6 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Nomor 2 Menjaga Kesehatan Mata

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

6 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Nomor 2 Menjaga Kesehatan Mata

6 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Nomor 2 Menjaga Kesehatan Mata

KEPONEWS.COM - 6 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Nomor 2 Menjaga Kesehatan Mata Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah ditemui di Indonesia harganya yang relative murah. Bayam juga mempunyai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dan juga kaya akan senyawa tanaman penting...

Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah ditemui di Indonesia harganya yang relative murah. Bayam juga mempunyai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dan juga kaya akan senyawa tanaman penting seperti lutein, zeaxanthin, quercetin, nitrat dan kaempferol.

Kandungan bayam dipercaya bisa mencegah banyak sekali masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, bayam aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

Penasaran apa saja manfaat bayam yang lainnya? Berikut ini 6 Manfaat bayam bagi Kesehatan, dikutip Boldsky.

sayur bayam

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bayam mengandung banyak nitrat, yang meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa kehadiran banyak sekali vitamin, mineral, fitokimia dan senyawa bioaktif dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata. Kedua karotenoid ini ada di mata kita, yang melindungi mata dari sinar berbahaya yang datang dari matahari. Selain itu, meningkatkan asupan lutein dan zeaxanthin telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan katarak.

3. Menurunkan tekanan darah

Nitrat makanan yang ditemukan dalam bayam mempunyai efek menguntungkan pada tingkat tekanan darah Kamu. Nitrat ialah vasodilator yang membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan peredaran darah, sehingga menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung

4. Mencegah anemia

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin, protein yang terdapat dalam sel darah merah yang membawa darah kaya oksigen ke paru-paru dan seluruh bagian tubuh. Bayam kaya zat besi dan penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi zat besi yang cukup dapat mencegah anemia defisiensi zat besi.

5. Mengontrol gula darah

Bayam kaya akan antioksidan, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah, mengontrol gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bayam juga mencegah perubahan karena stres oksidatif pada pasien diabetes.

Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

6. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Adanya vitamin A, vitamin C dan vitamin E pada bayam telah terbukti dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit Kamu. Vitamin A mempunyai efek anti penuaan, menunda timbulnya keriput dan melembabkan kulit, sehingga mengubah penampilan kulit Kamu.

Vitamin ini juga membantu pertumbuhan rambut dengan mengaktifkan folikel rambut. Di sisi lain, vitamin C membantu buatan kolagen dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Dan vitamin E membantu menutrisi kulit Kamu dan melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas.

(DRM)

Comments