6 Tips belajar online biar kamu tambah pintar dan nggak mudah stres

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Tips belajar online biar kamu tambah pintar dan nggak mudah stres

6 Tips belajar online biar kamu tambah pintar dan nggak mudah stres

KEPONEWS.COM - 6 Tips belajar online biar kamu tambah pintar dan nggak mudah stres Selama pandemi Covid-19 merebak, proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Metode pembelajaran jarak jauh ini pun punya tantangan tersendiri, baik bagi siswa maupun pengajar. Karena tidak bisa...

Selama pandemi Covid-19 merebak, proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Metode pembelajaran jarak jauh ini pun punya tantangan tersendiri, baik bagi siswa maupun pengajar. Karena tidak bisa bertatap muka secara langsung, metode ini menuntut guru harus lebih memahami pemanfaatan teknologi saat memberikan materi pelajaran. Sebaliknya, peserta didik dituntut lebih disiplin saat mengikuti pelajaran.

Selain itu, mereka juga mesti kreatif saat belajar online. Selain materi yang diberikan guru, para siswa atau mahasiswa juga bisa memanfaatkan banyak sekali platform pendidikan, salah satunya laman tambah pinter.

Di laman ini, peserta didik bisa menemukan banyak materi pelajaran dan juga soal latihan. Nah agar nyaman belajar di rumah, berikut tips yang bisa kamu aplikasikan saat belajar online.

1. Mengatur waktu dengan baik

Tips Belajar Online © 2020gateway2counseling.com

Meski tidak diawasi secara langsung, kamu harus mengatur waktu dengan baik sesuai jadwal sekolah. Buat mereka yang belum terbiasa belajar mandiri atau butuh pendampingan, seperti siswa PAUD, TK, dan SD bisa dibantu orang tua.

Luangkan waktu untuk berisitirahat karena ini sangat penting. Sesekali kamu juga bisa berolahraga atau melakukan peregangan agar saat kelas dimulai lagi badan menjadi lebih segar. Selain itu, sebaiknya kamu menyicil tugas yang diberikan supaya tidak menumpuk dan malah bikin stres.

2. Siapkan kebutuhan belajar online

Tips Belajar Online © 2020news.umich.edu

Sebelum kelas online dimulai, ada baiknya kamu mempersiapkan banyak sekali kebutuhan seperti komputer, laptop, tablet atau smartphone. Pastinya kamu harus punya koneksi internet yang stabil ya. Selain itu, untuk keperluan mencatat sebaiknya disiapkan alat tulis.

Saat kegiatan belajar dimulai, kamu harus lebih konsentrasi. Sebaiknya singkirkan dahulu benda-benda atau aktivitas yang dapat mengganggu. Hal ini juga berlaku bagi para orang tua yang mendampingi si kecil saat belajar. Jauhkan mainan dari anak-anak.

3. Sebaiknya cari tempat belajar yang nyaman

Tips Belajar Online © 2020techsmith.com

Meski belajar di rumah, bukan berarti semua tempat atau ruangan yang ada nyaman digunakan untuk belajar. Nah buat kamu para kaum rebahan sebaiknya hindari deh belajar sembari rebahan di tempat tidur. Hal ini justru membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi dan badan terasa pegal-pegal.

Karena itu, sebaiknya kamu siapkan tempat belajar yang nyaman. Layaknya di sekolah, gunakan meja dan kursi yang empuk serta penerangan bagus. Dengan begitu, semua materi dari guru dapat diserap dengan mudah. Manfaatkan waktu istirahat untuk makan atau berjalan-jalan mencari udara segar.

4. Kerjakan latihan soal dan pendalaman

Tips Belajar Online © 2020UNICEF/UNI304637/Ma

Setiap guru memakai metode belajar online dengan caranya masing-masing. Ada yang mengirimkan dokumen, video atau audio pembelajaran. Ada juga yang melakukan meeting class melalui software konferensi. Nah bila kamu kesulitan, sebaiknya bertanya melalui room chat atau berdiskusi dengan teman-teman.

Meski belajar di rumah, bukan berarti kamu bisa terus-terusan bersantai ya. Gunakan waktu luang untuk mengerjakan soal latihan serta melakukan pendalaman. Dengan begitu, saat deadline tiba, semua sudah selesai.

5. Lakukan hidup sehat

Tips Belajar Online © 2020ashford.edu

Nah biar belajar online mudah diterima dan efektif hasilnya, hal terpenting yang harus kamu lakukan merupakan menjaga kesehatan. Jangan terlalu stres dan lakukan aktivitas seperti berolahraga minimal seminggu sekali. Dengan begitu tubuh tetap bugar dan pikiran lebih segar.

Selain itu, imbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Hal ini bisa membuat tubuh kamu tetap sehat dan bisa melanjutkan pembelajaran daring dengan penuh semangat.

6. Gunakan platform belajar yang mudah dan menyenangkan

Tips Belajar Online © 2020skooli.com

Kamu juga bisa memanfaatkan platform belajar yang dapat ditemukan secara mudah. Tujuannya agar kamu mendapatkan berita tambahan dan tidak terpaku pada materi atau penjelasan guru saja. Salah satunya laman tambahpinter.com yang menyediakan materi sekolah hingga perkuliahan. Bahkan laman ini juga menyajikan materi pengembangan diri dan penghasilan. Cocok nih buat para mahasiswa. Kamu tinggal menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan deh.

Recommended By Editor

Comments