6 Fakta Kyoto Animation, studio animasi yang sengaja dibakar

Nasional

News / Nasional

6 Fakta Kyoto Animation, studio animasi yang sengaja dibakar

6 Fakta Kyoto Animation, studio animasi yang sengaja dibakar

KEPONEWS.COM - 6 Fakta Kyoto Animation, studio animasi yang sengaja dibakar Studio animasi ternama, Kyoto Animation di Jepang mengalami kebakaran hingga memakan korban. Kebakaran tersebut terjadi di gedung tiga lantai sekitar pukul 10.30 waktu setempat pada Kamis (18/7). Gedu...

Studio animasi ternama, Kyoto Animation di Jepang mengalami kebakaran hingga memakan korban. Kebakaran tersebut terjadi di gedung tiga lantai sekitar pukul 10.30 waktu setempat pada Kamis (18/7).

Gedung studio yang terletak di Uji, Kyoto Prefecture, Jepang ini sempat menjadi trending topic dunia. Ledakan keras diikuti oleh kobaran api dengan cepat menelan bangunan. Sekitar 70 orang berada dalam gedung saat kebakaran terjadi.

Kebakaran di Kyoto Animation ini menajdi salah satu insiden kecelakaan massal terburuk di Jepang semenjak Perang Dunia Kedua. Dilansir dari BBC, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, "terlalu mengerikan untuk kata-kata.".

Kejadian mengerikan itu berhasil mencuri perhatian dunia. Tak sedikit warganet dunia yang menuliskan keprihatian dan ungkapan simpati. Banyak penggemar anime animasi mengirim pesan belasungkawa untuk para korban dan keluarga mereka serta doa-doa dalam bahasa Jepang dan Inggris. Tak sedikit yang menuliskannya memakai tagar #PrayForKyoani.

Berikut fakta Kyoto Animation telah dirangkum dari banyak sekali sumber pada Jumat (19/7).

1. Studio animasi tempat produksi Super Mario Bros.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: bbc.com

Studio ini pernah menjadi tempat produksi dari karakter game legendaris, Super Mario. Animasi Super Mario Bros: Peach-Hime Kyushutsu Dai Sakusen dirilis pada 1986, berdurasi 1 jam. Film ini sempat hits pada masanya.

2. Banyak karya animasi diciptakan.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: bbc.com

Kyoto Animation, yang dikenal sebagai KyoAni memproduksi film dan novel grafis. Ada banyak karya yang telah ditelurkan oleh Kyoto Animation yang melekat di hati para penggemarnya karena kualitas produksinya, di antaranya animasi K-On!, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, A Silent Voice, Clannad, dan Kobayashi-san Chi no Maid Dragon.

3. Diduga sengaja dibakar.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: bbc.com

Polisi mengatakan kebakaran terjadi karena unsur kesengajaan. Polisi menyebut pelaku dari kebakaran ada pria berusia 41 tahun yang masuk ke studio Animasi Kyoto pada Kamis pagi. Menurut penjabaran polisi, pria tersebut menyemprot bensin sebelum menyalakan api. Pelaku kebakaran telah ditahan dan dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka-luka. Polisi juga menemukan pisau di tempat kejadian.

4. Kebakaran menewaskan 33 orang.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: bbc.com

Setidaknya 33 orang tewas dan belasan lainnya cedera setelah seorang pria membakar studio animasi di kota Kyoto Jepang, kata para pejabat. Sebagian besar korban jatuh dari tangga lantai paling atas. Para korban berupaya untuk bisa menyelamatkan diri.

5. Korban luka 36 orang.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: Twitter/@mipyong1

Selain korban yang sudah tewas, pemadam kebakaran juga menemukan banyak korban luka-luka. Sekitar 36 orang dirawat di rumah sakit, beberapa dalam kondisi kritis. Salah satunya merupakan pelaku itu sendiri. Hingga kini polisi masih terus melakukan penelusuran lebih lanjut di area kejadian.

6. Belum diketahui jelas hubungan pelaku dengan pemilik studio.

fakta Kyoto Animation twitter

foto: ilustrasi liputan6.com

Polisi telah mengamankan pria berumur 40-an yang diduga sebagai terduga. Kabarnya pria ialah bukanlah mantan karyawan. Saksi mata memaparkan kalau pelaku terlihat sangat marah saat membakar studio. Pelaku juga sempat meneriakkan kata "mati" ketika dia membakar gedung. Sesaat setelah kejadian berlangsung, pelaku sempat melarikan diri namun berhasil dikejar.

Recommended By Editor

Comments