6 Tempat Wisata Balikpapan yang Dikenal Punya Pemandangan Indah

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

6 Tempat Wisata Balikpapan yang Dikenal Punya Pemandangan Indah

6 Tempat Wisata Balikpapan yang Dikenal Punya Pemandangan Indah

KEPONEWS.COM - 6 Tempat Wisata Balikpapan yang Dikenal Punya Pemandangan Indah Bila kamu berlibur ke Kalimantan Timur, agendakan waktu untuk berkunjung ke banyak sekali tempat wisata Balikpapan yang populer. Dalam perkembangannya, Balikpapan dan sekitarnya sedang digencarkan seb...

Bila kamu berlibur ke Kalimantan Timur, agendakan waktu untuk berkunjung ke banyak sekali tempat wisata Balikpapan yang populer. Dalam perkembangannya, Balikpapan dan sekitarnya sedang digencarkan sebagai salah satu destinasi wisata nasional yang favorit. Simak rekomendasi tempat wisata Balikpapan yang harus kamu kunjungi.

1. Hutan Bambu

Ekowisata Bamboe Wana Desa di Kampung Pati, Balikpapan. (Instagram/@bambu_ndeso)Ekowisata Bamboe Wana Desa di Kampung Pati, Balikpapan. (Instagram/@bambu_ndeso)

Terletak sekitar 30 menit perjalan dari pusat Kota Balikpapan, terdapat hutan bambu yang merupakan daerah ekowisata Bamboe Wana Desa di Kampung Pati. Tempat wisata Balikpapan terbaru ini menyediakan spot wisata menarik, seperti gazebo, photobooth, dan ada penyewaan kapal untuk berkeliling mengitari daerah waduk.

2.Pantai Kemala

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Masih Sepi

Pantai Kemala juga disebut sebagai Pantai Polda yang ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Mempunyai hamparan pasir putih dan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat wisatawan betah mengunjungi pantai ini. Ombaknya relatif tenang dan wisatawan bisa leluasa bermain air, duduk di pinggir pantai, dan menyusuri tepi pantai yang indah. DIsediakan pula wahana permainan air seperti banana boat dan jet ski.

3. Pantai Melawai

Pantai Melawai di Balikpapan. (Instagram/@adifarizi_03)Pantai Melawai di Balikpapan. (Instagram/@adifarizi_03)

Bisa dibilang, pantai Melawai ini menjadi tujuan favorit kaum muda menghabiskan waktu. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan Kota Balikpapan sekaligus pemandangan laut yang indah. Kamu dapat menyaksikan lalu lintas banyak sekali macam kapal hingga Pulau Tukung. Momen terbaik mengunjungi tempat wisata Balikpapan ialah saat matahari terbenam. Di sini pengunjung dapat mengakses fasilitas di sekitar pantai mulai dari restoran, tempat karaoke, kafe hingga hotel.

4. Danau Cermin Lamaru

Wisata alam di Balikpapan tak hanya seputar pantainya saja yang indah. Ada juga danau indah seperti Danau Cermin. Dulunya, danau ini merupakan daerah penggalian tambang yang kini sudah tidak dikelola. Sesuai dengan namanya, Danau Cermin mempunyai perairan yang jernih. Airnya yang jernih berasal dari mata air yang mengalir dari bawah cekungan danau. Air jernih Danau Cermin, memantulkan pemandangan di sekitarnya. Pengunjung dapat menyewa perahu kecil untuk menyusuri danau. Kamu bisa mengunjungi danau ini pada sore hari saat burung-burung berterbangan dan pemandangan sunset yang memukau.

Indonesia dan 6 Negara Ini Lakukan Pembatasan Masuknya WN Asing

5. Bukit Bingkarai

Kalau Kamu tertarik berwisata di area perbukitan, coba kunjungi wisata alam Bukit Bangkirai yang merupakan tempat konservasi hutan semenjak tahun 1998. Mempunyai luas 1.500 hektar dan dihuni 2.800 flora dan fauna. Tempat wisata Balikpapan yang berjarak 40 km dari pusat Kota Balikpapan ini banyak ditumbuhi pepohonan. Salah satunya bangkirai atau meranti merah yang merupakan tanaman besar di Indonesia.

Wisatawan juga dapat menjajal canopy bridge dengan ketinggian 30 meter yang menghubungkan lima pohon bangkirai. Udara yang segar dan rimbunya pepohonan, menjadi daya tarik tersendiri daerah wisata Bukit Bingkarai di Balikpapan.

6. Kampung Atas Air

Kampung Atas Air di Balikpapan. (Instagram/@amilaalfahmy)Kampung Atas Air di Balikpapan. (Instagram/@amilaalfahmy)

Tempat wisata Balikpapan berikutnya yang unik ialah Kampung Atas Air. Letaknya tak jauh dari Kota Balikpapan, hanya sekitar 5 km. Seperti namanya, Kamu dapat menikmati suasana perkampungan yang berada di atas permukaan laut. Kamu bisa menyaksikan bakau, berkeliling kampung, melihat keindahan kampung dari jembatan beton sambil menikmati pemandangan sunset. Di daerah ini juga banyak gazebo yang digunakan warga lokal untuk menjajakan beragam masakan Balikpapan yang lezat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Balikpapan yang bisa Kamu kunjungi saat berada di Balikpapan.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Comments