6 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Terlalu Banyak Makan di Hari Natal

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

6 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Terlalu Banyak Makan di Hari Natal

6 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Terlalu Banyak Makan di Hari Natal

KEPONEWS.COM - 6 Makanan untuk Redakan Sakit Perut Akibat Terlalu Banyak Makan di Hari Natal Jakarta - Perayaan Natal tinggal dua hari lagi. Selain memperingati kelahiran Yesus Kristus, Natal biasanya juga menjadi momen bagi umat yang merayakannya untuk kumpul keluarga. Ada kumpul keluarga, t...
Jakarta - Perayaan Natal tinggal dua hari lagi. Selain memperingati kelahiran Yesus Kristus, Natal biasanya juga menjadi momen bagi umat yang merayakannya untuk kumpul keluarga. Ada kumpul keluarga, tentu tersaji juga berbagai makanan lezat seperti ayam panggang, pasta, sup, gorengan hingga camilan dan kue-kue kering. Keberadaan makanan-makanan lezat tinggi kalori itu tentu menggugah hasrat untuk melahapnya.

Tak jarang, Anda menjadi kalap dan makan berlebihan sepanjang malam. Alhasil perut jadi kekenyangan dan menimbulkan rasa tak nyaman di pagi harinya. Belum lagi jika sistem pencernaan sedang tak begitu baik. Setelah kalap makanan lezat dan berkalori tinggi, ini tips diet yang bisa Anda lakukan agar pencernaan lebih 'tenang', seperti disarankan nutritionist Rob Hobson, dikutip dari Daily Mail.

1. Susu Skim

Foto: LIvestrong/GettyImages
Jika terlalu banyak makan makanan berlemak, tinggi kalori dan garam, Anda bisa mengalami heartburn yakni sensasi seperti terbakar atau panas pada dada karena cenderung sulit dicerna. Asam lambung juga berpotensi naik dan menyebabkan maag kambuh. Setelah makan banyak hidangan, ada baiknya di pagi hari Anda mengonsumsi produk-produk yang rendah lemak seperti susu skim. Konsumsi juga sarapan dan makan siang yang rendah lemak dan kalori.

2. Nanas dan Pepaya

Foto: Thinkstock
Buah-buahan tropis ini mengandung enzim pencernaan yang disebut papain (terdapat pada pepaya) dan bromelain (terkandung tinggi di nanas). Enzim ini membantu tubuh mengolah protein dan memang dikenal baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Rutin makan pepaya atau nanas juga bisa membantu meringankan masalah pencernaan.

3. Probiotik

Foto: Thinkstock
Makanan mengandung probiotik, atau bakteri baik juga akan menjaga kesehatan pencernaan. Saat perut tak nyaman, konsumsilah yoghurt yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria. Selain yoghurt, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik untuk membantu menyingkirkan semua sisa makanan yang semalam disantap.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Foto: Foto: Getty Images
Sayuran hijau seperti kale, selada dan bayam kaya akan zat besi dan magnesium. Dua jenis mineral ini membantu meningkatkan fungsi liver yang bisa memaksimalkan pembuangan racun-racun dan 'sampah' makanan dari tubuh. Sementara itu kandungan seratnya yang tinggi juga bisa melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan. Beberapa jenis sayuran hijau lebih baik dimakan mentah segar seperti selada. Sementara bayam akan lebih maksimal kandungan nutrisinya jika dipanaskan sebentar.

5. Oatmeal

Foto: iStock
Oatmeal mengandung serat larut yang mengubah makanan yang dicerna di dalam usus menjadi seperti gel. Dengan begitu, ampas makanan jadi lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Oatmeal merupakan makanan ideal saat sarapan bagi mereka yang menderita asam lambung. Oatmeal juga baik untuk mengatasi masalah pencernaan akibat terlalu banyak makan, masuk angin, sembelit bahkan diare.

6. Teh Jahe atau Chamomile

Foto: Getty Images
Heartburn dan naiknya asam lambung terjadi karena peradangan pada perut, akibat dari kandungan asam berlebihan yang diproduksi untuk membantu mencerna makanan. Jadi ketika Anda makan terlalu banyak lemak, terutama lemak jenuh, risiko terkena heartburn bisa lebih tinggi. Rasa terbakar pada dada dan ulu hati bisa diredakan dengan minum teh jahe atau chamomile. Jahe dan chamomile berkhasiat menenangkan jaringan pencernaan yang bermasalah. (hst/hst)

Comments