6 Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan cara hilangkan baunya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan cara hilangkan baunya

6 Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan cara hilangkan baunya

KEPONEWS.COM - 6 Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan cara hilangkan baunya Bawang putih rasanya jadi bumbu yang selalu tersedia hampir di setiap rumah. Si kecil putih ini kerap dijadikan bahan wajib dalam banyak sekali masakan. Apalagi orang Indonesia merupakan penyuka makan...

Bawang putih rasanya jadi bumbu yang selalu tersedia hampir di setiap rumah. Si kecil putih ini kerap dijadikan bahan wajib dalam banyak sekali masakan. Apalagi orang Indonesia merupakan penyuka makanan dengan cita rasa rempah yang kuat. Sehingga rasanya mungkin menjadi kurang nikmat kalau di dalam makanan tanpa memakai bawang putih atau bahan rempah lainnya, pasti terasa hambar.

Selain dimanfaatkan untuk bahan masakan, bawang putih juga sering dijadikan obat-obatan. Yaps, bukan hal baru lagi bawang putih masuk dalam kategori obat tradisional. Meskipun mempunyai bentuk yang kecil, bawang jenis ini mempunyai khasiat baik untuk tubuh lho.

Adapun khasiat dari bawang putih mulai dari obat masalah pencernaan hingga perawatan kulit. Cara mengolahnya pun nggak sulit. Ada yang hanya perlu dicampurkan dengan makanan, dihaluskan, atau sekadar dioleskan pada permukaan yang membutuhkan perawatan.

Kehebatan bawang putih juga masih ada lagi nih. Kandungannya yang kaya akan manfaat juga bisa jadi solusi untuk permasalahan kesehatan. Uniknya, untuk mendapatkan hasil itu kamu hanya perlu mengonsumsinya secara mentah. Ya, mungkin kamu ragu mengonsumsi karena baunya yang menyengat.

Sekarang jangan khawatir soal bau tak sedap dari bawang putih. Pasalnya, ada tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan aroma bawang pada mulut. Simak deh selengkapnya dalam ulasan dari banyak sekali sumber pada Jumat (7/8).

1. Menjaga kesehatan jantung.

foto: freepik.com

Gangguan kesehatan pada jantung jadi salah satu permasalahan yang bisa menyerang siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan, dari orangtua hingga anak muda, semua mempunyai potensi terserang penyakit jantung. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Namun untuk merawatnya, kamu bisa memakai bawang putih mentah sebagai solusinya.

Manfaat bawang putih mentah, terbukti bisa menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, sehingga memungkinkan zat besi untuk mengalir lebih baik bagi tubuh.

Selain itu, dilansir dari merdeka.com, mengonsumsi bawang putih yang telah dikeringkan bisa mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak tersebut berisiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

2. Mengatasi batuk dan pilek.

foto: freepik.com

Cuaca yang mudah berubah akhir-akhir ini harus kamu waspadai. Kalau imunitasmu sedang tidak baik, banyak sekali penyakit bisa menyerangmu dengan mudah.

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang kerap muncul di awal dan dapat mengganggu kegiatanmu. Maka kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur. Cara ini dipercaya ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti pilek, batuk, dan radang tenggorokan.

3. Meredakan sakit gigi.

foto: freepik.com

Bawang putih mentah juga disebut sebagai obat tradisional untuk permasalahan nyeri pada gigi. Bawang putih mentah mempunyai manfaat untuk membantu meringankan sakit gigi karena sifat antibakteri dan analgesiknya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa meletakkan 1 siung bawang putih mentah yang sudah dihancurkan atau digeprek, kemudian letakkan pada gigi yang sakit.

Comments