6 Momen berpuasa Ramadan di Korea Selatan, beda dengan Indonesia

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Momen berpuasa Ramadan di Korea Selatan, beda dengan Indonesia

6 Momen berpuasa Ramadan di Korea Selatan, beda dengan Indonesia

KEPONEWS.COM - 6 Momen berpuasa Ramadan di Korea Selatan, beda dengan Indonesia Merasakan berpuasadi Tanah Air tentu akan berbeda sensasinya jikalau kamu menjalankan puasa di negeri orang. Apalagi jikalau negara tersebut bukanlah negara yang mayoritas Muslim, seperti Korea Selata...

Merasakan berpuasadi Tanah Air tentu akan berbeda sensasinya jikalau kamu menjalankan puasa di negeri orang. Apalagi jikalau negara tersebut bukanlah negara yang mayoritas Muslim, seperti Korea Selatan.

Meski bukan negeri dengan mayoritas penduduk muslim dengan jumlah muslim di Korea Selatan yang sekarang ini mencapai 120.000-130.000 orang, Negeri Ginseng ini ternyata menyimpan begitu banyak cerita menarik seputar pelaksanaan bulan Ramadan lho. Ingin tahu seperti apa? Yuk simak di bawah ini seperti dihimpun dari banyak sekali sumber, Kamis (1/6).

1. Merasakan puasa selama 17 jam, apalagi ketika musim panas.


foto: koreaboo

Bulan Ramadan di beberapa tahun belakangan selalu datang bertempatan dengan musim panas atau summer di negeri lahirnya K-Pop ini. Inilah yang menyebabkan matahari bersinar lebih lama dari biasanya, kurang lebih 17 jam beda dengan Indonesia yang hanya menjalani puasa kurang lebih 13 jam saja. Selain itu, suhu di musim panas Korea akan mencapai 25-38 derajat celcius.

2. Minimnya informasi mengenai Muslim yang melakukan puasa Ramadan.


foto: abna.co

Di Korea Selatan sendiri banyak yang belum tahu wacana bulan Ramadan. Muslim di sana perlu menjaga pandangan lebih ekstra karena tidak ada toko atau restoran yang tutup. Orang-orang Korea juga akan merasa heran kalau kamu tidak makan dan minum di siang hari.

Seperti dikutip dari Koreantimes.co.kr, salah seorang Muslim di Korea, Fahad Abdullah seorang mahasiswa Muslim di Korea mengungkapkan ceritanya perihal berpuasa.

"Ketika itu ada pesta di kelas, ketika melihat aku tidak minum dan makan, guruku bertanya padaku kenapa aku nggak makan, kubilang kalau aku sedang berpuasa Ramadan," ungkapnya.

Gurunya terkejut dan menawari daging sapi, di mana daging merupakan makanan spesial bagi orang Korea, dan hanya dimakan ketika hari besar, atau sedang merayakan sesuatu. "Itu ialah salah satu pengalaman yang membuatku tersentuh mendengar guruku sampai menawari daging untuk berbuka," jelasnya.

3. Masjid yang ramai dari subuh hingga malam hari.


foto: gogossing.kr

Ketika Ramadan mulai tiba, masjid di Korea Selatan akan dibanjiri oleh orang-orang Muslim Korea. Karena jumlah masjid di negara ini masih sedikit, jadi akan sangat terasa sekali bagaimana ramainya suasana Ramadan di daerah masjid. Masjid yang paling ramai merupakan Masjid Central Seoul. Biasanya tempat ibadah itu akan selalu penuh sepanjang bulan Ramadan, dan membludak ketika waktu tarawih tiba.

4. Menu buka puasa ialah menu dari banyak sekali negara.


foto: bbci.co.uk

Seperti dilansir dari SalamKorea.com, masjid-masjid di Korea Selatan tidak hanya akan menyajikan makanan Korea saja. Masjid-masjid tersebut biasanya menyajikan menu makanan dari banyak sekali negara secara bergantian. Hal ini dikarenakan banyaknya masyaralat Muslim di Korea ialah masyarakat pendatang.

5. Waktunya berkumpul dengan sesama Muslim di Korea.


foto: ummahboutique

Karena merupakan agama minoritas di Negeri Ginseng, tentunya membuat pemeluk agama Islam akan menjadikan Ramadan sebagai waktu yang tepat untuk berkumpul, entah untuk berbuka puasa bersama, hingga mengkaji agama bersama-sama. Acara ini tak hanya digelar di Seoul saja, namun di kota besar lainnya seperti Busan.

6. Tradisi sayembara MTQ buat masyarakat Muslim Korea.

Dikutip dari salamkorea.com, KMF (Korean Muslim Federation) memiliki tradisi dilakukan tiap kali bulan Ramadan tiba. Mereka mengadakan sayembara MTQ di Masjid Central Seoul setiap hari Jumat. Kegiatan ini tentu saja untuk mempererat hubungan silaturahmi antar warga muslim di negara ini.

Nah gimana nih Sobat, kalian tertarik nggak buat melaksanakan puasa di Korea Selatan?

(nng)

Comments