6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana?

6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana?

KEPONEWS.COM - 6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana? KUTUB Utara dan Kutub Selatan ialah dua daerah di muka bumi yang letaknya berlawanan serta sangat berjauhan. Kedua kutup itu permukaannya sama-sama didominasi oleh es. Namun, Kutub Utara dan Selatan m...

KUTUB Utara dan Kutub Selatan ialah dua daerah di muka bumi yang letaknya berlawanan serta sangat berjauhan. Kedua kutup itu permukaannya sama-sama didominasi oleh es.

Namun, Kutub Utara dan Selatan mempunyai beberapa perbedaan mendasar, termasuk dalam suhunya.

Lumba-Lumba Belang Langka Muncul Setelah 20 Tahun

Dirangkum dari Polar Discovery dan Youtube Red White Channel, berikut hal-hal yang membedakan Kutub Utara dan Kutub Selatan:

Hewan

Di Kutub Utara, Kamu akan menemukan beruang kutub. Di sana, mereka akan memangsa anjing laut atau paus-paus yang terdampar.

ilustrasi

Beruang kutub (WWF)

Sementara di Kutub Selatan atau Antartika Kamu hanya akan menemukan penguin. Penguin di Kutub Selatan tidak mempunyai pemangsa alami sehingga bisa menempati puncak rantai makanan. Penguin berevolusi dari burung yang tidak bisa terbang dan memanfaatkan sayapnya menjadi sirip untuk berenang.

Emas Hitam

Menurut data dari USGS (United States Geological Survey), Kutub Utara menyimpan satu per empat dari cadangan minyak yang belum digali di seluruh dunia. Karena banyaknya cadangan minyak, Rusia mengklaim dan menandai sebagian besar wilayah Kutub Utara sebagai wilayahnya. Amerika Serikat pun ikut mengklaim bagiannya di dekat Alaska dengan mengirimkan kapal pemecah es.

Rahasia Pengeras Suara Madjidil Haram yang Perlu Traveler Tahu

Kutub Selatan sebenarnya juga diperkirakan menyimpan endapan minyak, terutama di sekitar Laut Ross. Namun, setiap negara dilarang keras mengeksploitasi bagian-bagian di Antartika. Sebagaimana yang disebutkan dalam Perjanjian Antartika pada 1959.

Benua dan Lautan

Wilayah es di Arktik atau Kutub Utara sejatinya lautan beku yang dikelilingi darat. Luasnya 5,4 juta mil persegi dan sering disebut Lingkaran Arktik. Berbeda dengan Antartika atau Kutub Selatan yang merupakan benua seluas 6 juta mil persegi.

ilustrasi

Es di Antartika (Unplash)

Terdapat banyak sekali bentang alam seperti gunung, lembah, dan danau yang ditutup es di Kutub Selatan. Semua itu dikelilingi oleh lautan.

Penghuni

Antartika bukan milik negara lain dan tidak pernah dijajah. Tidak ada orang asli yang berasal dari benua Antartika. Seluruh wilayah di Antartika diatur oleh perjanjian di mana seluruh sumber dayanya hanya boleh digunakan untuk tujuan tenang dan ilmiah.

Orang yang datang ke Antartika hanya datang untuk mendalami ilmu pengetahuan dan melakukan penelitian ataupun riset.

Sementara itu, Arktik dimiliki oleh beberapa negara seperti Kanada, Greenland, Rusia, Islandia, Belgia, Finlandia, Swedia, dan Amerika Serikat. Penduduknya mencapai 4 juta orang. Di sana terdapat desa-desa kecil dan kota seperti Norwegia, Alaska, Barrow, dan sebagainya.

Comments