6 Makanan yang Bisa Kamu Santap Cepat Saat Telat Bangun Sahur

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

6 Makanan yang Bisa Kamu Santap Cepat Saat Telat Bangun Sahur

6 Makanan yang Bisa Kamu Santap Cepat Saat Telat Bangun Sahur

KEPONEWS.COM - 6 Makanan yang Bisa Kamu Santap Cepat Saat Telat Bangun Sahur Jakarta - Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan tetap kuat beraktivitas seharian saat puasa di Bulan Ramadan. Tapi terkadang kita telat bangun sehingga hanya tersisa waktu sedikit untu...
Jakarta - Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan tetap kuat beraktivitas seharian saat puasa di Bulan Ramadan. Tapi terkadang kita telat bangun sehingga hanya tersisa waktu sedikit untuk makan sahur.

Lantas, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi ketika telat bangun sahur, agar nutrisi tetap terpenuhi? Ini pilihannya yang bisa kamu jadikan opsi, seperti dikutip dari Have Halal Will Travel.

1. Granola dan Yoghurt

Yoghurt bisa jadi makanan untuk sahur. Foto: Istimewa
Sediakan granola dan yoghurt di dalam kulkas untuk keadaan 'darurat', yakni ketika kamu bangun sahur kesiangan. Campurkan granola dan yoghurt, atau kamu bisa tambahkan potongan pisang untuk tingkatkan energi dan serat. Yoghurt kaya akan protein smeentara granola kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga pelepasan energi tetap stabil. Jangan lupa minum banyak air putih, ya!

2. Minuman Oatmeal

Oatmeal jadi solusi saat bangun sahur kesiangan. Foto: thinkstock
Lebih baik makan atau minum sedikit daripada tidak sama sekali. Kalau kamu cuma punya waktu kurang dari 10 menit untuk sahur, maka minuman oatmeal bisa jadi pilihan. Di dalamnya sudah terkandung serat, karbohidrat dan protein.

3. Telur Orak Arik

Telur orak-asik bisa jadi makanan untuk sahur. Foto: Daily Mail
Telur orak arik mudah dibuat dalam waktu cepat, plus rasanya juga lezat. Kamu bisa menambahkan sosis, daging asap atau sayuran ke dalamnya. Telur kaya akan protein yang perlu waktu lama dicerna tubuh sehingga lebih lama menahan rasa lapar. Kalau ada roti, makan telur orak arik bersama roti.

4. Pisang

Pisang bisa jadi makanan untuk sahur. Foto: iStock
Bangun kesiangan dan cuma ada buah? Pilihlah pisang, makan sedikitnya dua buah. Pisang mengandung karbohidrat yang memberikan energi, juga serat yang baik untuk pencernaan.

5. Kurma dan Selai Kacang

Kurma bisa jadi makanan untuk sahur. Foto: iStock
Selain mengandung gula sebagai sumber energi, kurma juga kaya akan serat yang memberi rasa kenyang pada perut dan baik bagi pencernaan. Sedangkan selai kacang merupakan sumber protein dengan citarasa gurih serta mengandung lemak sehat.

6. Air Putih

Jikalau baru bangun menjelang imsyak, tak ada cara lain yang bisa dilakukan selain minum air putih. Foto: iStock
Jikalau baru bangun menjelang imsyak, tak ada cara lain yang bisa dilakukan selain minum air putih. Minumlah sedikitnya dua gelas air putih. Setidaknya, tubuh tidak akan dehidrasi meskipun hari itu kamu tidak makan cukup nutrisi. (hst/hst)

Comments