6 Cara Mudah dan Tepat Memanggang Kue Tanpa Oven

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

6 Cara Mudah dan Tepat Memanggang Kue Tanpa Oven

6 Cara Mudah dan Tepat Memanggang Kue Tanpa Oven

KEPONEWS.COM - 6 Cara Mudah dan Tepat Memanggang Kue Tanpa Oven PROSES memanggang kue ternyata bisa saja dilakukan bukan dengan memakai alat mainstream seperti oven, tapi dengan alat panggang biasa. Yup! Asal mengetahui langkah-langkah yang tepat, memanggang kue b...

PROSES memanggang kue ternyata bisa saja dilakukan bukan dengan memakai alat mainstream seperti oven, tapi dengan alat panggang biasa.

Yup! Asal mengetahui langkah-langkah yang tepat, memanggang kue bisa juga dilakukan di alat panggangan yang biasanya kita gunakan untuk memanggang atau membakar aneka daging.

Seperti apa caranya? Menyitat Foxnews, Kamis (19/7/2018) berikut pemaparan perihal enam cara memanggang kue memakai grill.

1. Memilih pan yang tepat

Skip saja keinginan untuk memakai pan atau wadah dari kaca atau keramik. Alasannya adalah yang tepat digunakan ialah pan dari logam yang kokoh. Kenapa? Alasannya adalah pan dari kaca atau keramik kemungkinan bisa retak atau pecah bila suhu panas naik terlalu tinggi. Untuk kue berlapis (layer cake), gunakan dua pan bulat dari logam berdiameter ukuran sembilan inci.

(Tren Money Cake, Kreasi Kue Ulang Tahun Kekinian yang Isinya Duit)

2. Panas tidak langsung

Bilah-bilah garis dari grill yang menempel pada daging steak atau burger memang terlihat bagus, tapi tidak jikalau menempel pada kue. Makanya, saat memanggang di atas panggangan, aplikasikan teknik panas tidak langsung. Caranya, panaskan panggangan ke suhu yang ditentukan dalam resep kue yang digunakan, kemudian matikan satu (atau lebih) pembakar, dan sesuaikan panas pada pembakar yang tersisa untuk mempertahankan suhu yang stabil.

3. Buat penyangga

Setelah mencampur adonan, lalu masukkan ke dalam wadah pan yang ditempatkan di atas pembakar yang tidak menyala atau bisa juga dengan cara menempatkan pan lain di bawah pan berisi adonan kue, untuk hasil kue yang lebih empuk dan lebih lembut. Untuk kue dua lapisan, coba letakkan satu pan pada wajan besi sebelum menempatkannya di atas panggangan.

4. Pakai timer

Atur penghitung waktu untuk waktu pembuatan kue sesuai dengan resep yang seharusnya (biasanya sekitar 40 menit). Namun, yang harus diingat merupakan kita harus selalu mengawasi pemanggang untuk memastikan suhu panas tetap stabil. Untuk mengawasi pemanggang, disarankan untuk memeriksa suhu setiap tujuh menit atau lebih.

(Jarang Makan Nasi, Ini Makanan Favorit Mawar de Jongh)

5. Tidak terlalu sering diintip

Pertama kali coba memanggang kue di atas panggangan, mungkin memang akan tergoda untuk membuka tutup panggangan (sekali atau dua kali atau lebih) untuk memeriksa proses pemanggangan kue. Tapi, sebaiknya hindari kebiasan ini. Cobalah untuk tidak terlalu sering mengintip-mengintip kue. Sepuluh menit sebelum waktu memasak habis, buka tutupnya dan periksa tingkat kematangan kue.

6. Panggangan arang

Langkah-langkah di atas sama halnya kalau yang digunakan merupakan panggangan arang, kecuali yang akan dipanggang ialah hal yang sangat istimewa yang tidak bisa dilakukan dengan pemanggang gas. Triknya, buat 'sarang' dengan mengisi baing pan dengan air hingga setengah penuh baru panggang kue langsung di atas pan berisi air.

(tam)

Comments