6 Cara mudah membuat gorengan agar renyah tahan lama

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Cara mudah membuat gorengan agar renyah tahan lama

6 Cara mudah membuat gorengan agar renyah tahan lama

KEPONEWS.COM - 6 Cara mudah membuat gorengan agar renyah tahan lama freepik.com Gorengan kerap digunakan sebagai lauk pauk segala jenis masakan, baik yang berkuah hingga tumisan. Namun gorengan juga nikmat apabila disantap sebagai camilan penunda lapar sebelum sempat...
6 Cara mudah membuat gorengan agar renyah tahan lama freepik.com

Gorengan kerap digunakan sebagai lauk pauk segala jenis masakan, baik yang berkuah hingga tumisan. Namun gorengan juga nikmat apabila disantap sebagai camilan penunda lapar sebelum sempat makan nasi.

Tekstur renyah saat digigit menambah sensasi kenikmatan gorengan itu sendiri. Apalagi jikalau disajikan saat masih hangat bersama cabai, nggak bisa digambarkan lagi deh bagaimana enaknya. Tapi beda cerita kalau gorengan tidak lagi renyah saat dimakan.

Penyebab gorengan berubah jadi lembek ini bisa karena sejumlah hal. Salah satunya karena faktor sudah dingin. Bisa juga karena belum tahu cara memasak gorengan dengan benar. Padahal ada beberapa trik agar gorengan renyah saat dimakan lho. Caranya mudah dan bisa kamu coba sendiri di rumah.

Penasaran bagaimana membuat gorengan supaya makin renyah? Berikut Brilio Food rangkum dari banyak sekali sumber pada Jumat (11/6).

1. Potong bahan lebih tipis.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Jarang disadari, bentuk potongan bahan bisa mempengaruhi tingkat kerenyahannya. Semakin tipis potongan, maka hasilnya kian renyah. Begitu pula sebaliknya.

2. Perhatikan jenis tepung.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum digoreng, pastikan jenis tepung yang sesuai dengan menu masakan. Misalnya tepung panir untuk menggoreng chicken katsu. Bisa juga dengan campuran tepung beras dan terigu supaya gorengan lebih renyah dan tahan lama.

3. Campur tepung dengan baking soda.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Baking soda bisa dicampur bersama tepung kering. Kemudian beri bumbu sesuai selera. Tuang air es atau air suhu normal, jangan aduk adonan terlalu lama. Selanjutnya pakai adonan tersebut untuk melapisi gorengan.

4. Pastikan adonan bersuhu dingin.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Kalau ingin hasil gorengan semakin renyah, pastikan memakai air dingin atau suhu normal saat membuat adonan. Jangan sekali-kali memakai air hangat atau bahkan panas. Alih-alih renyah, justru gorengan nanti jadinya lembek dan nggak menarik.

Cukup dua kali dibaluri tepung, untuk menghindari lapisan pertama dan kedua basah karena terlalu tebal. Setelah selesai diberi dua kali tepung, langsung goreng memakai minyak suhu ideal. Gunakan minyak dalam jumlah banyak atau memakai metode deep-frying. Dengan memakai metode goreng ini pastinya gorengan bisa lebih renyah dan nikmat.

5. Goreng pada suhu minyak ideal.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Goreng dengan minyak pada suhu ideal, adalah sekitar 170 C. Jangan terlalu panas karena bisa menyebabkan gorengan jadi cepat gosong. Jangan pula pakai minyak dingin yang bisa membuat gorengan jadi lembek.

Cara mengetahui suhu ideal ialah dengan cara mencelupkan sendok atau alat masak lain ke minyak. Jikalau sudah terlihat gelembung di sekitar alat tersebut, tandanya suhu sudah pas buat menggoreng.

6. Tiriskan minyak.

gorengan renyah freepik.com

foto: freepik.com

Bila sudah selesai digoreng, pastikan kamu tidak lupa meniriskan minyak. Jikalau minyak masih banyak menempel dan berada di dalam, maka gorengan akan lembek. Usahakan untuk segera menyantap gorengan selagi hangat. Apabila terlalu lama terkena paparan udara, gorengan bisa berubah jadi lembek.

(red)

Comments