6 Fungsi empedu manusia dan cara mudah menjaganya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Fungsi empedu manusia dan cara mudah menjaganya

6 Fungsi empedu manusia dan cara mudah menjaganya

KEPONEWS.COM - 6 Fungsi empedu manusia dan cara mudah menjaganya 1. Pengencer lemak. foto: freepik.com Tidak semua jenis lemak yang masuk ke tubuh bisa dicerna dengan baik oleh usus. Tubuh butuh zat yang bisa melunakkan atau mengurai lemak tersebut. Zat lain mungk...
Loading...

1. Pengencer lemak.

foto: freepik.com

Tidak semua jenis lemak yang masuk ke tubuh bisa dicerna dengan baik oleh usus. Tubuh butuh zat yang bisa melunakkan atau mengurai lemak tersebut. Zat lain mungkin bisa dengan mudah larut dengan air, namun tidak dengan lemak. Lemak akan lebih mudah diserap oleh tubuh ketika bentuknya berubah jadi kecil. Peran empedu pun dibutuhkan oleh tubuh.

2. Membantu penyerapan lemak.

foto: freepik.com

Setelah mengencerkan lemak, kerja empedu tidak lantas berhenti di situ. Secara umum fungsi empedu untuk membantu penyerapan lemak di tubuh dengan baik. Hal ini berkaitan dengan kerja organ hati. Karena lemak mengandung banyak zat berbahaya yang harus dibuang oleh hati. Sisa metabolisme tersebut berupa zat cair ataupun gas dari dalam tubuh.

3. Menghancurkan racun.

foto: freepik.com

Selain membantu proses ekskresi, empedu juga mempunyai fungsi untuk menghancurkan racun. Racun yang dimaksud terdiri dari beberapa bentuk, nggak hanya lemak jahat, melainkan zat-zat berbahaya lainnya.

Racun dari obat-obatan, logam berat yang masuk melalui makanan, dan zat-zat lainnya. Selain itu, empedu juga akan membantu menghilangkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

4. Membantu penyerapan nutrisi.

foto: freepik.com

Mungkin tak ada yang menyangka kalau empedu bisa berperan penting bagi kesehatan. Empedu punya fungsi membantu penyerapan nutrisi tubuh. Empedu bisa melarutkan lemak dari makanan, jadi akan lebih mudah dipecah oleh lipase. Asam empedu akan bekerja lebih efektif supaya tubuh dapat penyerap lemak dan vitamin A, D, E, dan K dengan efektif. Tak hanya itu, empedu juga bisa membantu menjaga kekebalan sistem usus.

5. Membantu kerja fungsi enzim pencernaan.

foto: freepik.com

Dalam proses pencernaan, beberapa organ saling bekerja sama. Empedu mempunyai sifat basa. Sifat yang dimiliki empedu ini bisa membantu menetralkan asam lambung (membantu enzim pencernaan bekerja dengan baik) dan membantu menyerap air dan natrium bersama usus halus. Semakin tinggi sifat asam makanan yang masuk ke dalam usus, semakin banyak juga tugas empedu.

6. Melindungi tubuh dari bakteri.

foto: freepik.com

Fungsi empedu terakhir, adalah bisa melindungi tubuh dari bakteri. Beragam racun dan mikroba mudah sekali masuk ke dalam tubuh melalui pencernaan. Dalam sekali makan, mikroba bisa masuk ke tubuh tidak terhingga. Untuk mencegah mikroba menyerang tubuh, diharapkan imun tinggi. Selain imun, sistem pencernaan harus punya pertahanan sendiri. Empedu bisa menciptakan kondisi basa yang dapat mematikan dan menghambat mikroba masuk dan merusak kesehatan tubuh.

Loading...

Comments