6 Hewan yang Setia Pada Pasangannya, Tak Akan ke Lain Hati

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

6 Hewan yang Setia Pada Pasangannya, Tak Akan ke Lain Hati

6 Hewan yang Setia Pada Pasangannya, Tak Akan ke Lain Hati

KEPONEWS.COM - 6 Hewan yang Setia Pada Pasangannya, Tak Akan ke Lain Hati Ilustrasi buaya. (Photography Blogger) Ada sejumlah hewan yang setia dengan pasangannya, sekali memilih tak akan ke lain hati. Padahal ada sejumlah satwa lain yang terlihat tidak setia dan sering be...

Ilustrasi buaya. (Photography Blogger)

Ada sejumlah hewan yang setia dengan pasangannya, sekali memilih tak akan ke lain hati. Padahal ada sejumlah satwa lain yang terlihat tidak setia dan sering berganti-ganti pasangan.

Enam hewan ini bahkan dikenal setia pada pasangannya, lho. Sama seperti manusia, beberapa hewan ini juga menganut sistem monogami layaknya manusia yaitu setia pada satu pasangan sepanjang hidupnya.

Walaupun, beberapa orang mungkin mempertanyakan kesetiaan pasangannya, secara ilmu pengetahuan manusia memang terkenal sebagai penganut sistem monogami ini.

Alasan kesetiaan hewan-hewan ini memang berbeda dari manusia yang melibatkan rasa sayang dan cinta. Namun, kesetiaan hewan-hewan ini bisa saja terjadi karena hubungan timbal balik di antara keduanya.

Nah, berikut enam hewan yang dikenal setia pada pasangannya.

1. Burung Merpati

Burung merpati. (pixabay/Free-Photos)Burung merpati. (pixabay/Free-Photos)

Sangat wajar bila merpati berada pada urutan pertama. Hewan ini memang dikenal sebagai simbol kesetiaan dan pasangan yang saling menyayangi.

Dari keluarganya, burung memang dikenal sangat setia jikalau dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

Burung merpati hanya akan mencari pasangannya sekali seumur hidup. Hewan ini akan setia bersama sampai salah satu di antaranya mati.

Selain setia, hewan ini juga romantis lho. Merpati jantan akan secara otomatis membangun sarang untuk tempat keduanya menggerami telur selama dua atau tiga minggu hingga telur tersebut menetas.

2. Kupu-kupu

Kupu-kupu. (pixabay/Nikiko)Kupu-kupu. (pixabay/Nikiko)

Selain cantik, kupu-kupu juga sangat setia lho. Hewan ini akan kawin dan bertelur sekali seumur hidup mereka. Salah satu penyebabnya merupakan umur kupu-kupu yang sangat singkat.

Yang paling setia dari pasangan kupu-kupu merupakan si betina. Kupu-kupu betina akan menolak setiap jantan yang mendekat kecuali pasangannya.

Saat menolak jantan yang lain, kupu-kupu betina akan menutup sayapnya.

3. Kuda Laut

Kuda laut. (pixabay/arhnue)Kuda laut. (pixabay/arhnue)

Dari kelompok hewan laut, kuda laut menjadi salah satu contoh hewan yang mau setia dengan pasangannya setelah kawin.

Ketika kuda laut betina bertelur, ia akan menaruh telurnya di kantung telur kuda laut jantan untuk dilakukan proses pembuahan hingga menetas.

Kerja sama keduanya ini membuat pasangan kuda laut saling setia satu sama lain.

4. Angsa

Angsa. (pixabay/70154)Angsa. (pixabay/70154)

Selain burung merpati, angsa juga sering menjadi lambang cinta dan kasih sayang. Hal ini karena angsa dikenal sebagai hewan yang paling setia dari jenis hewan lainnya.

Hewan ini akan setia bersama pasangan, kecuali bila pasangannya mati atau tidak bisa bereproduksi.

Angsa menjadi salah satu hewan yang sering memamerkan keromantisan keduanya dengan saling menautkan kepala.

5. Serigala

Serigala. (pixabay/Pixel-mixer)Serigala. (pixabay/Pixel-mixer)

Hewan yang terkenal akan kebuasaannya ini ternyata sangat setia terhadap pasangan masing-masing.

Serigala mempunyai hubungan keluarga yang erat dan selalu hidup berkelompok. Serigala jantan akan tetap bersama serigala betina hingga salah satu di antaranya mati.

Kalau sudah begini, serigala baru akan mencari pasangan yang baru.

6. Buaya

Buaya. (pixabay/ataribravo99)Buaya. (pixabay/ataribravo99)

Identik dengan istilah buaya darat atau pria hidung belang, faktanya buaya merupakan salah satu hewan yang sangat setia pada pasangannya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Savannah River Ecology Laboratory, 70 persen buaya selalu memilih pasangan yang sama setiap musim kawin tiba. Padahal buaya punya kesempatan besar untuk memilih pasangan baru.

Hewan ini hanya akan kawin sekali dalam hidupnya sebagai bentuk kesetiaan pada pasangannya.

Belajar dari deretan hewan yang dikenal setia pada pasangannya ini, kamu juga harus setia lho dengan pasanganmu. Masak kalah setia dari hewan di atas.

Comments