6 Manfaat Zumba, Salah Satunya Bisa Redakan Stres

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

6 Manfaat Zumba, Salah Satunya Bisa Redakan Stres

6 Manfaat Zumba, Salah Satunya Bisa Redakan Stres

KEPONEWS.COM - 6 Manfaat Zumba, Salah Satunya Bisa Redakan Stres Zumba merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Tidak sekedar menggerakan badan untuk berkeringat, dengan iringan musik yang diputar, kamu bisa langsung menjadi lebih bahagia. Pada dasarnya,...

Zumba merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Tidak sekedar menggerakan badan untuk berkeringat, dengan iringan musik yang diputar, kamu bisa langsung menjadi lebih bahagia.

Pada dasarnya, tidak ada gerakan khusus dalam zumba karena olahraga ini menekankan pada upaya menggerakan seluruh anggota tubuh.

Tertarik untuk mencoba zumba? Yuk, cari tahu beberapa manfaat zumba berikut!

Ilustrasi zumba (Foto: Shutterstock)Ilustrasi zumba (Foto: Shutterstock)

Meredakan stres

Ahli Fisiologi Beri Tahu Cara Mengatasi Otot Kaku Selain Pijat, Apa Saja?

Pekerjaan menumpuk dan tidak ada habisnya merupakan salah satu pemicu stres. Untuk meredakannya, kamu bisa coba mengikuti kelas senam zumba.

Dengan melakukan gerakan dari pelatih, hormon endorfin akan ikut terlepas dan memicu perasaan bahagia. Musik yang mengiringi zumba juga akan menambah kebahagiaan tersebut.

Menjaga berat badan

Berdasar sebuah jurnal terbitan Journal of Sport Science & Medicine (2012) dalam satu latihan zumba, kalori bisa berkurang hingga 9,5 kkal per menit. Maka dengan sesi zumba selama 40 menit, kamu bisa kehilangan kalori hingga 369 kkal. Hal ini memenuhi standar pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan hingga 300-400 kkal.

Memelihara kesehatan jantung

Studi: Olahraga Secara Berlebihan dapat Membahayakan Jantung

Peningkatan detak jantung saat senam zumba membuatmu dapat memakai oksigen secara maksimal. Hal inilah yang kemudian membikin senam zumba dipercaya dapat memelihara kesehatan jantung sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengendalikan tekanan darah

Dengan rajin melakukan zumba selama 12 minggu, tekanan darah akan turun sehingga bisa mencegah banyak sekali penyakit yang disebabkan tekanan darah seperti hipotensi atau hipertensi.

Ilustrasi zumba (Shutterstock)

Meningkatkan konsentrasi

Beberapa gerakan zumba akan mendorongmu menggerakkan kaki dan tangan ke arah berbeda sekaligus menyesuaikan dentuman musik. Dengan membiasakan diri seperti itu, kamu akan mempunyai konsentrasi tinggi.

Ketika koordinasi tubuh baik, kamu akan dengan mudah menggerakan kaki dan tangan pada waktu sekaligus intensitas yang tepat. Oleh karena itu, rutinlah melakukan zumba untuk meningkatkan koordinasi sekaligus konsentrasi.

Sarana sosialisasi

Zumba pada umumnya dilakukan secara kelompok. Dari sinilah, secara tidak langsung kemampuanmu dalam bersosialisasi akan terasah. Karena mempunyai minat serupa pula, kamu akan bisa menjadi lebih cepat akrab.

Demikian berita mengenai manfaat zumba. Semoga kamu termotivasi untuk melakukannya sehingga bisa mendapatkan kondisi fisik yang prima sekaligus perasaan bahagia.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Comments