6 Seleb Korea ini pernah sengaja hindari wamil, berhasil nggak ya?

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Seleb Korea ini pernah sengaja hindari wamil, berhasil nggak ya?

6 Seleb Korea ini pernah sengaja hindari wamil, berhasil nggak ya?

KEPONEWS.COM - 6 Seleb Korea ini pernah sengaja hindari wamil, berhasil nggak ya? Di balik hingar bingar dunia hiburan Korea Selatan, ada satu ketakutan tersendiri bagi para selebriti, terutama laki-laki. Apa itu? Tak lain dan tak bukan yakni wajib militer. Wajib militer (wamil) me...
Loading...

Di balik hingar bingar dunia hiburan Korea Selatan, ada satu ketakutan tersendiri bagi para selebriti, terutama laki-laki. Apa itu? Tak lain dan tak bukan yakni wajib militer. Wajib militer (wamil) merupakan suatu keharusan bagi setiap pria Korea Selatan yang berumur 18-30 tahun. Namun tetap saja bikin fans dan idola takut karena harus vakum dari dunia hiburan selama 2 tahun.

Nah, para bintang Korea ini kebanyakan akan mengikuti wamil di usia batas maksimal yakni 30 tahun. Tentunya ini akan menjadi hal berat, karena mereka tak bisa lagi tampil di dunia hiburan selama 2 tahun. Terkadang ada ketakutan fans akan meninggalkan idolanya mengingat setiap bulannya ada banyak pendatang baru di dunia hiburan.

Namun, di balik kegiatan yang wajib diikuti oleh semua pria Korea Selatan itu, ternyata ada beberapa seleb yang dengan sengaja pernah menghindari wamil lho. Bahkan karena skandal itu ada yang akhirnya dideportasi dan tak diperbolehkan masuk Korea Selatan lagi.

Penasaran siapa aja? Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, seleb Korea yang dengan sengaja pernah hindari wamil, Minggu (14/5).

1. Song Seung-heon

foto: kdramastars

Pada tahun 2004, aktor Song Seung-heon dengan sengaja menghindari wajib militer dengan cara memalsukan hasil tes kesehatan. Ia dengan sengaja menenggak obat-obatan yang membuatnya tak lolos uji kesehatan. Hasil tes kesehatan menunjukan bahwa ia menderita penyakit darah tinggi dan diabetes. Namun hasil tes palsu tersebut akhirnya diketahui oleh pemerintah. Song Seungheon akhirnya mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada publik. Pria kelahiran 5 October 1976 tersebut kemudian menjalani wamil dan selesai pada tanggal 15 November 2006.

2. PSY

foto: KpopStarz

Pelantun "Gangnam Style" ini memilih mengikuti wajib militer golongan 4 pada tahun 2003 di usia 26 tahun. PSY ditempatkan bekerja kantoran pada firma peranti lunak. Menurut laporan The Korea Times, selama wajib militer itu ia malah mengadakan lebih dari 52 konser dan muncul di televisi. Konsekuensinya, di tahun 2007, PSY harus mengulangi wajib militer dengan tugas aktif dan selesai tahun 2009 lalu.

3. Jang Hyuk

foto: koreandrama.org

Ia bersama dengan Song Seung-heon tertangkap tangan telah mengakali kewajiban wajib militer dengan sengaja menenggak obat-obatan yang membuat mereka tak lolos uji kesehatan. Di bawah tekanan publik, keduanya segera melaporkan diri untuk menjalani wajib militer dan selesai di tahun 2006. Bintang film Volcano High itu langsung kembali ke dunia hiburan di tahun yang sama.

4. Steve Yoo

foto: allkpop

Steve Yoo yang memiliki nama asli Yoo Seung-jun, ialah penyanyi papan atas Korea yang namanya meredup pada tahun 2002 ketika dia menghindari untuk wajib militer. Steve memang tinggal di Amerika Serikat semenjak usia 13 tahun, namun dia sengaja berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Amerika pada tahun 2002 silam, tepat ketika dirinya dipanggil untuk melaksanakan wajib militer. Steve pun dideportasi dan tidak boleh lagi masuk ke wilayah Korea Selatan. Tahun 2015 lalu secara terbuka ia menyampakain permintaan maafnya. Seleb kelahiran 15 Desember 1976 itu mengaku menyesal atas perbuatannya yang mangkir ketika mendapat panggilan untuk wamil.

5. Kim Moo-yeol

foto: allkpop

Aktor Kim Moo-yeol dianggap dengan sengaja menghindari wajib militer dengan alasan 'terlalu miskin'. Agensi Muyeol mengaku pernyataan itu muncul karena semenjak kecil Moo Yeol menjadi tulang punggung keluarga dan harus bekerja serabutan agar keluarganya bisa bertahan hidup. Setelah mendapat tekanan dari publik, pada 4 Oktober 2012 bintang film The Scam itu akhirnya memutuskan untuk melaksanakan wajib militer dengan suka rela untuk membersihkan namanya lagi.

6. MC. Mong

foto: soompi

MC Mong dituduh sengaja mangkir dari wajib militer pada tahun 2010. Kabarnya ia membayar dokter gigi agar mencabut dua giginya, sehingga ia tak perlu menjalankan wajib militer. Ketahuan oleh pemerintah, akhirnya MC Mong dituntut 6 bulan penjara, masa percobaan satu tahun dan kerja sosial selama 120 jam karena dianggap sengaja menunda wajib militer.

Yang akan terjadi skandal ini MC Mong dituntut mundur dari acara televisi yang ia pandu dan praktis menghilang dari dunia hiburan. Bukan itu saja, dua stasiun televisi besar Korea, KBS dan MBC juga melarang MC Mong untuk tampil dalam acara mereka.

(fen)

Comments