6 Pasar unik bisa kamu temui di Indonesia, keberagaman Tanah Air

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Pasar unik bisa kamu temui di Indonesia, keberagaman Tanah Air

6 Pasar unik bisa kamu temui di Indonesia, keberagaman Tanah Air

KEPONEWS.COM - 6 Pasar unik bisa kamu temui di Indonesia, keberagaman Tanah Air Apa yang ada di pikiran kamu bila mendengar kata pasar? Para pedagang, pembeli dan pastinya beragam dagangan mereka seperti sayuran, hewan ternak hingga yang unik-unik pun bisa kamu temui. Sebagai neg...
Loading...

Apa yang ada di pikiran kamu bila mendengar kata pasar? Para pedagang, pembeli dan pastinya beragam dagangan mereka seperti sayuran, hewan ternak hingga yang unik-unik pun bisa kamu temui. Sebagai negara dengan 34 provinsi yang terdapat ribuan kabupaten, kamu bisa bayangkan dong berapa jumlah pasar di negara kita ini? Banyak kan.

Bukan Indonesia namanya kalau nggak ada hal yang unik-unik. Termasuk pasar-pasar yang ada di Indonesia, beberapa dari pasar tersebut nggak akan bisa kamu temui di tempat lain, cuma di Indonesia aja nih. Nggak percaya? Yuk simak 6 pasar unik yang di Indonesia ini seperti dilansir dari banyak sekali sumber, Jumat (5/1). Bukti tanah Ibu Pertiwi menyimpan banyak keunikan.

1. Pasar 46 di Jambi.

foto: revivemagazine.net

Dari namanya aja sudah bikin kamu bertanya-tanya kan? Pasar 46 ini terletak di Jalan Baru, perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muora, pasar ini sebenarnya menjual beragam dagangan yang bisa kamu temui di pasar-pasar lainnya. Yang bikin unik dari pasar ini merupakan durasi bukanya, para pedagang di pasar ini hanya membuka lapaknya selama dua jam dari pukul 4 sore hingga sore, selebihnya mereka akan pulang ke rumah masing-masing.

2. Pasar Kaget di Wamena.

foto: pasarindonesiablog.wordpress.com

Ada yang tak biasa dengan pasar kaget yang satu ini, jikalau biasanya kamu menemui pasar yang dibuka di pinggir jalan maka beda dengan pasar kaget di Wamena ini. Pasar kaget yang satu ini berada di tengah hutan lho. Dagangannya pun nggak kalah unik, pasar ini menjual barang-barang seperti koteka, kalung hingga tombak. Selain para pedagang di sini juga menggunakan pakaian khas Papua, Indonesia banget ini sih ya.

3. Pasar Bolu di Toraja.

foto: commons.wikimedia.org

Pasar ini menjual kerbau sebagai komoditas utamanya. Yang unik dari pasar Bolu ini merupakan, kamu bisa menemukan kerbau yang harganya sampai ratusan juta. Tanah Toraja memang dikenal sebagai daerah yang memiliki kerbau dengan kualitas dan harga yang tinggi, selain itu Pasar Bolu ini juga menjadi pasar kerbau di dunia.

4. Pasar Tomohon di Manado.

foto: dailymail.co.uk

Kamu pasti sudah sering mendengar nama pasar yang satu ini bukan? Pasar Tomohon merupakan pasar kebanggakan masyarakat Manado yang sudah tersohor di Indonesia bahkan sampai dunia. Pasar ini menjadi unik karena dagangan yang dijajakan para pedagang sangat amat tidak biasa, di sini kamu bisa menemukan banyak sekali jenis hewan yang nggak lazim, seperti hewan kelelawar, tikus, daging ular, anjing hingga monyet. Bagi masyarakat di sana, hewan-hewan tersebut biasa di konsumsi.

5. Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin.

foto: id.wikipedia.com

Dari gambarnya saja kamu pasti sudah langsung familiar dengan pasar yan satu ini. Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin menjadi salah satu pasar yang sering dijadikan destinasi wisatawan dari dalam hingga luar negeri. Kalau biasanya pasar identik dengan sebuah bangunan, maka beda lagi sama pasar ini, kamu bisa merasakan sensasi belanja di atas sampan yang disebut kelotok oleh masyarakat Banjarmasin.

6. Pasar Bisu di Sumatera Barat.

foto: kebudayaanIndonesia.com

Pasar Bisu di Sumatera Barat ini jadi yang paling unik dari yang lain. Gimana nggak nih, di sini kamu akan melihat transaksi antara penjual dan pembeli yang nggak biasa. Jikalau biasanya proses tawar menawar diwarnai dengan argumen, maka di sini kamu nggak akan menemukan hal tersebut. Proses transaksi di pasar bisu ini menggunakan tradisi yang disebut Marosok, proses transaksi dengan tradisi ini melibatkan antara pembeli dan pedagang yang melakukan tawar menawar dengan jari-jari mereka yang tertutup dengan kain tanpa bersuara. Hal tersebut bertujuan agar harga yang sudah mereka sepakati tidak diketahui banyak orang.

(del)

Comments