6 Manfaat cuka apel untuk rambut, cegah kerontokan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

6 Manfaat cuka apel untuk rambut, cegah kerontokan

6 Manfaat cuka apel untuk rambut, cegah kerontokan

KEPONEWS.COM - 6 Manfaat cuka apel untuk rambut, cegah kerontokan Cuka apel merupakan herbal serba guna yang dipercaya dapat memberikan efek postif bagi kesehatan tubuh. Khasiat dari cuka apel ini sudah dikenal semenjak zaman Yunani Kuno cuka dari buah apel merupaka...
Loading...

Cuka apel merupakan herbal serba guna yang dipercaya dapat memberikan efek postif bagi kesehatan tubuh. Khasiat dari cuka apel ini sudah dikenal semenjak zaman Yunani Kuno cuka dari buah apel merupakan salah satu bahan pengobatan yang banyak digunakan ahli kesehatan di masa lalu.

Kini cuka apel sudah banyak digunakan orang untuk kecantikan, mulai dari merawat kulit wajah, menurunkan berat badan, dan juga merawat keindahan rambut. Menurut studi di International Journal of Trichology, pH yang lebih tinggi berisiko menderita kerusakan kutikula, kusut, serta kulit kepala kering dan iritasi. Keasaman cuka apel bisa melawan pH basa sehingga membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Cuka apel ialah sebuah ramuan hasil perasan dari sari buah apel yang difermentasi sehingga mempunyai kandungan asam yang tinggi. Adapula cuka apel yang mempunyai campuran Cider dengan kadar alkohol yang cukup tinggi. Kandungan dalam cuka apel memang sangat baik untuk kesehatan kamu.

Nah bagi kamu yang mengalami masalah rambut, kamu bisa memakai cuka apel untuk mengembalikan keindahan rambutmu. Seperti apa? Berikut lansiran dari banyak sekali sumber, Jumat (11/3).

1. Membuat rambut lebih halus.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Di dalam cuka apel, terkandung asam alpha-hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus. Kamu bisa menggunakannya secara rajin namun dalam kadar tertentu ya, jangan terlalu berlebihan.

2. Melembapkan rambut kering dan keriting.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Kalau kamu mempunyai rambut keriting dan sangat sulit diatur, maka dengan memakai cuka apel kamu akan mendapatkan rambut halus dan mudah diatur. Cuka apel sangat membantu untuk pemilik rambut seperti ini karena dapat menghidrasi dan menyegel lapisan luar rambut.

3. Membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

kandungan nutrisi dalam cuka apel, merangsang folikel rambut sehingga rambut menjadi cepat tumbuh. Caranya ialah mencuci rambutmu terlebih dahulu dengan cuka apel sebelum kamu memakai shampo. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu.

4. Membuat rambut berkilau.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Bila kamu ingin rambutmu menjadi lebih berkilau dan indah, caranya kamu cukup campurkan setengah sendok makan cuka apel dan 1 gelas air, kemudian bilas rambut dengan campuran cuka tersebut. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencampurkan cuka apel dengan air hangat sebagai kondisioner alami. Hasilnya akan membuat rambut begitu indah.

5. Mencegah kerontokan.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: fridaymagazine.ae

Mempunyai rambut rontok memang sangat menyebalkan, untuk itu kamu bisa memakai cuka apel dengan campuran gula merah. Lalu gunakan campuran cuka apel dengan air untuk membilasnya, dan setelah itu bersihkan rambut dengan air. Atau kamu juga bisa memasukkan cuka apel yang dicampur air ke dalam alat penyemprot.

Semprotkan cuka apel tersebut ke kulit kepala untuk mengatasi rambut rontok ataupun rambut yang menipis.

6. Mengatasi ketombe.

Manfaat cuka apel untuk rambut Istimewa

foto: findhomeremedy.com

Untuk mengatasi ketombe, kamu juga bisa memakai cuka apel pada rambut sebelum mandi. Rambut dalam keadaan kering bisa dioleskan cuka apel secara menyeluruh ke bagian kulit kepala. Pijat, dan tunggu selama 3-5 menit baru bilas dan lanjut mencuci rambut dengan sampo.

Fungsi lain cuka apel

Selain untuk memperindah rambut, cuka apel juga bisa memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Kamu bisa mengaplikasikan cuka apel dalam banyak sekali produk perawatan wajah sehari-hari kamu.

Kamu perlu mengetahui kandungan di dalam cuka apel. Cuka apel merupakan dalam banyak sekali produk perawatan wajah sehari-hari kamu. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Memakai cuka apel dapat membuat kulit wajah lebih bersih, karena cuka apel dapat menghilangkan bekas jerawat. Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Penggunaan cuka ini secara teratur pada wajah tentunya akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, cuka ini cukup bisa kamu andalkan dalam soal menghilangkan jerawat.

Tak hanya itu saja, cuka apel juga bisa menyeimbangkan pH kulit di wajah. Kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini cocok untuk digunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

Dengan cuka apel juga bisa mencegah kerutan wajah. Pasalnya kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat.

Loading...

Comments