agar tidak terlalu sulit. Pengguna bisa mulai dari 10 menit tanpa memakai smartphone hingga satu jam.

Langgar UU Omnibus Law dalam Urusan TV Digital, Pemerintah Kehilangan Legitimasi

Ilustrasi Membaca Buku (Pixabay/Pexels)Ilustrasi Membaca Buku (Pixabay/Pexels)

5. Membaca buku
Pengguna dapat memperkaya berita dengan membaca buku daripada bermain sosmed. Kegiatan ini juga membuat pengguna rehat sejenak dari memakai smartphone.

Comments