6 Ritel ternama yang akhirnya gulung tikar, imbas e-commerce?

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Ritel ternama yang akhirnya gulung tikar, imbas e-commerce?

6 Ritel ternama yang akhirnya gulung tikar, imbas e-commerce?

KEPONEWS.COM - 6 Ritel ternama yang akhirnya gulung tikar, imbas e-commerce? Transaksi online telah merasuk ke banyak sekali usaha, baik jasa maupun barang. Alhasil, perilaku berbelanja masyarakat pun perlahan-lahan mulai berubah ke transaksi ini. Di Indonesia, cara belanja on...

Transaksi online telah merasuk ke banyak sekali usaha, baik jasa maupun barang. Alhasil, perilaku berbelanja masyarakat pun perlahan-lahan mulai berubah ke transaksi ini. Di Indonesia, cara belanja online mulai pesat semenjak 2014 silam. Contoh mudah yang bisa dijumpai -bahkan dijalani- merupakan jasa ojek online, taksi online, belanja online, pemesanan tiket online, hingga transaksi keuangan.

Hasil survei The Nielsen Global Survey of E-Commerce, diketahui sekitar setengah dari konsumen Indonesia berencana untuk membeli secara online tiket pesawat (55%) serta melakukan pemesanan hotel dan biro perjalanan (46%) dalam enam bulan ke depan.

Empat dari sepuluh konsumen (40%) berencana untuk membeli buku elektronik (ebook), hampir empat dari sepuluh konsumen berencana untuk membeli pakaian/aksesori/sepatu (37%), dan lebih dari sepertiga konsumen merencanakan untuk membeli tiket acara (34%) secara online.

Dampak dari perubahan perilaku belanja online ini ialah tutupnya sejumlah ritel besar. Sebagian mereka tidak benar-benar tutup, tapi juga beralih ke online shop. Mereka menutup toko fisiknya.

Berikut ini beberapa ritel yang menutup toko fisiknya, dikutip dari banyak sekali sumber, Senin (20/11).

1. H&M.

foto: themercury.com.au

Ritel bidang fashion ini terpaksa tutup secara permanen semenjak November 2017.

2. Ramayana.

foto: merdeka.com

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk menutup delapan gerai divisi supermarket pada Agustus lalu. Tapi, langkah ini tidak sepenuhnya tutup melainkan dialihfungsikan.

3. Matahari Department Store.

foto: wikipedia

Matahari Department Store menutup dua gerainya di Pasaraya Blok M dan Manggarai. Sekarang Matahari juga melakukan transaksi secara online.

4. Kmart.

foto: ocregister.com

Sears Holdings bersiap menutup puluhan gerainya, di antaranya merupakan Kmart dan Sears. Perusahaan ini tengah mengubah model usaha dari gerai fisik ke digital.

5. Lotus Department Store.

foto: Skyscrappercity

Ritel ini juga tinggal menunggu waktu untuk menutup gerainya di Indonesia. Perubahan pola belanja ke online menjadi alasannya.

6. Sears.

foto: ocregister.com

Toko ini satu grup dengan Kmart yang juga sama-sama ditutup oleh Sears Holdings.

(swh)

Comments